7 manfaat teh hijau untuk kesehatan, buktikan sendiri.
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Buktikan Sendiri!

Kenali Teh Hijau Dengan Berbagai Manfaat Bagi Kesehatan

Katalogue.id – 7 manfaat teh hijau untuk kesehatan, buktikan sendiri. Green tea atau teh hijau pun sudah lama dikenal di Indonesia. Namun baru dikonsumsi secara luas seiring meningkatnya popularitas masakan Jepang. Faktor penentu melejitnya reputasi teh hijau adalah hasil penelitian yang telah membuktikan kalau teh hijau memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia.

Sejarah dari teh hijau ini berawal dari Negara Cina, yang telah menggunakan teh hijau sebagai pendukung pengobatan sejak 4.000 tahun yang lalu. Dan saat ini para peneliti nutrisi telah menemukan bahwa teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tahun 1994, bahkan sebuah jurnal yang diterbitkan untuk kalangan ahli kanker menyebutkan bahwa teh hijau yang dikonsumsi masyarakat Cina. Dan telah membuat mereka terhindar dari kanker.

Belakangan ini, bukti baru telah ditemukan bahwa minum teh secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol darah, dan menyeimbangkan kadar tersebut. Sejarah bangsa Cina menyebutkan teh hijau mulai digunakan sebagai minuman sejak 2700 tahun sebelum Masehi pada dinasti Kaisar Shen Nung.

Namun tercatat dalam kamus kuno pada 350 tahun sebelum Masehi. Sekitar 200 tahun sebelum Masehi dalam buku tanaman obat Cina disebutkan daun teh berkhasiat menghilangkan racun dalam tubuh.

Kandungan Nutrisi Teh Hijau

7 manfaat teh hijau untuk kesehatan, buktikan sendiri.
7 manfaat teh hijau untuk kesehatan, buktikan sendiri. Photo by Charlotte May on Pexels.com

Di dalam 100 gram teh hijau, berikut ini kandungan nutrisi teh hijau yang dikutip dari laman alodokter.com yuk simak.

  • 1 kkal energi
  • 0,2 gram protein
  • 1 miligram magnesium
  • 8 miligram kalium
  • 12 miligram kafein

Selain itu, greentea atau teh hijau juga mengandung antioksidan, antiradang, dan antikanker yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Teh Hijau

7 manfaat teh hijau untuk kesehatan, buktikan sendiri. Salah satu kandungan antioksidan dalam teh hijau adalah katekin. Senyawa katekin berperan penting dalam menghentikan kerusakan sel-sel tubuh.

Apabila dikonsumsi secara rutin, teh hijau dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat teh hijau yang dikutip dari laman healthline.com yuk simak.

Mengandung Senyawa Bioaktif

Manfaat teh hijau yang pertama adalah lebih dari sekadar minuman yang menghidrasi. Tanaman teh hijau mengandung berbagai senyawa sehat yang menjadikannya minuman akhir. Teh kaya akan polifenol , yaitu senyawa alami yang memiliki manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker.

Teh hijau mengandung katekin yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) . Katekin adalah antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lainnya.

Zat tersebut dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan. Radikal bebas ini berperan dalam penuaan dan berbagai jenis penyakit.

EGCG adalah salah satu senyawa paling kuat dalam teh hijau. Penelitian telah menguji kemampuannya untuk membantu mengobati berbagai penyakit. Tampaknya menjadi salah satu senyawa utama yang memberikan teh hijau sifat obatnya. Teh hijau juga memiliki sejumlah kecil mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Cobalah untuk memilih merek teh hijau yang lebih berkualitas, karena beberapa merek dengan kualitas yang lebih rendah dapat mengandung fluoride dalam jumlah yang berlebihan.

Meskipun demikian, bahkan jika Anda memilih merek dengan kualitas lebih rendah, manfaatnya tetap lebih besar daripada risiko apa pun.

Meningkatkan Fungsi Otak

Teh hijau tidak hanya membuat Anda tetap waspada, tetapi juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Bahan aktif utama adalah kafein, yang dikenal sebagai stimulan .

Ini tidak mengandung sebanyak kopi, tetapi cukup untuk menghasilkan respons tanpa menyebabkan efek gelisah yang terkait dengan terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Kafein mempengaruhi otak dengan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut adenosin. Dengan cara ini, meningkatkan penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin.

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori. Namun, kafein bukan satu-satunya senyawa penambah otak dalam teh hijau. Ini juga mengandung asam amino L-theanine , yang dapat melewati sawar darah-otak.

L-theanine meningkatkan aktivitas neurotransmitter penghambat GABA, yang memiliki efek anti-kecemasan. Ini juga meningkatkan dopamin dan produksi gelombang alfa di otak.

Studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis. Ini berarti bahwa kombinasi keduanya dapat memiliki efek yang sangat kuat dalam meningkatkan fungsi otak. Karena L-theanine dan dosis kecil kafein, teh hijau dapat memberi Anda jenis buzz yang jauh lebih ringan dan berbeda dari kopi.

Banyak orang melaporkan memiliki energi yang lebih stabil dan jauh lebih produktif ketika mereka minum teh hijau, dibandingkan dengan kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0