photo of person reading quran
Photo by Pok Rie on Pexels.com
in

LoveLove

8 Tips Pola Hidup Sehat Saat Bulan Puasa Ramadan

Tips Puasa Ramadan

Ramadan telah tiba, muslim di dunia menjalankan salah satu rukun Islam yaitu puasa selama sebulan penuh. Jika dilakukan dengan benar, puasa di bulan Ramadan secara umum berdampak positif bagi kesehatan, meski tubuh tidak mendapat asupan makanan atau cairan selama sekitar 14 jam sehari. Untuk itu penting bagi kita semua untuk memperhatikan pola hidup sehat selama bulan Ramadan ini agar kita bisa berpuasa dengan baik.

Berikut beberapa tips yang layak disimak dalam melaksanakan puasa di Bulan Ramadan:

1. Makan sahur setiap akan puasa

penting bagi kita semua untuk memperhatikan pola hidup sehat selama bulan Ramadan ini agar kita bisa berpuasa dengan baik. Simak 8 tips berikut ini:
Photo by Ella Olsson on Pexels.com

Peran sahur ketika puasa sangat penting. Menu yang Anda makan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda sepanjang hari. Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi jalar, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena membantu Anda tetap kenyang selama lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur dan air yang cukup juga membantu menjaga stamina selama berpuasa.

Anas radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu, “Kami makan sahur bersama Rasulullah ﷺ, kemudian beliau shalat, aku tanyakan (kata Anas):

Berapa lama jarak antara adzan dan sahur? Rasulullah ﷺ menjawab, “Kira-kira 50 ayat membaca Al Qur’an.” (HR Bukhari Muslim).

Dari sini kita tahu, Rasulullah ﷺ selalu sahur di akhir waktu atau menjelang waktu Subuh. Dengan demikian perut akan merasa kenyang lebih lama jika dibandingkan makan sahur ketika tengah malam.

2. Tips Sehat Puasa Ramadan: Hindari Makanan Berminyak

penting bagi kita semua untuk memperhatikan pola hidup sehat selama bulan Ramadan ini agar kita bisa berpuasa dengan baik. Simak 8 tips berikut ini:
Photo by Glady Francis on Pexels.com

Makanan tersebut akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya kita akan mengantuk di siang hari dan ini bukan pola hidup sehat yang kita maksud.

Gorengan mungkin salah satu hidangan buka puasa yang harus dimiliki di rumah. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsinya saat berbuka puasa karena makanan berminyak dan berlemak tersebut dapat memperberat kerja organ pencernaan. Performa yang berat akhirnya membuat Anda lelah dan mengantuk setelah berbuka puasa, lho.

3. Kurangi Aktivitas Diluar yang Tidak Perlu

penting bagi kita semua untuk memperhatikan pola hidup sehat selama bulan Ramadan ini agar kita bisa berpuasa dengan baik. Simak 8 tips berikut ini:
Photo by Element5 Digital on Pexels.com

Saat udara semakin panas dan semakin panas, cobalah aktif di ruangan yang sejuk atau di tempat teduh. Batasi juga aktivitas fisik agar tidak mudah lelah.

Suhu panas dan paparan langsung sinar matahari akan membuat tubuh dehidrasi. Namun pada kondisi PSBB saat ini, nampaknya sangat sedikit orang yang beraktivitas di luar ruangan.

4. Berbuka Puasa Secukupnya

penting bagi kita semua untuk memperhatikan pola hidup sehat selama bulan Ramadan ini agar kita bisa berpuasa dengan baik. Simak 8 tips berikut ini:
Photo by Naim Benjelloun on Pexels.com

Langsung melahap banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak karena lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Pakar kesehatan menganjurkan makan secara bertahap, dimulai dari beberapa teguk air, sedikit makanan manis, dan selang waktu setidaknya setengah atau satu jam sebelum makan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0