8 manfaat bunga telang dan cara mengolahnya.
Photo by David Bartus on Pexels.com
in

8 Manfaat Bunga Telang dan Cara Mengolahnya

Bunga Telang dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan dan Pahami Cara Mengonsumsinya

Katalogue.id – 8 manfaat bunga telang dan cara mengolahnya. Bunga telang atau kembang telang (Clitoria ternatea) merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Bunga yang berbentuk seperti corong ini memiliki beberapa varian warna, yaitu biru, ungu, merah muda, dan putih.

Bunga telang adalah satu dari empat tumbuhan yang secara tradisional digunakan sebagai Shanka Pushpi, pengobatan Ayurveda yang digunakan untuk meningkatkan kesehatan saraf.

Bunga telang telah lama dikenal dan digunakan sebagai pewarna alami pada makanan dan minuman. Namun, selain mempercantik penampilan makanan, bunga telang juga mengandung berbagai nutrisi dan zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dari Bunga Telang

Popularitas bunga telang kini melejit karena khasiatnya. Bunga telang memiliki manfaat sebagai antioksidan. Antioksidan yang dimilikinya bisa mengelola stres oksidatif pada sistem biologis.

8 manfaat bunga telang dan cara mengolahnya.
8 manfaat bunga telang dan cara mengolahnya. Photo by pondowan-tayu.desa.id

Dikutip dari alodokter.com, berikut manfaat bunga telang dipercaya baik untuk kesehatan simak yuk!

 Memelihara Kesehatan Otak

Bunga telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf.

Tak hanya itu, bunga telang juga diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Antioksidan juga dapat mencegah terjadinya demensia atau pikun yang parah.

Untuk mendapatkan manfaat bunga telang tersebut, Anda bisa mengonsumsi bunga ini sebagai teh herbal atau suplemen. Meski demikian, klaim manfaat bunga telang yang satu ini masih terbatas pada riset berskala kecil di laboratorium dan belum banyak diteliti pada manusia.

Mencegah Reaksi Alergi

Secara tradisional, bunga telang sering kali digunakan di India untuk mengatasi batuk serta gejala alergi dan asma. Hal ini juga telah dibuktikan oleh suatu penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak bunga telang dapat mengurangi jumlah zat histamin, yaitu zat yang berperan dalam menimbulkan peradangan ketika tubuh terpapar pencetus alergi (alergen).

Sayangnya, penelitian ini belum bisa memastikan efektivitas dan keamanan bunga telang sebagai obat alergi.

Untuk mencegah kambuhnya alergi, Anda tetap perlu mengetahui dan menjauhi faktor pencetus alergi serta mengonsumsi obat antihistamin untuk meredakan gejala alergi.

Meringankan Peradangan

Bunga telang juga telah lama digunakan sebagai salah satu obat herba alami untuk mengatasi demam dan nyeri akibat peradangan di dalam tubuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa manfaat bunga telang ini mungkin benar adanya karena bunga telang diketahui memiliki efek antiradang.

Menurunkan Gula Darah

Manfaat bunga telang berikutnya diketahui dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, bunga telang juga banyak mengandung antioksidan sehingga baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

Meski demikian, untuk mengontrol gula darah, Anda juga perlu berolahraga secara rutin, menjalani pola makan sehat, serta membatasi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis.

Mengobati Diare

Manfaat bunga telang tidak hanya bunganya saja yang berkhasiat, daun bunga telang juga memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai obat herba alami untuk mengobati diare.

Sebuah studi laboratorium berskala kecil menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang dapat meredakan gejala diare berkat kandungan zat antiradang dan antibakteri di dalamnya.

Menjaga Fungsi Penglihatan 

Manfaat bunga telang yang tidak kalah penting, apabila sering merasakan mata kering dan terasa tidak nyaman. Anda dapat coba mengatasi keluhan tersebut dengan mengonsumsi teh bunga telang. Bunga telang mengandung sejumlah antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. 

Meringankan Depresi

Manfaat bunga telang selanjutnya, dalam sebuah studi, para peneliti mengekstrak sekitar 25 senyawa phytocomp, dari ekstrak etanol dari bunga telang. Di antara beberapa senyawa yang ditemukan, ada asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi.

Perlu diketahui, asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Asam linolenat juga memiliki sifat neuroprotektif (melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan).

Asam palmitat adalah senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Hanya saja, asam palmitat memiliki sifat antioksidan, yang juga sudah terbukti, memiliki sifat antidepresan.

Menyehatkan Jantung

Manfaat bunga telang yang sangat penting ini, dipercaya bisa mengatasi penyakit kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Itulah sebabnya, bunga telang dipercaya mampu menyehatkan jantung.

Dalam sebuah studi pada hewan, bunga telang bisa menurunkan kadar trigliserida cukup signifikan. Bahkan, jumlah kolesterol total dan gula darah pun berkurang. Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL), justru mengalami peningkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0