10 manfaat kunyit hitam dan cara mengolahnya.
Photo by healthbenefitstimes.com/
in

10 Manfaat Kunyit Hitam dan Cara Mengolahnya

Mengetahui Manfaat, Kandungan Nutrisi dan Cara Mengolah Kunyit Hitam

Katalgoue.id – 10 manfaat kunyit hitam dan cara mengolahnya. Kunyit, juga dikenal sebagai rempah emas, adalah tanaman tinggi yang tumbuh di Asia dan Amerika Tengah. Ini memberi kari warna kuning dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional India selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan.

Studi mendukung penggunaannya dan menunjukkan bahwa itu dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tetapi menggabungkan kunyit dengan lada hitam dapat meningkatkan efeknya.

Beberapa manfaat kunyit tersebut tidak lain didapatkan dari kandungan kurkumin yang terdapat di dalamnya. Kandungan kurkumin ini berfungsi sebagai pereda nyeri alami sehingga secara efektif akan mengurangi hingga menghilangkan berbagai gangguan peradangan.

Kandungan ini tidak hanya terdapat pada kunyit berwarna kuning dan putih saja, melainkan juga terdapat pada kunyit hitam.

Cara Mengolah Kunyit Hitam untuk Obat Lambung

10 manfaat kunyit hitam dan cara mengolahnya. Photo by id.pinterest.com

Dirangkum dari laman orami.co.id bahwa cara mengolah kunyit hitam untuk lambung, keringkan kemudian digiling hingga menjadi bubuk. Setelah itu diseduh dengan air panas.

Anda juga bisa mengkonsumsi the kunyit yang biasa dijual di pasaran. Konsumsi ramuan ini dianggap lebih aman dibandingkan harus meminum obat yang mengandung bahan kimia buatan.

Cara lain untuk menikmati kunyit hitam sebagai obat gangguan lambung adalah dengan cara merebus kunyit yang sudah dimemarkan. Jika ingin mengurangi rasa pahitnya, Anda dapat menambahkan madu atau gula merah.

Selain itu, campuran antara kunyit hitam dan lada juga dipercaya dapat membantu meredakan gangguan pada lambung. Lada dapat meningkatkan penyerapan dan fungsi kunyit akan semakin optimal.

Jika ingin memberli yang kemasan, Anda dapat mencari suplemen kunyit, cari merek yang memiliki ekstrak lada hitam atau piperine terdaftar sebagai bahan.

Kandungan Nutrisi Kunyit Hitam

Perlu Anda ketahui bahwa kandungan nutrisi kunyit hitam adalah sebagai berikut, yuk simak.

  • Minyak atsiri yang merupakan gabungan dari keton sesquiterpen.
  • Turmeron
  • Tumeon 60%
  • Zingiberen 25%
  • Feladren
  • Sabinen
  • Borneol
  • Sineil

Kandungan lain seperti lemak rendah, karbohidrat rendah, protein, pati, vitamin C dan mineral. Kandungan tersebut sangatlah baik untuk kesehatan terutama dalam masa penyembuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0