8 manfaat cabai rawit yang mengesankan bagi tubuh.
Photo by Artem Beliaikin on Pexels.com
in

8 Manfaat Cabai Rawit yang Mengesankan Bagi Tubuh

Membahas Manfaat, Efek Samping dan Kandungan Gizi Dalam Cabai Rawit

Katalogue.id – 8 manfaat cabai rawit yang mengesankan bagi tubuh. Cabai memiliki nama ilmiah Capsicum annuum yang masih satu keluarga dengan paprika dan tomat. Sayuran tersebut memiliki ukuran, warna, dan jenis berbeda seperti cabai merah, cabai keriting, cabai hijau, cabai rawit, hingga cabai setan.

Cabai rawit biasanya ditemukan juga dalam berbagai makanan yang mengandung rasa pedas. Cabai segar dapat diiris dan ditambahkan ke masakan, meskipun cabai rawit paling sering ditemukan dalam bentuk bubuk. Cabai rawit memiliki warna merah yang menarik, dan kadang-kadang ditaburkan di atas makanan karena alasan estetika dan rasanya.

Cabai rawit dikatakan sebagai ramuan atau rempah paling kuat yang tersedia di pasaran dalam hal meningkatkan sirkulasi. Dan semakin panas varietas yang Anda konsumsi, semakin besar efeknya pada sirkulasi Anda.

Kandungan Gizi Cabai Rawit

8 manfaat cabai rawit yang mengesankan bagi tubuh.
8 manfaat cabai rawit yang mengesankan bagi tubuh. Photo by Mark Stebnicki on Pexels.com

Dibalik rasa pedasnya yang luar biasa, berikut ini beberapa kandungan gizi cabai rawit dengan acuan berat 100gram, Yuk Simak.

  • Energi 103 kcal
  • Protein 4,7 gram
  • Lemak 2,4 gram
  • Karbohidrat 19,9 gram
  • Kalsium 45 gram
  • Fosfor 85 gram
  • Zat besi 2,5 gram
  • Vitamin A 11.050 mg
  • Vitamin B1 0,24 mg
  • Vitamin C 70 mg
  • Air 71,2 gram

Efek Samping Cabai Rawit

Walaupun banyak manfaat yang diperoleh dari konsumsi makanan pedas, tidak serta-merta kamu dapat mengonsumsinya dengan porsi yang banyak. Perlu ada takaran yang pas agar gangguan yang terjadi pada perut dapat dihindari.

Berikut adalah beberapa efek samping cabai rawit apabila dikonsumsi terlalu berlebihan.

Diare

Cabai memang bisa melancarkan sistem pencernaan. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi cabai dapat menyebabkan diare atau buah air besar (BAB) terus-menerus. Terlalu banyak makan pedas akan membuat Anda mengalami sakit perut, sensasi terbakar di usus, kram, dan diare. Sebagai solusinya, Anda bisa mengonsumsi cabai sesuai dengan kemampuan perut Anda.

Menambah Berat Badan

Cabai bisa membantu menurunkan berat badan dengan membantu melancarkan sistem pencernaan untuk membantu mendorong sisa makanan supaya tidak terlalu lama ditimbun dalam tubuh. Namun kecanduan mengonsumsi makanan pedas justru bisa menambah nafsu makan dan menyababkan berat badan terus bertambah.

Usus Buntu

Penyakit usus buntu atau apendisitis merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan peradangan pada usus buntu. Sebagian besar pasien yang mengalami penyakit ini harus segera ditangani medis. Jika tidak, maka usus buntu akan pecah dan memperparah infeksi, serta dapat mengancam nyawa.

Usus buntu bisa disebabkan oleh faktor makanan. Beberapa pengidap usus buntu harus dilarikan ke rumah sakit akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan radang usus buntu, seperti makanan pedas.

Cita rasa pedas pada cabai memang banyak disukai oleh sebagian besar orang. Selain melancarkan pencernaan, ekstrak cabai dipercaya mampu mengatasi stres. Namun jika terlalu banyak dan sering mengonsumsinya, justru bisa membahayakan usus dan membuatnya meradang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0