8 Makanan Diet untuk Menurunkan Berat Badan
Photo by Natasha Spencer on Pexels.com
in

8 Makanan Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Katalgue.id – Biasanya diet identik dengan penurunan berat badan. Meskipun tak jarang banyak juga yang melakukan diet dengan tujuan untuk menaikkan berat badan. Apapun tujuan dan motivasinya, yang terpenting diet harus dilakukan dengan cara yang benar dan tidak menyiksa diri sendiri.

Berikut delapan makanan diet ini cocok untuk menurunkan berat badan yang sehat dan layak untuk kamu coba.

1. Oat

Oat yang kaya akan nutrisi tersebut baik untuk program diet
Oat yang kaya akan nutrisi tersebut baik untuk program diet. Photo by Polina Tankilevitch on Pexels.com

Oat dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Oat adalah menu makanan sehat tinggi serat, karbohidrat, dan mineral.

Banyak nutrisi yang terkandung pada oat yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi.

Oat yang kaya akan nutrisi tersebut baik untuk program diet yang sehat dan membatu menurunkan berat badan kamu.

2. Nasi Merah

Nasi merah cocok untuk kamu yang ingin diet dan menurunkan berat badan.
Nasi merah cocok untuk kamu yang ingin diet dan menurunkan berat badan. Photo by Polina Tankilevitch on Pexels.com

Nasi merah juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih. Nasi merah cocok untuk kamu yang ingin diet dan menurunkan berat badan. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah rendah gula.

Nasi merah tidak banyak memengaruhi kadar gula darah karena serat dapat menghambat pelepasan glukosa (gula) ke dalam darah.

Nasi merah tinggi akan serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh serta pencernaan.

3. Daging Rendah Lemak

Makan daging rendah lemak untuk mendapatkan manfaat protein utuh tanpa menambah asupan lemak berlebih.

Namun, perhatikan cara pengolahannya. Hindari pengolahan daging rendah lemak dengan menggunakan minyak goreng. Disarankan untuk mengkonsumsi daging dengan cara merebus.

4. Kentang

Bisa menjadi pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Anda bisa mengonsumsi kentang dengan cara direbus atau dikukus hingga lunak.

Diet kentang bukan hanya baik untuk menurunkan berat badan, tapi juga bisa untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, melancarkan proses pencernaan, dan meningkatkan sumber energi pada tubuh Anda. Itu karena kentang kaya akan nutrisi seperti adanya vitamin B6, vitamin C, serta kalium.

5. Singkong

Sumber karbohidrat lain pengganti nasi. Singkong bermanfaat untuk mempertahankan berat badan ideal. Singkong cocok untuk kamu yang ingin diet dan menurunkan berat badan. Karbohidrat dalam singkong terdiri dari serat, lemak, dan kalori sehat.

Kandungan serat yang tinggi dalam singkong membantu tubuh tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

6. Jagung

Bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi dengan cara direbus atau dikukus. Anda juga bisa membuat kudapan manis untuk menu makan siang dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.

Tak hanya untuk diet saja, saat makan sehari-hari, Anda dianjurkan makan jagung. Nutrisi pada jagung akan bertambah tatkala dicampur dengan sayuran berwarna kuning dan oranye. Hal itu mencegah penyakit mata. Jagung juga mengandung vitamin B dan vitamin C, serta magnesium dan kalium bagi kesehatan mata.

7. Ubi Jalar

Sumber karbohidrat alternatif untuk makan siang atau malam. Ubi jalar mengandung tinggi karbohidrat yang mengenyangkan.

Ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah yang membuatnya aman bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain untuk diet, makanan ini aman bagi penderita dibates karena memiliki kandungan gula darah yang rendah. Dehidrasi bisa memperlambat metabolisme dalam tubuh serta menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

8. Gandum Utuh

Gandum adalah pilihan yang baik untuk diet menurunkan berat badan. Gandum utuh bisa kamu gunakan untuk sarapan atau makan siang.

Kamu bisa memilih roti gandum utuh kaya gizi dan tinggi serat. Roti gandum ini bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan selai kacang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0