in

Buah Tin Dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Betapa Istimewanya Buah Tin Disebutkan Dalam Al Qur’an

Jenis Buah Tin dan Harganya

Buah tin sendiri banyak ditemukan tumbuh di Asia Barat. Di Indonesia, buah tin juga mulai banyak dikembangkan. Sebagian besar pohon tin berasal dari iklim tropis, karena mereka lebih menyukai panas yang ekstrem dan cocok ditanam di suhu yang rendah.

Buah Tin dengan segudang manfaat bagi kesehatan.
Jenis Buah Tin dan Harganya. Foto oleh PicFoods.com dari Pexels

Adapun ciri dari buah ini yaitu memiliki kulit tipis berwarna hijau atau ungu dengan daging yang sangat lunak. Buah tin juga bisa ditemukan dalam keadaan segar, kering, atau dalam bentuk jus. Berikut jenis-jenis dari buah tin:

The Blue Giant

Jenis buah tin yang pertama yaitu the blue giant. Buah ini memiliki bobot yang cukup besar yaitu 70-80 gram. Buah berwarna merah kebiru-biruan ini memiliki tekstur yang sangat empuk dengan rasa manis yang menyegarkan.

The Blue Giant sendiri merupakan jenis tanaman tropis adaptif yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena memiliki keunggulan dari segi kualitas dan kuantitas. Selain itu, jenis buah tin yang satu ini menghasilkan buah yang lebih banyak dibandingkan jenis buah tin lainnya.

Purple Yordan

Purple yordan menjadi salah satu jenis buah tin yang tak kalah populer dan menjadi unggulan. Buah yang memiliki bobot 50-70 gram ini mempunyai ciri khas berwarna ungu kehitaman dengan rasa manis dan menyegarkan. Karakteristik lainnya yaitu memiliki daun yang membentuk tiga jari.

Itulah yang memudahkan untuk membedakan buah tin purple yordan dengan yang lainnya. Dibalik rasanya yang enak, tak heran jika banyak petani yang kemudian membudidayakan jenis buah tin yang satu ini. Selain itu, buah tin purple yordan juga bisa dibudidayakan dalam pot.

Adriatic

Jenis buah tin yang banyak peminatnya yaitu buah tin Adriatic. Buah tin yang satu ini mempunyai keunikan lantaran memiliki kulit hijau muda dan berwarna merah muda di bagian dalamnya. Pohon tin Adriatik adalah tanaman asli daerah Mediterania.

Karena kandungan gulanya sangat tinggi, buah tin Adriatic biasanya dikeringkan untuk dikonsumsi. Biasanya, jenis buah tin yang satu ini digunakan sebagai hidangan penutup.

Calimyrna

Calimyrna menjadi salah satu jenis buah tin yang memiliki ciri khas berwarna kuning kehijauan di bagian luar dan merah muda di bagian dalam. Buah tin Calimyrna lebih besar jika dibandingkan dengan jenis buah tin lain dan memiliki rasa kacang yang unik dan kuat.

Biasanya, jenis buah tin calimyrna sering dijadikan selai atau topping pada kue. Selain itu, dikonsumsi secara langsung juga tak kalah menyegarkan.

Black Mission

Buah tin black mission mempunyai ciri khas berwarna kehitaman di bagian luar. Sedangkan di bagian dalam berwarna merah muda. Sama halnya dengan buah tin lainnya, black mission ini mempunyai rasa yang sangat manis dan bahkan mengeluarkan air seperti sirup.

Ukuran dari black mission ini terbilang kecil. Meski begitu, buah tin yang satu ini memiliki daging yang renyah dan daging yang begitu halus.

Disebutkan dari berbagai macam sumber bahwa harga buah tin diatas adalah bermacam-macam mulai dari harga Rp. 50.000,- sampai dengan Rp. 200.000,- per kilo gramnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0