Resiko tekanan darah tinggi Pentingnya gaya hidup sehat
Photo by Klaus Nielsen on Pexels.com
in

7 Cara Alternatif Mengelolah Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Gaya hidup sehat

Apa itu tekanan darah tinggi?

Tekanan darah adalah kekuatan di mana darah dipompa dari jantung ke arteri. Pembacaan tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 mm Hg.

Ketika tekanan darah tinggi, darah bergerak melalui arteri lebih kuat. Hal ini meningkatkan tekanan pada jaringan halus di arteri dan merusak pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, mempengaruhi sekitar setengah dari orang dewasa Amerika, perkiraan American College of Cardiology.

Dikenal sebagai “silent killer”, biasanya tidak menimbulkan gejala sampai ada kerusakan signifikan pada jantung. Tanpa gejala yang terlihat, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki hipertensi.

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, mempengaruhi sekitar setengah dari orang dewasa Amerika, perkiraan American College of Cardiology.
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Berikut pengobatan alternatif untuk mengelolah tekanan darah tinggi / hipertensi Anda:

Bergerak

Berolahraga 30 sampai 60 menit sehari adalah bagian penting dari hidup sehat.

Seiring dengan membantu menurunkan tekanan darah, aktivitas fisik secara teratur bermanfaat bagi suasana hati, kekuatan, dan keseimbangan Anda. Ini mengurangi risiko diabetes dan jenis penyakit jantung lainnya .

Jika Anda sudah tidak aktif untuk sementara waktu, bicarakan dengan dokter Anda tentang rutinitas olahraga yang aman . Mulailah perlahan, lalu secara bertahap tingkatkan kecepatan dan frekuensi latihan Anda.

Bukan penggemar gym? Ambil latihan Anda di luar. Pergi mendaki , joging , atau berenang dan tetap menuai manfaatnya. Yang penting bergerak!

The American Heart Association (AHA) juga merekomendasikan menggabungkan otot aktivitas penguatan setidaknya dua hari per minggu. Anda dapat mencoba mengangkat beban, melakukan push-up, atau melakukan latihan lain yang membantu membangun massa otot tanpa lemak.

Ikuti diet DASH

Mengikuti diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) dapat menurunkan tekanan darah Anda sebanyak 11 mm Hg sistolik .

Diet DASH terdiri dari:

  • makan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian
  • makan produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan
  • menghilangkan makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti makanan olahan, produk susu penuh lemak, dan daging berlemak

Ini juga membantu mengurangi makanan penutup dan minuman manis, seperti soda dan jus.

Kurangi konsumsi garam

Menjaga asupan natrium Anda seminimal mungkin sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Pada beberapa orang, ketika Anda makan terlalu banyak natrium , tubuh Anda mulai menahan cairan. Hal ini menyebabkan peningkatan tajam dalam tekanan darah.

AHA merekomendasikan untuk membatasi asupan natrium Anda antara 1.500 miligram (mg) dan 2.300 mg per hari. Itu sedikit lebih dari setengah sendok teh garam meja.

Untuk mengurangi natrium dalam diet Anda, jangan tambahkan garam ke makanan Anda. Satu sendok teh garam meja mengandung 2.300 mg sodium!

Gunakan bumbu dan rempah-rempah untuk menambah rasa sebagai gantinya. Makanan olahan juga cenderung sarat dengan natrium. Selalu baca label makanan dan pilih alternatif rendah sodium jika memungkinkan.

Menurunkan berat badan berlebih

Berat badan dan tekanan darah berjalan beriringan. Kehilangan hanya 10 pon (4,5 kilogram) dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Bukan hanya angka pada timbangan Anda yang penting. Menonton lingkar pinggang Anda juga penting untuk mengontrol tekanan darah.

Lemak ekstra di sekitar pinggang Anda, yang disebut lemak visceral, memang merepotkan. Itu cenderung mengelilingi berbagai organ di perut. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk hipertensi.

Secara umum, pria harus menjaga ukuran pinggang mereka kurang dari 40 inci. Wanita harus membidik kurang dari 35 inci.

Hilangkan kecanduan nikotin

Setiap batang rokok yang Anda hisap sementara meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit setelah Anda selesai. Jika Anda seorang perokok berat, tekanan darah Anda bisa tetap tinggi untuk waktu yang lama.

Orang dengan tekanan darah tinggi yang merokok berada pada risiko yang lebih besar untuk mengembangkan hipertensi yang berbahaya, serangan jantung , dan stroke .

Bahkan perokok pasif dapat menempatkan Anda pada peningkatan risiko hipertensi dan penyakit jantung.

Selain memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya , berhenti merokok dapat membantu tekanan darah Anda kembali normal. Kunjungi pusat berhenti merokok kami untuk mengambil langkah-langkah untuk berhenti hari ini.

Jauhi alkohol

Terlalu banyak minum alkohol dapat meningkat tekanan darah Anda.

Jika Anda memiliki hipertensi, dokter mungkin menyarankan Anda untuk mengurangi jumlah alkohol yang Anda minum. Pada orang yang tidak memiliki hipertensi, membatasi asupan alkohol dapat membantu mengurangi risiko terkena hipertensi.

Minum alkohol dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk hipertensi. Minum berlebihan juga dapat mengurangi efektivitas obat tekanan darah tertentu.

Apa yang dimaksud dengan minum dalam jumlah sedang? AHA merekomendasikan agar pria membatasi konsumsi mereka hingga dua minuman beralkohol per hari. Wanita harus membatasi asupan mereka untuk satu minuman beralkohol per hari.

Kurangi stres

Di dunia yang serba cepat saat ini yang dipenuhi dengan tuntutan yang meningkat, mungkin sulit untuk memperlambat dan bersantai. Sangat penting untuk menjauh dari tanggung jawab harian Anda sehingga Anda dapat mengurangi stres Anda.

Stres untuk sementara dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Terlalu banyak dapat membuat tekanan Anda naik untuk waktu yang lama.

Ini membantu untuk mengidentifikasi pemicu stres Anda. Mungkin pekerjaan, hubungan, atau keuangan Anda. Setelah Anda mengetahui sumber stres Anda, Anda dapat mencoba mencari cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

Anda juga dapat mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan stres Anda dengan cara yang sehat. Cobalah mengambil beberapa napas dalam-dalam, bermeditasi, atau berlatih yoga.

Kesimpulan & resiko tekanan darah tinggi

Resiko tekanan darah tinggi Pentingnya gaya hidup sehat
Resiko tekanan darah tinggi Pentingnya gaya hidup sehat

Jika tidak diobati, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, termasuk stroke, serangan jantung, dan kerusakan ginjal. Kunjungan rutin ke dokter Anda dapat membantu Anda memantau dan mengontrol tekanan darah Anda.

Pembacaan tekanan darah 130/80 mm Hg atau lebih dianggap tinggi. Jika Anda baru saja menerima diagnosis tekanan darah tinggi, dokter Anda akan bekerja dengan Anda tentang cara menurunkannya.

Rencana perawatan Anda mungkin termasuk pengobatan, perubahan gaya hidup, atau kombinasi terapi. Mengambil langkah-langkah di atas dapat membantu menurunkan angka Anda juga.

Para ahli mengatakan setiap perubahan gaya hidup, rata-rata, diperkirakan akan menurunkan tekanan darah sebesar 4 hingga 5 mm Hg sistolik (angka atas) dan 2 hingga 3 mm Hg diastolik (angka bawah).

Menurunkan asupan garam dan membuat perubahan pola makan dapat menurunkan tekanan darah bahkan lebih.

Disunting dari: healthline.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0