woman lying on couch - sakit perut penyebab diare - katalogue.id
Photo by Polina Zimmerman on Pexels.com
in

11 Cara Tepat Menghentikan Diare di Rumah

Diare adalah suatu kondisi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena Anda sibuk bolak-balik ke kamar mandi. Nah, tahukah Anda cara menghentikan diare yang bisa dilakukan di rumah?

Diare juga bisa berakibat fatal jika orang tersebut mengalami dehidrasi karena kehilangan terlalu banyak cairan di dalam tubuh. Diare harus ditangani secepat mungkin. Anda wajib mengetahui jenis obat, minuman dan makanan yang aman dikonsumsi saat mengalami diare.

Bakteri menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi - katalogue.id
Photo by Gabby K on Pexels.com

Sebelum masuk ke pembahasan kali ini alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab diare.

Faktor Penyebab Diare

Diare disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi bakteri hingga keracunan makanan. Berikut penjelasan singkat yang bisa membantu Anda memahami penyebab penyakit yang satu ini:

Infeksi Bakteri

Beberapa bakteri seperti shigella, salmonella, dan escherichia coli dapat menginfeksi tubuh sehingga menyebabkan diare. Bakteri tersebut menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi atau kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi.

Orang yang terinfeksi biasanya lupa mencuci tangan setelah menggunakan toilet dan bakteri berpindah ke makanan sehingga menyebabkan orang tersebut mengalami diare.

Infeksi Virus

Kelompok virus seperti rotavirus dan norovirus merupakan beberapa penyebab diare - katalogue.id
Photo by Edward Jenner on Pexels.com

Kelompok virus seperti rotavirus dan norovirus merupakan beberapa penyebab diare dan muntah yang sangat menular.

Virus di atas dapat menyebar karena penggunaan peralatan makan dan makan makanan yang terkontaminasi. Padahal, orang yang sepertinya tidak menunjukkan gejala apa pun meski terinfeksi bisa menularkan virus ini, lho.

Diare Turis

Sekitar 30 hingga 70% turis terkena diare karena mengonsumsi makanan lokal dan air yang terkontaminasi. Namun serangan diare juga tergantung dari tempat wisata yang dikunjungi. Fenomena itu biasa disebut diare turis.

Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Meski bisa membunuh bakteri jahat, antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang bisa memicu diare. Selain antibioat, obat lain yang bisa membuat Anda terserang diare antara lain obat tekanan darah, obat kanker, dan obat antasid.

Jika Anda terkena diare akibat penggunaan obat-obatan di atas, segera konsultasikan ke dokter.

Keracunan Makanan

Makan makanan kadaluwarsa yang terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan diare. Umumnya salmonella adalah infeksi bakteri penyebab diare yang berkembang setelah Anda makan makanan dan air yang terkontaminasi.

Gejala Diare

Adapun berikut ini adalah beberapa gejala diare yang mesti Anda perhatikan:

  • Feses cair dan lembek
  • Perut kram dan sakit
  • Sakit kepala
  • Nafsu makan hilang
  • Tampak darah pada feses
  • Merasa haus terus-menerus

Jika kamu merasakan gejala-gejala di atas, bisa dipastikan bahwa kamu sedang mengalami diare.

Cara Mengatasi Diare di Rumah

ada banyak cara menghentikan diare yang bisa Anda coba di rumah. Dengan ramuan di dapur, Anda bisa membuat obat diare dengan bahan alami. - katalogue.id
Photo by Gabby K on Pexels.com

Kenyataannya, ada banyak cara menghentikan diare yang bisa Anda coba di rumah. Dengan ramuan di dapur, Anda bisa membuat obat diare dengan bahan alami.

Selain itu, Anda juga bisa menyembuhkan diare dengan cara yang mudah, seperti makan dalam porsi kecil. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, langsung saja simak berbagai cara mengatasi diare yang bisa Anda coba.

Membuat Oralit Sendiri

Saat diare, tubuh menjadi lebih rentan mengalami dehidrasi karena banyak cairan tubuh yang dikeluarkan bersama tinja. Selain cairan tubuh, mineral dan nutrisi penting yang tersimpan di dalam tubuh juga bisa hilang sehingga memperparah gejala diare. Berikut cara mengobati diare dengan membuat oralit sendiri:

  • Larutkan 6 sendok teh gula dan 1/2 sendok teh garam dalam 1 liter air.
  • Aduk rata
  • Minum 1 gelas setiap 4-6 jam.

Makan dengan Porsi yang Kecil

Cara menghentikan diare selanjutnya adalah dengan makan dalam porsi kecil. Saat menderita diare, usahakan untuk tidak makan terlalu banyak.

Makan dalam porsi kecil adalah cara yang aman untuk mengobati diare. Saat mengalami diare, usus terpaksa bekerja lebih keras.

Oleh karena itu, diare akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh jika beban kerja usus tidak berkurang.

Minum Teh Chamomile

Sebuah penelitian di India mengungkapkan bahwa teh chamomile dapat digunakan untuk mengobati diare. Penelitian tersebut berasal dari jurnal Molecular Medicine Reports yang menjelaskan bahwa chamomile dapat membantu mengatasi kembung, sakit perut, dan mual akibat diare.

Selain itu, teh ini juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan diare.

Mengonsumsi Pisang

Buah pisang dikenal sebagai obat diare alami karena kaya akan kandungan kalium - katalogu.id
Photo by Aleksandar Pasaric on Pexels.com

Buah pisang dikenal sebagai obat diare alami karena kaya akan kandungan kalium yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang. Selain elektrolit, pisang juga mengandung serat dan pektin yang dapat membantu menyerap cairan di usus.

Dengan kandungan tersebut maka feses yang keluar dari tubuh tidak akan berair dan memiliki bentuk yang lebih padat. Makan 1 atau 2 buah pisang setiap hari untuk memulihkan sistem pencernaan Anda.

Mengonsumsi Pisang

Mirip dengan pisang, kentang juga mengandung kalium yang sangat dibutuhkan untuk meredakan diare. Kukus kentang agar Anda bisa memakannya dengan lebih nikmat.

Pastikan Anda tidak menambahkan mentega atau saus pedas karena dapat memperparah diare.

Minum Air Putih atau Jus Buah Segar

Untuk mencegah dehidrasi, tingkatkan posisi minum Anda, minimal 1 liter per 1-2 jam. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi jus buah, namun pastikan tidak menambahkan pemanis seperti gula, madu, atau susu.

Minum Air Rebusan Jahe

Dikenal sebagai bumbu anti-inflamasi, bebas rasa sakit, dan antibakteri, jahe adalah salah satu obat diare alami terbaik. Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan lambung.

Untuk menggunakannya, cukup rebus irisan jahe dan minum selagi hangat. Selain menyembuhkan, teh jahe juga bermanfaat untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Prebiotik

Saat diare, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi produk olahan susu seperti susu cair atau keju. Namun, yogurt dan kefir, yang merupakan minuman susu fermentasi, merupakan pengecualian.

Kedua minuman ini mengandung prebiotik yang efektif melawan kuman penyebab diare di saluran pencernaan. Jangan lupa, pastikan minuman yang Anda pilih rendah gula karena kadar gula yang tinggi bisa memperburuk gejala diare.

Tertarik mencoba mengatasi diare yang satu ini?

Mengonsumsi Wortel

Wortel merupakan sayuran yang dapat digunakan untuk mengeraskan kotoran karena kandungan pektinnya. Cukup haluskan wortel dengan cara menumbuknya hingga halus dan diblender dengan sedikit air secukupnya.

Mengonsumsi Roti Gandum

Makanan yang diolah dari biji-bijian seperti roti dan pasta bagus untuk dikonsumsi saat Anda sedang diare. Kandungan seratnya yang rendah membuatnya mudah dicerna, yang membuat kotoran menjadi padat.

Mengonsumsi Daging Kukus

Beberapa jenis daging, seperti daging sapi, ikan, dan ayam, merupakan sumber protein yang sangat baik untuk mengatasi diare. Namun, pastikan daging kukus tersebut tidak diolah menggunakan minyak atau mentega.

Pilihlah dokter di rumah sakit yang tepat sesuai kebutuhan Anda - katalogue.id
Photo by Anna Shvets on Pexels.com

Jika diare masih tidak berhenti dalam beberapa hari setelah pengobatan dimulai, segera konsultasikan ke dokter. Pilihlah dokter di rumah sakit yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0