Cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat.
in

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Cepat

Mata Panda: Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkannya dengan Baik

Katalogue.id – Catat! cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat. Ketika kesibukan yang menguras pikiran dan tenaga mungkin membuat Anda sering begadang. Sehingga menimbulkan lingkaran hitam terbentuk pada bagian bawah mata.

Apabila Anda membiarkan secara terus-menerus, mata panda bisa membuat penampilan Anda tampak lusuh dan lebih tua tentunya membuat Anda tidak percaya diri. Cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda coba ternyata beragam

Mata panda merupakan istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembap. Munculnya lingkar hitam ini umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Penyebab Timbulnya Mata Panda

Mata panda umumnya disebabkan oleh kelelahan atau kurang tidur. Selain kurang tidur, inilah penyebab timbulnya mata panda.

  • Menangis terlalu lama
  • Mengalami dehidrasi
  • Merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol
  • Menatap layar komputer dan gawai terlalu lama
  • Faktor genetik
  • Gangguan tiroid
  • Infeksi kulit
  • Pengobatan tetes mata untuk glaukoma
Cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat.
Cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat.

Bukan hanya tersebut diatas saja, mata panda juga dapat disebabkan oleh proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penipisan kulit dan berkurangnya jaringan lemak serta kolagen.

Hal tersebut akan membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat menonjol, sehingga warna kulit terlihat lebih gelap.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Baik

Mata panda bisa terjadi pada pria maupun wanita bahkan pada anak-anak. Untuk menutupinya, sebagian wanita sering kali menggunakan make up, concealer atau krim.

Meski demikian, pemakaian make up hanya untuk menutupi mata panda, tetapi tidak dapat menghilangkan keluhan. Mengutip dari laman sehatq.com inilah cara menghilangkan mata panda secara alami dengan baik yang bisa Anda lakukan.

Memijat Wajah

Cara menghilangkan mata panda secara alami adalah dengan memijat wajah. Apabila sirkulasi darah di sekitar mata tidak baik, maka kemunculan mata panda sulit dihindari. Untuk melancarkan sirkulasi, Anda bisa memijat area mata dengan lembut.

Melakukan Tidur dengan Posisis Bantal yang Tinggi

Posisi tidur Anda juga dapat memengaruhi penyebab mata panda dapat muncul. Tidur dengan bantal yang disusun ke atas dapat mencegah cairan berkumpul di bawah yang menjadi penyebab wajah tampak membengkak.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami yang paling mudah dan sederhana adalah tidur yang cukup. Kurang tidur atau pola tidur yang buruk dapat menyebabkan wajah Anda secara keseluruhan menjadi kusam dan pucat. 

Akibatnya, jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit jadi terlihat. Selain itu, kurang tidur juga mengakibatkan penumpukan cairan di bawah mata sehingga area mata akan tampak membengkak. 

Dengan tidur yang cukup, tidak hanya membuat mata jadi lebih cerah, melainkan juga memperbaiki kerusakan sel-sel yang terjadi pada kulit. 

Melakukan Kompres dengan Air ES

Cara menghilangkan mata panda secara alami satu ini cukup sederhana. Anda bisa mencelupkan handuk bersih ke air es, lalu letakkan di bawah mata selama 20 menit.Suhu dingin yang diterima kulit dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membantu mengecilkan pembuluh darah. Dengan ini, sirkulasi darah dapat berjalan lebih baik.

Melakukan Kompres dengan Buah Timun

Cara alami menghilangkan mata panda berikutnya adalah mengompres dengan timun. Manfaat mengompres mata dengan timun dapat menenangkan kulit dan menghilangkan pembengkakan di area mata. 

Kandungan air dan vitamin C yang tinggi dalam timun juga dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Cara menghilangkan mata panda dengan timun bisa dilakukan dengan memotong timun yang sudah dibersihkan dengan tipis-tipis, lalu tempelkan ke area mata.

Mengurangi Konsumsi Alkohol dan Kafein

Apabila Anda kerap mengonsumsi alkohol dan kafein, sebaiknya batasi konsumsinya sebagai cara menghilangkan mata panda dengan cepat. Alkohol dan kafein bisa membuat mata panda semakin terlihat jelas.Pasalnya, kedua bahan ini dapat menyebabkan dehidrasi ringan.

Melakukan Kompres dengan Kantung Teh

Kompres dengan kantung teh juga menjadi cara menghilangkan mata panda dengan cepat. Teh mengandung antioksidan dan kafein yang yang dapat menstimulasi sirkulasi darah, menyempitkan pembuluh darah yang melebar, dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit sekitar mata.

Ikuti caranya sebagai berikut:

  • Seduh kantung teh hitam atau teh hijau dengan air panas selama 5 menit. 
  • Setelah itu, diamkan sampai seduhan teh dingin.
  • Masukkan ke dalam kulkas selama 15-20 menit.
  • Letakkan kantung teh yang sudah dingin tersebut di atas mata tertutup selama 10-20 menit.
  • Lalu, bilas wajah dengan air dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0