Cegah COVID-19, Ini kebutuhan vitamin C per hari.
Photo by Gajendra Bhati on Pexels.com
in

Cegah COVID-19, Ini Kebutuhan Vitamin C per Hari

Ketahui Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Katalogue.id – Cegah COVID-19, Ini kebutuhan vitamin C per hari. Vitamin C alami bisa diperoleh dari berbagai jenis buah dan sayur, seperti jeruk, yuzu, stroberi, raspberry, cabai, brokoli, dan kentang.

Meski demikian, tubuh bisa kekurangan vitamin C. Kondisi ini berisiko terjadi pada orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol, perokok, dan pengguna NAPZA.

Kekurangan vitamin C atau skorbut dapat mengakibatkan anemia, gusi berdarah, dan luka menjadi sulit untuk sembuh. Pada kondisi demikian, tubuh membutuhkan asupan vitamin C tambahan, selain dari makanan.

Di samping vitamin E, mungkin vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang paling dikenal oleh orang Indonesia. Banyak orang Indonesia menganggap vitamin C sebagai solusi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketika Anda kehujanan atau kelelahan, ada saja sahabat atau keluarga yang menganjurkan Anda untuk meminum suplemen vitamin C.

Bolehkah Minum Vitamin C 1000 Setiap Hari?

Cegah COVID-19, Ini kebutuhan vitamin C per hari.
Cegah COVID-19, Ini kebutuhan vitamin C per hari. Photo by PrathSnap on Pexels.com

Kebutuhan vitamin C harian berdasarkan AKG ( Angka Kecukupan Gizi ) memang jauh dari dosis yang ditawarkan macam-macam produk suplemen vitamin. Pasalnya, sel-sel tubuh manusia tidak bisa menyerap kebanyakan vitamin C dalam sehari.

Menurut penelitian dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), tubuh Anda hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C setiap harinya. Lebih dari itu, vitamin C tidak akan diserap alias tidak berguna untuk sel-sel tubuh Anda.

Sebuah penelitian lain dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menghasilkan temuan yang serupa. Manusia hanya mampu mengolah 120 – 200 mg vitamin C setiap hari.

Sementara itu, standar minimal AKG yang disampaikan di atas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda setiap hari. Karena itu, sebenarnya manusia tidak butuh konsumsi vitamin C 1000 mg setiap hari karena kurang manfaat.

Jika pola makan harian Anda tak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C, suplemen vitamin C dengan dosis lebih rendah seharusnya mencukupi. Namun, penting untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin apa pun.

Kebutuhan Vitamin C per Hari

Rata-rata, dalam kondisi sehat, orang dewasa hanya membutuhkan sekitar 90 mg vitamin C per harinya (setara dengan 2 buah jeruk). Meskipun kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda (tergantung dari jenis kelamin dan usia), tetapi tidak membutuhkan dosis sebanyak itu.

Perlu diperhitungkan juga vitamin C yang diserap tubuh dengan yang dikonsumsi. Sekitar 70-90 persen vitamin akan diserap dari 30-180 mg yang masuk ke dalam tubuh. Meski demikian, dosis diatas 1000 mg/hari hanya akan diserap 50 persen saja, sisanya dibuang melalui urine.

Dikutip dari alodokter.com inilah kebutuhan vitamin c per hari untuk setiap orang.

Anak Bayi

UsiaAsupan (mg/hari)
0-6 bulan40
7-12 bulan50
1-3 tahun15
4-8 tahun25
9-13 tahun45

Pria Dewasa

UsiaAsupan (mg/hari)
14-18 tahun75
19 tahun ke atas90

Wanita Dewasa

UsiaAsupan (mg/hari)
14-18 tahun65
19 tahun ke atas75
Ibu hamil80 (≤18 tahun)85 (19 tahun ke atas)
Ibu menyusui115 (≤18 tahun)120 (19 tahun ke atas)

Perlu digaris bawahi bagi Anda perokok, tambahkan 35 mg dari asupan vitamin C harian di atas.

Agar tidak terjadi kelebihan vitamin C, perhatikan batas asupan maksimal vitamin C yang aman berdasarkan usia di bawah ini:

UsiaAsupan (mg/hari)
1-3 tahun400
4-8 tahun650
9-13 tahun1200
14-18 tahun1800
19 tahun ke atas2000

Dosis dan Aturan Pakai Vitamin C

Dosis vitamin C tergantung kepada usia pasien. Berikut adalah takaran penggunaan vitamin C untuk kekurangan vitamin C (skorbut).

Vitamin C tablet

  • Dewasa: 250 mg per hari, dalam 4 dosis terbagi.
  • Anak-anak: 100 mg per hari, dalam 3 dosis terbagi. Dilanjutkan 100 mg per hari sampai gejala reda (1-3 bulan)

Vitamin C suntik

  • Dewasa: 200 mg per hari.
  • Anak usia 5 bulan – 1 tahun: 50 mg per hari.
  • Anak usia 1 tahun – 11 tahun: 100 mg per hari.
  • Anak usia lebih dari 11 tahun: 200 mg per hari.

Efek Samping Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C berdosis tinggi setiap hari bukanlah hal yang baik. Walaupun kelebihannya dibuang oleh tubuh, konsumsi berlebih justru akan dapat menimbulkan penyakit. Inilah efek samping vitamin c apabila dikonsumsi berlebihan.

  • Sakit perut
  • Diare
  • Kram perut
  • Insomnia
  • Heartburn
  • Mual
  • Batu ginjal
  • Katarak (namun jika mengonsumsinya dalam kadar yang tepat setiap hari malah bermanfaat mencegah katarak)
  • Menyerap zat besi dalam jumlah banyak sehingga berbahaya bagi mereka yang menderita hemakromatosis.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0