Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.
Photo by Pok Rie on Pexels.com
in

12 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Daun Kelor Dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Katalogue.id- Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Daun kelor atau Moringa oleifera merupakan tumbuhan yang sering disebut dengan pohon drumstick, pohon ajaib, pohon ben oil, atau pohon lobak. Daun kelor telah digunakan selama berabad-abad karena khasiat obat dan manfaat kesehatannya. Ia juga memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan dan anti-inflamasi.

Bubuk kelor, yang terbuat dari daun kelor, memiliki sejumlah manfaat yang didukung sains dan kegunaan obat. Tanaman ini telah digunakan sebagai obat tradisional dalam penyembuhan phytomedicine dan ayurveda selama ribuan tahun.

Kandungan Daun Kelor

  • vitamin A
  • vitamin B1 (tiamin)
  • B2 (riboflavin)
  • B3 (niasin), B-6
  • folat dan asam askorbat (vitamin C)
  • kalsium
  • kalium
  • besi
  • magnesium
  • fosfor
  • seng

Ini juga sangat rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol berbahaya.

Manfaat Daun Kelor

Daun kelor dipercaya memiliki banyak manfaat dan kegunaannya mulai dari kesehatan dan kecantikan hingga membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit. Dikutip dari medicalnewstoday.com bahwa manfaat daun kelor antara lain:

Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.
Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Photo by William Greaves Brown on Pexels.com

Manfaat Daun Kelor Menutrisi Kulit dan Rambut

Minyak biji kelor bermanfaat untuk melindungi rambut dari radikal bebas serta menjaganya tetap bersih dan sehat. Kelor juga mengandung protein, yang artinya bermanfaat dalam melindungi sel kulit dari kerusakan. Ini juga mengandung elemen pelembab dan detoksifikasi, yang juga meningkatkan kulit dan rambut. Ini bisa berhasil menyembuhkan infeksi dan luka kulit.

Manfaat Daun Kelor Melindungi hati

Kelor tampaknya melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh obat anti tuberkuler dan dapat mempercepat proses perbaikannya.

Manfaat Daun Kelor Mencegah dan Mengobati Kanker

Ekstrak kelor mengandung khasiat yang dapat membantu mencegah perkembangan kanker . Ini juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

Manfaat Daun Kelor Mengobati Sembelit

Ekstrak kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan lambung, seperti sembelit , gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibiotik dan antibakteri dari kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen, dan kandungan vitamin B-nya yang tinggi membantu pencernaan.

Manfaat Daun Kelor Melindungi Sistem Kardiovaskular

Antioksidan kuat yang ditemukan dalam ekstrak kelor dapat membantu mencegah kerusakan jantung dan juga telah terbukti menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Daun Kelor Mengobati Diabetes

Kelor membantu mengurangi jumlah glukosa dalam darah, serta gula dan protein dalam urin. Ini meningkatkan kadar hemoglobin dan kandungan protein keseluruhan pada mereka yang diuji.

Manfaat Daun Kelor Melindungi Dari Gangguan Ginjal

Orang mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan batu di ginjal, kandung kemih atau rahim jika mereka menelan ekstrak kelor. Kelor mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dapat membantu tingkat toksisitas di ginjal.

Manfaat Daun Kelor Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kelor mengandung isothiocyanate dan niaziminin, senyawa yang membantu menghentikan penebalan arteri, yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Manfaat Daun Kelor Mengobati Anemia

Kelor dapat membantu tubuh seseorang menyerap lebih banyak zat besi, sehingga meningkatkan jumlah sel darah merahnya. Diperkirakan ekstrak tumbuhan sangat membantu dalam mengobati dan mencegah anemia dan penyakit sel sabit.

Manfaat Daun Kelor Memerangi penyakit bakteri

Karena sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba, ekstrak kelor dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh Salmonella , Rhizopus , dan E. coli .

Manfaat Daun Kelor Membuat tulang lebih sehat

Kelor juga mengandung kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Bersamaan dengan sifat anti-inflamasi, ekstrak kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi dan juga dapat menyembuhkan tulang yang rusak.

Manfaat Daun Kelor Meningkatkan kesehatan mata

Kelor mengandung khasiat untuk meningkatkan penglihatan berkat tingkat antioksidannya yang tinggi. Kelor dapat menghentikan pelebaran pembuluh retinal, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.

Resiko Daun Kelor yang Berlebihan

Manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Dibalik segudang manfaat tanaman ini perlu diperhatikan apabila Anda mengkonsumsi terlalu berlebihan dan ada beberapa obat yang harus diperhatikan jika dikonsumsi secara bersamaan dengan daun kelor. Berikut resikonya dari daun kelor:

Levothyroxine 

Digunakan untuk memerangi masalah tiroid. Senyawa dalam daun kelor dapat membantu fungsi tiroid, tetapi orang tidak boleh mengkombinasikannya dengan obat tiroid lainnya.

Pengurai Obat-obatan

Obat apa pun yang mungkin diuraikan oleh hati. Ekstrak kelor dapat mengurangi seberapa cepat hal ini terjadi, yang dapat menyebabkan berbagai efek samping atau komplikasi.

Obat Diabetes

Obat diabetes digunakan untuk menurunkan gula darah, yang juga efektif dilakukan oleh kelor. Sangat penting untuk memastikan kadar gula darah tidak terlalu rendah.

Obat Darah Tinggi

Daun kelor terbukti efektif menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi kelor bersama obat lain yang menurunkan tekanan darah dapat menyebabkannya menjadi terlalu rendah.

Cara Menggunakan Bubuk Daun Kelor

Terbuat dari daun kelor yang dikeringkan dan digiling, bubuknya memiliki rasa yang lembut. Sehingga cocok untuk berbagai resep berbeda. Bubuk kelor mudah ditemukan secara online dan di rantai toko bahan makanan yang sehat.

  • Tambahkan ke smoothie hijau pagi Anda . 
  • Untuk makan siang atau makanan lainnya, bisa juga ditaburkan ke dalam hummus, guacamole, sup, salad, roti bakar alpukat atau roti bakar  ubi jalar .
  • Cobalah memanggangnya menjadi camilan seperti  roti atau kue.
  • Terakhir, gunakan bubuk seperti  matcha  dan kocok ke dalam air panas untuk pengganti kopi bebas kafein.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0