8 manfaat tanaman saffron bisa memutihkan wajah.
Photo by capri23auto on Pexels.com
in

8 Manfaat Tanaman Saffron Bisa Memutihkan Wajah

Membahas Tentang Apa itu Saffron, Manfaat Saffron untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

Katalogue.id – 8 manfaat tanaman saffron bisa memutihkan wajah. Saffron adalah rempah termahal di dunia yang berasal dari tanaman saffron crocus. Rempah ini dibanderol dengan harga Rp 7 juta-70 juta setiap 500 gramnya, tergantung kualitas.

Tanaman ini diperkirakan berasal dari Yunani. Saat ini, ia tumbuh di banyak negara, termasuk Iran, Spanyol, dan Cina. Secara tradisional, kunyit telah digunakan untuk mewarnai dan membumbui makanan. Ini juga digunakan sebagai obat herbal untuk penyakit seperti sakit punggung, luka, dan abses.

Saffron merupakan bahan yang berharga dalam industri kosmetik. Banyak orang mengklaim bahwa saffron dapat meredakan masalah kulit yang umum, termasuk peradangan dan jerawat.

Kandungan Tanaman Saffron

8 manfaat tanaman saffron bisa memutihkan wajah
8 manfaat tanaman saffron bisa memutihkan wajah. Photo by Pixabay on Pexels.com

Saffron mekar hanya setahun sekali dan harus dipanen dalam waktu sangat singkat. Proses pemetikan selama 3-4 minggu pada Oktober-November. Berikut ini kandungan saffron dari segudang manfaatnya.

  • Lemak (5 persen)
  • Air (10 persen)
  • Mineral (5 persen)
  • Protein (12 persen)
  • Serat kasar (5 persen)
  • Gula (63 persen).

Pada putik saffron terdapat lebih dari 150 senyawa volatil dan senyawa aroma. Ada pula tiga senyawa bioaktif utama, yakni crocin, picro crocin, dan safranal.

Ketiganya bertanggung jawab akan warna, rasa, dan bau khas saffron. Irmanida mengatakan, tiga senyawa ini pula yang menentukan nilai saffron.

Manfaat Tanaman Saffron untuk Wajah

8 manfaat tanaman saffron bisa memutihkan wajah. Selain digunakan untuk membumbui hidangan khusus, manfaat saffron juga untuk kecantikan. Ini telah menjadi bahan yang dihormati dalam merawat kulit, membuatnya bebas noda dan bercahaya. 

Yuk simak manfaat saffron untuk wajah yang dikutip dari laman femina.in berikut ini.

Mengobati Jerawat

Manfaat tanaman saffron yang pertama adalah dengan kualitas anti-bakteri dan anti-inflamasi yang luar biasa, saffron adalah bahan yang ideal untuk mengobati jerawat dan berjerawat. Ini memegang sifat obat yang dapat membantu dalam membersihkan kulit berjerawat. 

Ambil 5-6 lembar daun kemangi segar dan 10 helai kunyit. Rendam dalam air bersih, buat menjadi pasta dan gunakan pada jerawat untuk membersihkannya.

Mengurangi Pigmentasi

Manfaat tanaman saffron berikutnya bahwa saffron bisa menjadi bahan alami yang sangat baik untuk mengurangi pigmentasi, bintik-bintik coklat dan noda kulit lainnya. Rendam beberapa helai safron dalam air bersih. Tambahkan ini ke 2 sdm bubuk kunyit dan buat pasta. Oleskan ini pada wajah Anda untuk mengurangi pigmentasi dan bintik hitam.

Menyembuhkan bekas luka

Saffron memiliki khasiat penyembuhan yang dapat mempercepat proses pemulihan kulit. Mengoleskan kunyit pada luka atau kulit yang terluka akan membuatnya lebih cepat sembuh. 

Saffron juga membantu meringankan bekas luka dalam jangka panjang. Rendam 2 sdt kunyit dalam air dan hancurkan menjadi pasta. Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa dan oleskan langsung pada bekas luka. Aplikasi secara teratur akan menyembuhkan bekas luka dan membantu memudarkan bekasnya.

Kulit bercahaya

Polusi, cuaca buruk dan faktor eksternal membuat kulit kusam dan tak bernyawa. Aplikasi safron secara teratur dapat menghidupkan kembali kulit Anda, membuatnya bercahaya. 

Rendam kunyit dalam setengah cangkir susu mentah, dan oleskan ramuan ini pada wajah Anda untuk mendapatkan cahaya alami. Itulah salah satu manfaat tanaman saffron bagi kulit.

Meningkatkan Kecerahan Kulit

Warna kulit Saffron banyak digunakan dalam produk kosmetik pencerah kulit. Sejak zaman kuno telah menjadi bahan berharga untuk menutrisi kulit. Penggunaan kunyit secara teratur akan memberi Anda kulit yang sehat. 

Ambil beberapa helai kunyit dan hancurkan. Tambahkan ke 2 sdm bubuk cendana bersama dengan air mawar untuk membuat pasta. Oleskan pada kulit untuk kulit yang lebih baik.

Menghilangkan Warna Coklat

karena berjemur Kualitas safron yang menenangkan dan mencerahkan kulit membuatnya berguna untuk menghilangkan warna kulit kecokelatan. Menerapkan helai safron yang direndam dalam susu akan memudarkan cokelat membuat kulit lebih kencang.

Toner kulit

Saffron membuat toner kulit yang sangat baik memberikan semburan nutrisi dan kesegaran pada kulit. Tambahkan beberapa helai safron dalam air mawar dan Anda memiliki peremajaan kulit yang harum secara instan. Ini juga akan memberikan cahaya muda ke wajah.

Minyak rambut infused

Saffron Penuh dengan antioksidan, saffron dapat menutrisi rambut, menjadikannya sehat dan berkilau. Tambahkan beberapa helai safron ke minyak rambut Anda, hangatkan dan gunakan untuk memijat kulit kepala Anda secara teratur. Ini akan memberikan kulit kepala yang sehat dan rambut yang lebih kuat.

Efek Samping Tanaman Saffron

Saffron umumnya ditoleransi dengan baik, namun ternyata efek samping saffron juga bisa berdampak berbahaya.

Namun, seperti semua zat tanaman, safron dapat menyebabkan reaksi alergi. Sebuah studi menemukan bahwa pekerja kunyit di India mengembangkan dermatitis kontak yang disebabkan oleh kunyit.

Sebuah studi juga menemukan bahwa serbuk sari safron dapat menyebabkan reaksi alergi yang melibatkan kulit atau sistem pernapasan.

Kemungkinan tanda-tanda reaksi alergi meliputi:

  • bersin
  • pilek
  • gatal, mata merah
  • kulit kering
  • ruam kulit (kemerahan dan bengkak)
  • kulit gatal atau terbakar
  • gatal-gatal

Hindari menggunakan kunyit dalam bentuk apa pun jika Anda sedang hamil. Menurut sebuah studi tahun 2014 , safron dapat meningkatkan kontraksi rahim, yang meningkatkan risiko keguguran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0