10 manfaat daun afrika untuk kesehatan.
Photo by Kamaji Ogino on Pexels.com
in

10 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Kenali Kandungan Nutrisi, Manfaat dan Efek Samping dari Daun Afrika

Katalogue.id – 10 manfaat daun afrika untuk kesehatan. Daun Afrika atau Vernonia Amygdalina merupakan tumbuhan herbal yang populer digunakan sebagai obat tradisional di Afrika bagian barat, khususnya di Nigeria. Daun ini adalah obat herbal yang memiliki ragam manfaat kesehatan.

Daun Afrika merupakan daun dari pohon kecil yang dapat mencapai ketinggian 10 meter dengan diameter batang mencapai 40 cm.

Daunnya lebar, bulat telur dan tersusun spiral di cabang-cabang. Daunnya diperas dengan air dengan tambahan garam untuk membersihkan bahan beracun yang keluar sebagai eksudat coklat berbusa sampai bersih.

Kandungan Nutrisi Daun Afrika

Daun afrika mengandung beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi daun afrika.

10 manfaat daun afrika untuk kesehatan.
10 manfaat daun afrika untuk kesehatan. Photo by vividd on Pexels.com
  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat kompleks
  • Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E
  • Mineral, seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, selenium, zat besi, dan zinc

Di samping itu, tanaman berdaun hijau ini juga mengandung banyak antioksidan flavonoid.

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Daun afrika mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, tanaman ini belakangan mulai banyak dikembangkan di Indonesia karena dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengutip dari laman orami.co.id inilah manfaat daun afrika untuk kesehatan yang harus Anda coba, yuk simak!

Obat Diabetes

Manfaat daun afrika untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai obat diabetes. Daun Afrika membantu menurunkan gula darah dengan merangsang penggunaan glukosa dalam tubuh, dan mencegah produksi glukosa melalui proses yang disebut “glukoneogenesis.”

Daun Afrika juga bermanfaat karena membantu mengurangi kerusakan ginjal dan dapat mengembalikan fungsi ginjal pada penderita diabetes.

Mengurangi Sakit Perut

Manfaat daun afrika untuk kesehatan berikutnya adalah mengurangi sakit perut. Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit perut, termasuk gangguan pencernaan setelah makan, kram menstruasi, intoleransi laktosa, hernia perut, atau pankreatitis.

Daun Afrika mengandung khasiat tertentu yang membantu meredakan sakit perut. Daun ini bahkan sering digunakan di Nigeria sebagai obat kuat dan efektif meredakan sakit perut.

Untuk mengobati sakit perut, cukup dengan mengunyah batangnya yang lembut, kemudian ditelan. Bisa juga dengan mengekstraknya, dan menambahkan sejumput garam.

Melawan Pneumonia

Daun afrika juga dapat melawan pneumonia. Pneumonia adalah penyakit radang paru-paru yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas, demam, menggigil, batuk berdahak, dan lainnya. Infeksi ini sering disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.

Daun Afrika mengandung beberapa sifat ampuh yang dapat membantu memerangi kondisi pneumonia dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cukup buat ekstrak daun Afrika segar, dan simpan di tempat dingin. Minum satu gelas penuh sebanyak tiga kali sehari.

Mengobati Kanker Prostat

Kanker prostat sering disertai dengan buang air kecil yang menyiksa. Ini merupakan jenis kanker yang sebagian besar terjadi di antara pria berusia 40 tahun ke atas.

Daun Afrika sangat efektif untuk mengatasi penyakit kanker prostat. Cukup mengonsumsi daun pahit, dapat meningkatkan aliran urin, sekaligus mengurangi rasa sakit.

Rutin minum satu gelas penuh empat kali sehari. Setelah meminum ekstrak daun Afrika mungkin akan sering buang air kecil, ini adalah bagian dari proses pembersihan.

Mengobati Peradangan

Daun Afrika digunakan untuk mengobati penyakit radang seperti demam karena malaria, hepatitis, dan infeksi parasit kulit seperti kudis.

Akar daun Afrika bisa digunakan untuk mengobati penyakit menular seksual, sedangkan kulit batangnya bisa meredakan demam karena infeksi pada tubuh. Selain itu, dengan mengoleskan ekstrak daun Afrika pada luka terbuka, dapat membantu menyembuhkan luka dengan sangat cepat.

Menurunkan Kolesterol

Daun Afrika dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah hingga 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Peningkatan kolesterol HDL merupakan faktor risiko terbesar terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer. Sedangkan kadar kolesterol HDL yang baik justru membantu menjaga kesehatan jantung dan fungsi tubuh lainnya.

Mampu Mengobati Kanker Payudara

Selain kanker prostat, ekstrak daun afrika terbukti mampu menurunkan kadar estrogen berlebih dalam darah yang terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara. Itulah mengapa daun Afrika dipercaya dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Penemuan ini juga menunjukkan bahwa daun Afrika dapat membantu pemulihan selama pengobatan kanker payudara. Dalam penelitian milik Jackson State University, daun Afrika bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Pada penelitian lain ekstrak daun terbukti dapat membunuh sel kanker di daerah hidung dan tenggorokan.

Mencegah Penyakit Jantung

Daun afrika mengandung asam linolenat (Omega 3) dan asam linoleat (Omega 6) yang sangat penting bagi tubuh, namun tidak diproduksi di dalam tubuh. Berdasarkan studi American Journal of Clinical Nutrition, asupan omega-3 dan omega-6 dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Current Pharmaceutical Design melaporkan bahwa kedua asam lemak ini telah terbukti melindungi dari penyakit. Seperti jantung koroner, serangan jantung mendadak, gagal jantung, gangguan pembekuan darah, mengurangi Risiko aterosklerosis, dan bersifat anti inflamasi ( untuk melawan cedera, iritasi atau infeksi).

Selain itu, asam lemak Omega 3 mampu mengontrol rematik dan memberikan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif.

Meredakan Gejala Demam Malaria

Jus daun Afrika telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam malaria. Dalam uji klinis di Afrika, jus daun Afrika segar terbukti 67% efektif dalam meredakan demam ringan dan malaria.

Mengandung Antioksidan

Vernonia Amygdalina termasuk tumbuhan yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan itu sendiri berfungsi melindungi dari kerusakan sel akibat stres oksidatif akibat paparan radikal bebas.

Antioksidan membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, stroke, penuaan, diabetes, artritis, fibromyalgia, penyakit Parkinson, penyakit autoimun, dan penyakit generatif lainnya.

Cara Mengkonsumsi Daun Afrika

Untuk bisa menggunakan daun Afrika sebagai obat herbal, Anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu, dengan cara sebagai berikut:

  1. Daun yang matang perlu dicuci secara menyeluruh hingga bersih
  2. Masukkan ke blender atau juicer dengan air biasa. Blender hingga tergiling rata.
  3. Kemudian, menggunakan saringan ketat atau kain tipis, saring ekstraknya.
  4. Ekstrak daun Afrika pun siap untuk dikonsumsi.

Efek Samping Daun Afrika

Daun Afrika, sama seperti jenis obat herbal lainnya, tidak lepas dari yang namanya efek samping jika dikonsumsi tidak sesuai aturan, atau oleh orang-orang tertentu. Inilah efek samping daun afrika yang perlu Anda waspadai

  • Terjadi Pembengkakan bagian tubuh tertentu.
  • Mual-mual.
  • Berkurangnya kadar gula darah.
  • Menimbulkan gatal-gatal.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0