Mengetahui cara menghitung masa subur wanita setelah haid.
Photo by cottonbro on Pexels.com
in

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Petunjuk Masa Subur Setelah Haid

Katalogue.id – Mengetahui cara menghitung masa subur wanita setelah haid. Seperti yang Anda ketahui, masa subur seorang wanita sangat penting. Terlebih bagi Anda yang sedang berencana ingin memiliki seorang bayi.

Karena hubungan intim yang dilakukan pada masa subur sangat memungkinkan untuk terjadinya pembuahan, sehingga peluang untuk terjadinya kehamilan pun lebih besar.

Ketika mengalami siklus haid, ada hari-hari tertentu di mana wanita berada di kondisi yang paling subur untuk melakukan hubungan intim secara teratur dan memiliki kesempatan yang besar untuk hamil.

Normalnya siklus haid dapat dihitung sejak hari pertama Anda mengeluarkan darah haid hingga hari terakhir siklus haid, yaitu hari sebelum haid berikutnya dimulai. Panjang siklus haid yang dianggap normal adalah antara 21−35 hari.

Pengertian Masa Subur Pada Wanita

Masa subur ini berkaitan erat dengan ovulasi. Masa subur adalah waktu paling subur untuk terjadinya kehamilan. Sama halnya seperti menstruasi, masa subur wanita terjadi di setiap bulan. Lebih tepatnya, masa subur terjadi sebelum dan saat ovulasi.

Ovulasi sendiri adalah proses pelepasan sel telur (ovum) yang sudah matang dari indung telur (ovarium). Ovulasi umumnya terjadi sekitar 14 hari sebelum periode menstruasi berikutnya dimulai. Perlu Anda ketahui, sekitar 3 hari sebelum ovulasi dan 1 hari saat ovulasi merupakan masa paling subur wanita.

cara menghitung masa subur wanita setelah haid.
cara menghitung masa subur wanita setelah haid. Photo by Polina Kovaleva on Pexels.com

Apabila Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari, kemungkinan ovulasi terjadi pada hari ke-14. Sementara masa paling subur tubuh Anda berkisar di hari ke-12, 13, dan 14. Namun, bila siklus menstruasi Anda berlangsung selama 35 hari, kemungkinan ovulasi terjadi pada hari ke-21.

Sementara masa paling subur Anda ada di hari ke-19, 20, dan 21. Apabila sel telur yang dilepaskan ini berhasil dibuahi oleh sperma, kehamilan akan terjadi. Akan tetapi, jika tidak ada pembuahan oleh sperma, sel telur akan mati dan terjadilah menstruasi.

Masa subur wanita tergantung dari siklus menstruasi yang dimiliki. Adapun setiap wanita mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda. Siklus menstruasi itu sendiri adalah rentang dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama pada menstruasi berikutnya. Namun, rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Beberapa wanita memiliki siklus menstruasi atau haid tidak teratur sehingga sulit untuk mengetahui masa suburnya. Melansir dari laman alodokter.com inilah cara menghitung masa subur wanita setelah haid.

Mengetahui Siklus Terpendek

Sebagai contoh, siklus terpendek menstruasi Anda adalah 27 hari. Kurangi 27 dengan 18 dan hasilnya adalah 9. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

Mengetahui Siklus Terpanjang

Sebagai contoh, siklus terpanjang menstruasi Anda adalah 30 hari. Kurangi 30 dengan 11 dan hasilnya adalah 19. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

Dengan demikian, jika siklus haid Anda rata-rata adalah 27–30 hari, maka masa paling subur Anda adalah pada hari ke-9 hingga ke-19.

Petunjuk Masa Subur Setelah Haid

Haid atau menstruasi dimulai pada hari pertama ketika dinding rahim luruh dan keluar bersama darah dari vagina. Adapun petunjuk masa subur setelah haid yang bisa Anda lakukan, simak yuk!

Meningkatnya Suhu Basal Tubuh 

Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh saat Anda bangun di pagi hari. Normalnya, suhu basal tubuh adalah 35,5–36,6 derajat Celsius. Namun, suhu tersebut akan meningkat ketika Anda sedang dalam masa ovulasi.

Merasakan Nyeri Akibat Ovulasi

Disebutkan jika satu dari lima wanita mengalami nyeri yang berhubungan dengan terjadinya ovulasi pada tubuh. Rasa sakit ini dapat terjadi sebelum, selama, atau setelah masa subur pada wanita.

Gangguan ini dapat menimbulkan rasa sakit yang tajam dan kram. Meski begitu, gangguan ini jarang menimbulkan rasa sakit yang parah.

Terjadi Perubahan pada Air Liur

Dipercaya jika air liur wanita dapat berubah sesuai dengan jumlah hormon estrogen yang ada di dalam tubuhnya. Selama siklus bulanan wanita, ada peningkatan besar dalam estrogen dalam beberapa hari sebelum masa subur tiba dan kenaikan kecil beberapa hari sebelum waktunya tiba.

Munculnya Lendir Serviks

Selama siklus menstruasi wanita, jenis dan jumlah lendir serviks dapat berubah. Lendir ini merupakan sekresi yang dibuat oleh kelenjar di leher rahim. Pada masa subur, lendir serviks atau lendir yang ada di mulut rahim berwarna bening, licin, dan elastis, seperti putih telur mentah.

Namun, cairan yang dihasilkan juga dapat lengket, putih, atau bahkan keruh. Lendir ini berguna untuk mendukung sperma agar dapat mencapai sel telur.

Merasa Bergairah

Ketika sedang dalam masa subur setelah haid, Anda akan merasa dirimu menarik dan lebih bergairah untuk melakukan hubungan intim. Anda pun juga terlihat menarik di mata pasangan, karena tubuh secara alami akan mengeluarkan wangi yang berbeda dari biasanya.


Sampai disini dulu informasi tentang kategori KESEHATAN, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0