Inilah 9 obat sakit perut alami dan ampuh untuk perut melilit.
Photo by cottonbro on Pexels.com
in

9 Obat Sakit Perut Alami dan Ampuh untuk Perut Melilit

Berbagai Obat Sakit Perut Alami dan Cara Mengatasi Sakit Perut

Katalogue.id – Inilah 9 obat sakit perut alami dan ampuh untuk perut melilit. Rasa sakit perut melilit yang muncul secara tiba-tiba dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari gangguan pencernaan hingga kontraksi otot seperti yang dialami wanita saat menstruasi.

Ada beberapa obat sakit perut alami yang diketahui dapat membantu meredakan gejala. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan apa yang kira-kira menjadi penyebab sakit perut melilit.

Selain sensasi nyeri, sakit perut dan gangguan pencernaan juga bisa menyebabkan pengidapnya mengalami keluhan, seperti:

  • Heartburn atau refluks asam
  • Mual
  • Perut kembung
  • Gas lambung
  • Bersendawa, terkadang mengeluarkan cairan atau makanan yang pahit atau berbau busuk
  • Kentut
  • Bau mulut atau bau asam
  • Cegukan atau batuk

Untungnya, kondisi ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan sering kali dapat diatasi hanya dengan pengobatan rumahan.

Obat Sakit Perut Alami

Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami sakit perut dan gangguan pencernaan atau dyspepsia dari waktu ke waktu. Sudah banyak diketahui bahwa bahan-bahan makanan atau rempah tertentu dapat dimanfaatkan menjadi obat-obatan. Bahkan, pengobatan alami ini telah digunakan sejak bertahun-tahun lamanya.

Inilah 9 obat sakit perut alami dan ampuh untuk perut melilit.
Inilah 9 obat sakit perut alami dan ampuh untuk perut melilit. Photo by Sora Shimazaki on Pexels.com

Mengutip dari laman health.detik.com inilah obat sakit perut alami yang bisa Anda coba.

Air Putih

Kadang rasa sakit perut bisa timbul karena aktivitas asam lambung. Untuk sedikit membantu meredakan nyeri, beberapa ahli menyarankan segera minum air putih.

Harapannya air putih dapat menetralisir kandungan asam lambung.

Susu

Obat sakit perut karena produksi asam lambung berlebih berikutnya adalah susu. dr Helmin Agustina Silalahi dari Health Division PT Kalbe Farma menjelaskan sifat susu yang tidak terlalu asam juga bisa mmebantu menetralisir asam lambung.

Namun, perlu diperhatikan apakah seseorang memiliki kondisi intoleransi laktosa. Jangan berikan susu pada pengidap kondisi tersebut karena malah bisa membuat sakit perut semakin menjadi.

“Susu murni dapat dikonsumsi kapanpun selama tidak ada riwayat sensitif terhadap susu maupun kandungannya. Namun jika sudah diketahui ada riwayat tersebut, sebaiknya hindari minum susu atau minum susu bersama makanan lainnya,” kata dr Helmi.

Kayu Manis

Rempah-rempah kayu manis dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami. Studi yang dilakukan oleh peneliti di RMIT University, Australia, menyebut kayu manis bisa memberi efek ‘menyejukkan’ di dalam perut karena mengurangi produksi gas di dalam lambung.

“Kehadiran kayu manis dalam makanan bisa mengurangi gas ini dengan menahan produksi asam lambung dan pepsin di dinding perut,” kata pemimpin studi Profesor Kourosh Kalantar-Zadeh.

Jahe

Jahe sudah terkenal sebagai herba yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit perut. Kandungan di dalam jahe mempunyai manfaat seperti anti radang, mengatasi mual, kembung, gastroprotektif, hingga menjaga imunitas tubuh.

“Semua zat aktif dalam jahe merah bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna, terutama gingerol dan shogaol melalui mekanisme anti peradangan, anti gas, dan mengatasi mual,” kata dr Helmin.

Air Kelapa

Bila sakit dipicu oleh keram otot, maka air kelapa dapat menjadi obat sakit perut alami. Air kelapa memiliki kandungan magnesium dan potasium yang bisa mengurangi keram serta kejang pada otot.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau minuman lainnya untuk membantu meredakan nyeri perut. Ini karena kandungan lidah buaya bersifat antiradang dan juga kaya akan serat.

Serat pada lidah buaya bisa membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga membantu nyeri perut yang mungkin muncul karena konstipasi.

Terapi Panas

Bila sakit perut terjadi karena keram, maka terapi panas bisa dilakukan untuk membantu meredakannya. Letakkan handuk hangat atau botol berisi air hangat pada area perut agar otot-otot yang kejang bisa lebih rileks.

Mandi air hangat juga bisa dilakukan sebagai bentuk terapi.

Kunyit

Kunyit merupakan tanaman herba yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami. dr Helmin menyebut kandungan kunyit dapat membantu menambah lapisan dinding lambung sehingga tidak mudah teriritasi oleh asam lambung.

Biasanya orang-orang mengonsumsi kunyit dalam ramuan yang dicampur herba lainnya, seperti jahe dan juga madu.

Madu

Berdasarkan riset yang dipublikasi di Indian Journal of Medical Research 2013, madu disebut bisa menjadi obat sakit perut alami. Ada beberapa manfaat madu yang diperhatikan peneliti yaitu tinggi antioksidan, antiradang, dan bisa melindungi selaput lendir.

Cara Mengatasi Sakit Perut

Menstruasi, mual, diare adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan sakit perut. Jika terus dibiarkan, aktivitas dan kondisi kesehatan Anda bisa terganggu. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk mengonsumsi obat sakit perut.

Biasanya, sakit perut dibarengi dengan masalah kesehatan yang lain. Mulai dari muntah, perut kembung, frekuensi sendawa meningkat, dan kehilangan nafsu makan. Inilah cara mengatasi sakit perut, yuk simak!

Menghindari Posisi Badan Berbaring

Melansir Medical News Today, saat tubuh dalam posisi horizontal atau berbaring, asam di perut lebih cenderung bergerak mundur dan naik, yang dapat menyebabkan heartburn.

Orang dengan sakit perut harus menghindari berbaring atau tidur setidaknya selama beberapa jam sampai sakitnya berlalu.

Seseorang yang perlu berbaring sebaiknya menopang kepala, leher, dan dada bagian atas dengan bantal, idealnya pada sudut 30 derajat.

Diet BRAT

Dokter mungkin merekomendasikan diet BRAT untuk penderita diare. BRAT adalah singkatan dari Bananas, Rice, Applesauce, and Toast. Makanan ini semuanya bertepung, sehingga dapat membantu mengikat makanan untuk membuat feses menjadi lebih kencang.

Efek ini dapat menurunkan jumlah feses yang dikeluarkan seseorang dan membantu meringankan diare mereka. Karena makanan ini hambar, tidak mengandung zat yang mengiritasi lambung, tenggorokan, atau usus.

Maka dari itu, diet BRAT bisa meredakan iritasi jaringan akibat asam dalam muntahan. Banyak makanan dalam diet BRAT juga tinggi nutrisi seperti potasium dan magnesium dan dapat menggantikan makanan yang hilang karena diare dan muntah.

Menghindari Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dapat mengiritasi tenggorokan, meningkatkan kemungkinan sakit perut. Jika orang tersebut muntah, merokok dapat semakin mengiritasi jaringan lunak yang sudah sakit akibat asam lambung.

Sementara itu, sebagai racun, alkohol sulit dicerna dan dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan lapisan lambung.

Orang dengan sakit perut harus menghindari merokok dan minum alkohol setidaknya sampai mereka merasa lebih baik. Namun, akan lebih baik jika dua hal tersebut dapat dihindari seterusnya.

Menghindari Makanan yang Sulit Dicerna

Beberapa makanan lebih sulit dicerna daripada yang lain, yang meningkatkan risiko sakit perut. Siapa pun yang sakit perut di antaranya harus menghindari makanan yang digoreng atau berlemak Asin atau sangat diawetkan.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0