14 manfaat daun binahong dan efek sampingnya.
Photo by: id.pinterest.com/
in

14 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya

Mengetahui Segudang Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Katalogue.id – 14 manfaat daun binahong dan efek sampingnya. Binahong atau heartleaf maderavine madevine merupakan tanaman merambat asli korea yang bisa kamu temukan di daerah dataran rendah maupun tinggi.

Daun dari tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman obat herbal tradisional. Beberapa sumber menjelaskan binahong banyak dikonsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika pada tahun 1950-1970an.

Binahong merupakan tanaman rambat yang kaya akan manfaat. Biasanya, tanaman binahong banyak dibudidayakan di pekarangan. Tidak heran, binahong termasuk dalam Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Kandungan Daun Binahong

14 manfaat daun binahong dan efek sampingnya.
14 manfaat daun binahong dan efek sampingnya. Photo by: id.pinterest.com

Dipercaya sebagai tanaman antiseptik yang efektif melawan virus dan bakteri, obat ini rupanya mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, saponin, alkaloid, dan minyak atsiri. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Flavonoid

Senyawa yang berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, dan bersifat antioksidan.

  • Saponin

Zat yang membuat sabun memiliki busa serta bersifat antibakteri.

  • Alkaloid

Zat ini dapat membunuh kuman dan bakteri, sehingga bersifat antimikroba.

  • Terpenoid

Senyawa aromatik yang menimbulkan wangi harum dan menenangkan.

  • Minyak atsiri

Senyawa yang mudah menguap dan bersifat antimikroba.

  • Tanin

Senyawa yang banyak digunakan pada produk kosmetik untuk membuat kulit awet muda.

Manfaat Daun Binahong

Manfaat daun binahong yang berkhasiat tinggi untuk berbagai masalah kesehatan. Salah satu manfaat daun binahong adalah mengurangi anemia hingga tangkal sel kanker. Dikutip dari laman kesehatan.kontan.co.id bahwa berikut ini adalah manfaat daun binahong, Yuk Simak.

Mengurangi Gejala Anemia

Manfaat binahong yang pertama dapat meredakan gejala anemia. Kurang darah atau anemia dapat menyebabkan gejala seperti lemas, pusing, tubuh mudah capek, nyeri dada, dan telapak tangan atau kaki terasa dingin.

Untuk mengatasi kondisi ini kamu bisa perbanyak makan daging merah, berbagai jenis kacang-kacangan, serta ramuan daun binahong jika diperlukan. 

Mengobati Maag

Maag bisa menyerang siapa saja. Saat maag kambuh, Anda pasti merasa tidak nyaman. Daun binahong efektif mengobat maag, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia. 

Anda cukup rebus 10 lembar daun binahong dengan satu gelas air sampai mendidih. Anda minum air rebusan binahong tiga kali sehari. 

Mengobati Gagal Ginjal 

Daun binahong dipercaya efektif mengobati gagal ginjal. Untuk membuat obat herbal gagal ginjal dari daun binahong cukup mudah. 

Anda rebus 10 gram – 15 gram daun binahong segar dengan segelas air sampai mendidih. Anda minum air rebusan daun binahong tiga kali sehari sebelum makan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0