Buah Tin dengan segudang manfaat bagi kesehatan.
Foto oleh Pixabay dari Pexels
in

Buah Tin Dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Betapa Istimewanya Buah Tin Disebutkan Dalam Al Qur’an

Katalogue.id- Buah Tin dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Buah ara atau buah tin adalah buah unik yang menyerupai tetesan air mata. Ukurannya sebesar ibu jari Anda, berisi ratusan biji kecil, dan memiliki kulit ungu atau hijau yang bisa dimakan. 

Daging buahnya berwarna merah muda dan memiliki rasa yang manis dan lembut. Nama ilmiah untuk buah ara tersebut adalah Ficus carica, buah ini juga hampir mirip dengan buah delima.

Buah tin dan daunnya dikemas dengan nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan potensial. Mereka dapat meningkatkan pencernaan yang sehat, menurunkan risiko penyakit jantung, dan membantu Anda mengelola kadar gula darah.

Kenapa Buah Tin disebut dalam Al Quran?

Dalam Al Quran kerap mendapati kisah-kisah mengenai buah-buahan. Salah satunya ialah Buah Tin. Buah yang namanya termaktub dalam Al Quran ini diketahui sebagai buah tanpa biji. Buah Tin ini konon juga tersebar di wilayah Indonesia.

Berikut ini salah satu penggalan ayat dalam QS. At Tin :

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

Artinya : “Demi buah tin dan buah zaitun”

Tafsir mengenai QS. At-Tin ini dikemukakan oleh beberapa ulama dalam berbagai pendapat. Ada ulama yang menafsirkan bahwa terjemahan dalam QS. At Tin ini merupakan buah tin itu sendiri, namun di sisi lain ada ulama yang menafsirkan bahwa at-tiin di sini ialah julukan untuk nama tempat, seperti masjid, bukit, gunung atau lainnya.

Meski demikian, diturunkannya firman Allah SWT tersebut kemudian memunculkan keingintahuan tentang Buah Tin itu sendiri. Berbagai sumber menyebutkan bahwa Buah Tin merupakan buah yang kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Buah Tin

Buah Tin segar kaya nutrisi namun relatif rendah kalori, menjadikannya tambahan yang bagus untuk makanan sehat. Dikutip dari healthline.com bahwa satu buah tin kecil dengan berat sekitar 40 gram mengandung:

Buah Tin dengan segudang manfaat bagi kesehatan.
Buah Tin dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Foto oleh Studio Layana dari Pexels
  • Kalori: 30
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tembaga: 3% dari Nilai Harian (DV)
  • Magnesium: 2% dari DV
  • Kalium: 2% dari DV
  • Riboflavin: 2% dari DV
  • Tiamin: 2% dari DV
  • Vitamin B6: 3% dari DV
  • Vitamin K: 2% dari DV

Buah Tin segar mengandung beberapa kalori dari gula alami, tetapi memiliki beberapa buah ara adalah camilan rendah kalori yang masuk akal atau sebagai tambahan untuk makanan.

Di sisi lain, buah ara kering tinggi gula dan kaya kalori, karena gula menjadi pekat saat buah dikeringkan. Buah tin juga mengandung sejumlah kecil berbagai macam nutrisi, tetapi buah ini sangat kaya akan tembaga dan vitamin B6.

Tembaga adalah mineral penting yang terlibat dalam beberapa proses tubuh, termasuk metabolisme dan produksi energi, serta pembentukan sel darah, jaringan ikat, dan neurotransmiter. Vitamin B6 adalah vitamin kunci yang diperlukan untuk membantu tubuh Anda memecah protein makanan dan membuat protein baru. Ini juga memainkan peran penting dalam kesehatan otak.

Manfaat Buah Tin

Buah Tin dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Buah tin ini memiliki banyak manfaat potensial, termasuk meningkatkan pencernaan dan kesehatan jantung, serta berpotensi membantu mengelola kadar gula darah. Berikut beberapa manfaat buah tin yang perlu Anda ketahui:

Manfaat Buah Tin Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah tin telah lama digunakan sebagai pengobatan rumahan atau pengobatan alternatif untuk masalah pencernaan seperti sembelit.

Mereka mengandung serat, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melembutkan dan menambahkan kotoran ke tinja, mengurangi sembelit, dan berfungsi sebagai prebiotik – atau sumber makanan untuk bakteri sehat yang mengisi usus Anda.

Manfaat Buah Tin Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah tin dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar lemak darah, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Lebih banyak penelitian pada manusia diperlukan untuk lebih memahami hubungan antara buah tin dan kesehatan jantung.

Manfaat Buah Tin Mengatur Kadar Gula Darah

Satu studi bertanggal dari tahun 1998 pada 10 orang dengan diabetes tipe 1 menemukan bahwa minum teh daun ara saat sarapan mungkin telah menurunkan kebutuhan insulin mereka.

Terlebih lagi, penelitian yang lebih baru menemukan bahwa minuman yang mengandung ekstrak buah ara dosis tinggi memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada minuman tanpa ekstrak buah tin, yang berarti minuman ini akan memiliki efek yang lebih baik pada kadar gula darah.

Namun, buah tin terutama buah tin kering mengandung gula tinggi dan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam jangka pendek. Jika Anda kesulitan mengatur kadar gula darah, sebaiknya batasi asupan buah ara kering.

Manfaat Buah Tin Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buah ara mungkin memiliki beberapa efek menguntungkan pada kulit, terutama pada orang dengan dermatitis alergi – atau kulit kering dan gatal akibat alergi. Namun, sulit untuk menentukan apakah efek positif ini berasal dari ekstrak buah ara atau salah satu ekstrak lain yang sedang dipelajari. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan efek buah ara pada kesehatan kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0