in

8 Manfaat Air Purifier, Fungsi, dan Cara Memilihnya

Mengetahui Manfaat dan Fungsi dari Air Purifier di Rumah Anda

Manfaat Air Purifier untuk Kesehatan

8 manfaat air purifier, fungsi, dan cara memilihnya. Air purifier dengan filter teknologi HEPA dapat menghilangkan 99,7 persen partikel udara (PM) yang beredar di lingkungan rumah Anda. Dikutip dari amerisleep.com inilah manfaat air purifier untuk kesehatan.

Meredakan Gejala Asma

Manfaat air purifier yang pertama, Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, 1 dari 12 orang menderita asma. Orang yang hidup dengan asma memiliki saluran bronkial yang meradang. Polutan seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau tungau debu mengiritasi saluran udara mereka, menyebabkan kesulitan bernapas.

Menyedot debu tempat tidur, karpet, dan lantai Anda dapat menghilangkan polutan ini, tetapi beberapa di antaranya tetap melayang di udara. Menghirup udara yang tercemar meningkatkan kemungkinan serangan asma.

Mejaga Udara Bersih Dalam Ruangan

Menutup pintu dan jendela rumah kita tidak berarti kita dapat mematikan polutan eksternal seperti nitrogen dioksida dan karbon monoksida. Gas-gas ini biasanya ditemukan di area lalu lintas kendaraan bermotor yang tinggi dan mungkin masuk ke dalam rumah Anda.

Penelitian dari National Library of Medicine menunjukkan paparan karbon monoksida dan nitrogen dioksida PM meningkatkan risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Pembersih udara dengan karbon aktif dapat membersihkan kontaminan kimia ini, menghindari risiko beberapa masalah kesehatan. 

Bentuk karbon yang sangat berpori digunakan dalam metode penyaringan karbon ini untuk menjebak bahan kimia, mendaur ulang udara segar kembali ke ruangan.

Menetralisir Bau

Manfaat air purifier yang selanjutnya, Beberapa bahan kimia seperti bensin, benzena, dan formaldehida terurai pada suhu kamar menyebabkan bau tidak sedap. Bahan kimia ini, yang disebut senyawa organik volatil (VOC), biasanya ditemukan dalam cat, semprotan aerosol, furnitur berlapis kain, atau penyegar udara. 

Bau dari VOC dapat menyebabkan mual, sesak napas, dan bahkan mempengaruhi fungsi kognitif Anda. Studi NIH lainnya menunjukkan tingkat VOC yang rendah di udara sekitar meningkatkan produktivitas dan kinerja. 

Air purifier dengan HEPA dan filter karbon aktif efektif dalam menjebak gas serta partikel, mengurangi polutan di lingkungan dalam ruangan.

Mengurangi Kemungkinan Penyakit di Udara

Penyakit yang ditularkan melalui udara seperti flu biasa dan flu menyebar melalui patogen kecil yang berkeliaran. Ketika salah satu anggota keluarga terkena flu, tidak jarang anggota keluarga yang lain juga ikut sakit. Ini terjadi karena setiap orang menghirup udara yang sama yang terinfeksi bakteri dan virus.

Pembersih udara dengan filter HEPA menangkap bakteri dan virus ini. Ketika Anda menghilangkan penyebab penyakit yang ditularkan melalui udara, Anda melindungi diri Anda dan keluarga Anda dari mereka. 

Jika Anda tinggal dengan orang tua, anak-anak, atau siapa pun dengan sistem kekebalan yang lemah, pembersih udara adalah suatu keharusan.

Meningkatkan Tidur

Alergen dalam ruangan seperti bakteri, jamur, dan tungau debu dapat memicu alergi atau hay fever. Hay fever menyebabkan pilek dan dapat berlangsung hingga beberapa minggu. Sering bersin, batuk, hidung tersumbat, mata berair, atau sakit tenggorokan adalah beberapa gejala alergi yang umum, mengganggu tidur Anda.

Kurang tidur menyebabkan kantuk di siang hari, mempengaruhi produktivitas Anda keesokan harinya. Untuk menghindari gangguan tidur ini, sebaiknya gunakan pembersih udara HEPA karena menyaring sebagian besar alergen dari kamar Anda. Udara yang lebih bersih memberi Anda tidur malam yang lebih nyenyak .

Menghilangkan Radon Berbahaya

Penguraian unsur radioaktif yang terjadi secara alami seperti uranium yang ditemukan pada bahan bangunan tertentu menghasilkan gas radon. Radon adalah gas tidak berwarna dan tidak berbau, memancar dari bahan bangunan seperti batu, tanah, dan granit.

Untuk mengurangi risiko polusi radon, gunakan pembersih udara. Filter HEPA dan karbon aktif dapat menjebak partikel radon dan gas radon, melindungi Anda dari efek berbahayanya.

Menghilangkan Partikel Berbahaya

Manfaat air purifier yang berikutnya menjelaskan bahwa bahan atap asbes atau pipa insulasi sudah umum dari tahun 1940-an hingga 1960-an. Jika Anda tinggal di rumah tua atau bekerja di bangunan komersial lama, Anda mungkin terpapar partikel asbes. Seiring bertambahnya usia, bangunan ini melepaskan material yang menyebarkan debu asbes di udara sekitar.

Jika Anda menghirup partikel asbes, mereka dapat menyebabkan penyakit paru-paru yang ditandai dengan jaringan parut. Pembengkakan di leher atau wajah, kehilangan nafsu makan, dan kesulitan menelan adalah beberapa gejala asbestosis. 

Penyakit ini juga meningkatkan risiko kanker paru-paru. Untuk melindungi diri Anda dari asbestosis, gunakan pembersih udara HEPA yang menangkap partikel asbes.

Meningkatkan Harapan Hidup

Polusi udara dalam ruangan dapat memengaruhi sistem jantung, pernapasan, dan bahkan saraf Anda. Bahan kimia dan gas dari produk rumah tangga biasa dapat menumpuk di paru-paru Anda. Faktanya, partikel di udara sangat kecil sehingga menembus penghalang darah-otak, memengaruhi fungsi otak dan kognitif Anda.

Pembersih udara yang baik bahkan dapat menjebak partikel halus yang memberi Anda kualitas udara yang lebih baik.

Cara Memilih Air Purifier

Saat membeli air purifier terbaik, sangat penting untuk memeriksa faktor-faktor tertentu seperti filtrasi HEPA dan peringkat ACH-nya. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pembersih udara Anda dan menghindari efek negatif tertentu, pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Kompatibilitas Ukuran
  • Tingkat kebisingan
  • Filter HEPA
  • Sertifikasi Ramah Asma dan Alergi
  • Tarif Pengiriman Udara Bersih (CADR)
  • Peringkat Pergantian Udara Per Jam (ACH)
  • Emisi Ozon
  • Pemeliharaan

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0