Manfaat minum air hangat pagi hari dan sebelum tidur.
Photo by NIKOLAY OSMACHKO on Pexels.com
in

9 Manfaat Minum Air Hangat Pagi Hari dan Sebelum Tidur

Mengetahui Waktu yang Tepat Minum Air Hangat

Katalogue.id – 9 manfaat minum air hangat pagi hari dan sebelum tidur. Dalam sebuah penelitian, para ahli medis mengatakan bahwa air merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi tubuh, apalagi jika diminum dalam kondisi hangat, serta suhu yang sempurna.

Membiarkan tubuh selalu dalam kondisi terhidrasi merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Tetapi kebanyakan orang tidak tahu bahwa minum air hangat dapat memberikan beberapa manfaat lebih bagi tubuh dan kulit.

Manfaat minum air hangat setiap hari memang tak bisa diremehkan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mencoba khasiat yang dihasilkan dari air putih hangat ini.

Kebanyakan setiap orang akan minum kopi atau air mineral dingin untuk menyegarkan tubuh setelah bangun di pagi hari. Namun, tahukah Anda bahwa itu adalah kebiasaan yang kurang tepat? Hal yang harus Anda biasakan, yaitu minum air putih hangat.

Waktu yang Tepat Minum Air Hangat

Sudah bukan jadi rahasia umum kalau air hangat punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh Anda. Tapi, ternyata kita juga perlu memperhatikan waktu ketika pengin mengonsumsi air hangat agar manfaatnya lebih terasa. Ini waktu yang tepat minum air hangat yang perlu Anda ketahui.

Manfaat minum air hangat pagi hari dan sebelum tidur.
Manfaat minum air hangat pagi hari dan sebelum tidur. Photo by Skylar Kang on Pexels.com

Disaat Pagi Hari

Menurut Ayurveda dan pengobatan Cina kuno, kita sebaiknya minum segelas air hangat di pagi hari. Hal ini karena air hangat bisa mengaktifkan sistem pencernaan , yang membantu menghindari gangguan pencernaan.

Air hangat juga membantu menstimulasi aliran darah ke usus dan membantu mencegah sembelit.

Disaat Sedang Sakit

Air hangat dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi air hangat disarankan sebagai bantuan alami yang sangat baik saat kita dilanda sakit.

Khususnya saat mengalami nyeri sendi atau kram menstruasi, kita sebaiknya rajin minum air hangat untuk meredakan rasa sakit tersebut.

Disaat Hidung Tersumbat

Saat hidung tersumbat, air hangat cocok untuk dikonsumsi. Hal ini karena air hangat bisa bertindak sebagai ekspektoran alami dengan membantu dalam pengeluaran dahak dari saluran pernapasan.

Setelah Anda mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk mengonsumsi air hangat, perlu Anda perhatikan juga kapan waktu yang kurang tepat untuk meminum segelas air hangat. Yaitu ketika Anda baru selesai berolahraga dengan alasan minum air hangat setelah olahraga tidak bagus karena suhu tubuh kita yang sedang tinggi.

Manfaat Minum Air Hangat Pagi Hari

Minum air putih kerap kali diabaikan karena dianggap tidak punya dampak signifikan bagi tubuh, selain mengatasi haus. Padahal tubuh manusia sendiri pada dasarnya lebih banyak mengandung cairan.

Maka, apabila cairan di dalam tubuh tidak tercukupi bisa menyebabkan beragam masalah yang berpotensi mengganggu aktivitas, bahkan kesehatan. Inilah manfaat minum air hangat pagi hari yang dikutip dari laman sehatq.com diantarnya adalah:

Dapat Membersihkan Saluran Pencernaan

Minum air putih setelah bangun tidur bisa membantu membersihkan saluran pencernaan dari racun-racun berbahaya penyebab penyakit.Sebenarnya, waktu terbaik tubuh untuk mengeluarkan racun tersebut adalah saat malam hari. Namun dengan minum air saat pagi hari, Anda bisa mengeluarkan sisa-sisa racun tersebut dari tubuh.

Dapat Mengatasi sembelit

Dehidrasi atau kekurangan cairan di tubuh adalah salah satu penyebab utama terjadinya sembelit alias konstipasi. Dengan minum air hangat sebelum tidur dan di pagi hari, kondisi ini dapat mereda sebab air akan membantu membuat konsistensi tinja menjadi lebih lunak, dan membantu pergerakan usus sehingga lebih mudah dikeluarkan. Jika dilakukan secara teratur, minum air hangat akan membuat jadwal buang air besar Anda ikut teratur.

Dapat Mengurangi Nyeri

Air hangat telah sejak lama dipercaya sebagai pereda nyeri alami. Kondisi seperti sakit saat menstruasi hingga sakit kepala dinilai bisa reda jika Anda rutin mengonsumsi air hangat.Minuman ini juga dinilai sangat baik untuk membantu tubuh meredakan kram otot. Sebab, air hangat dapat membantu otot terasa lebih rileks sehingga rasa sakit akibat kram bisa berkurang.

Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat setelah bangun tidur akan membantu menurunkan berat badan. Sebab, cairan tubuh yang cukup baik untuk sistem pencernaan. Jika pencernaan lancar, maka penyerapan nutrisi di tubuh pun akan berlangsung lebih baik.Hal ini membuat orang yang minum air putih di pagi hari tidak akan mudah lapar dan mencegahnya terlalu banyak makan. Suatu manfaat yang sangat menguntungkan bagi Anda yang sedang diet.

Dapat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang lancar akan membuat tekanan darah berada di angka yang normal dan jantung menjadi lebih sehat.Manfaat yang satu ini bisa didapatkan karena dengan minum air hangat setelah bangun tidur, pembuluh darah akan melebar sehingga aliran darah ke seluruh tubuh bisa semakin lancar.

Dapat Mencegah Penuaan Dini

Satu lagi manfaat minum air putih di pagi hari yang bisa Anda dapatkan, yaitu bisa mencegah penuaan dini. Manfaat ini bisa didapatkan karena air hangat dipercaya bisa memperbaiki elastisitas sel-sel kulit, sehingga membuat kulit terlihat lebih muda.

Dapat Menyehatkan Kulit dan Rambut

Dehidrasi juga bisa membuat kulit menjadi kering dan rambut menjadi lebih rapuh. Sehingga, jika Anda rutin minum air putih, kedua masalah tersebut bisa teratasi secara alami. Kulit menjadi lebih lembap dan sel-sel rambut menjadi lebih kuat.

Dapat Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Jika Anda rutin minum air hangat di pagi hari, maka asam yang biasanya menyebabkan bantu ginjal, bisa larut. Selain mencegah terbentuknya batu ginjal, peluang terjadinya penyakit kronis seperti infeksi kandung kemih juga akan berkurang.

Dapat Menurunkan Kadar Stres di Tubuh

Rutin mengonsumsi air hangat di pagi hari telah dikaitkan dengan menurunnya kadar stres pada seseorang. Sebab, air hangat bisa membantu meredakan kecemasan dan meningkatkan tingkat relaksasi di tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0