Daftar menu dan resep MPASI 6 bulan pertama.
Photo by AMSW Photography -Alisha Smith Watkins on Pexels.com
in

Daftar Menu dan Resep MPASI 6 Bulan Pertama

MPASI : Daftar Menu, Resep dan Tanda-tanda Bayi Mulai Diperkenalkan dengan Makanan Padat

Katalogue.id – Inilah daftar menu dan resep MPASI 6 bulan pertama. Bayi yang usianya menginjak 6 bulan memang sudah sewajarnya dikenalkan dengan makanan padat yang merupakan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Akan tetapi, ketika sampai pada masa-masa itu terkadang Anda sedikit bingung mengenai jadwal menu MPASI 6 bulan apa yang sebaiknya diberikan kepada seorang bayi untuk pertama kalinya. Supaya pemberian makanan bisa lebih optimal untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, Anda harus mengetahui informasi secara lengkap untuk bisa dipahami.

Memang bukan hal yang mengherankan, karena jika salah memberikan jadwal menu MPASI 6 bulan terkadang bayi cenderung menolak atau bahkan mengalami gangguan pencernaan.

Ketertarikan bayi pada makanan bisa dikatakan merupakan indikasi dari kesiapannya mengonsumsi makanan padat atau MPASI, namun bisa juga bukan.

Tips Pemberian MPASI Pada Bayi

Ada alasan khusus mengapa pemberian ASI eksklusif hanya berlangsung selama 6 bulan dan harus diberikan bersama dengan makanan pendamping ASI setelahnya. Inilah tips pemberian MPASI pada bayi secara benar.

Daftar menu dan resep MPASI 6 bulan pertama.
Daftar menu dan resep MPASI 6 bulan pertama. Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Pemberian MPASI Secara Tepat waktu

Mengulang hal sebelumnya, makanan pendamping ASI memang ada baiknya diberikan di waktu yang tepat alias tidak terlalu cepat atau lambat. Dengan catatan, hal ini disesuaikan kembali dengan kondisi kesehatan si kecil.

Dalam beberapa kasus tertentu, dokter bisa saja menyarankan Anda untuk memberikan makanan pendamping ASI sebelum 6 bulan.

Pemberian MPASI dari Berbagai Sumber Makanan

Makanan pendamping ASI sebaiknya memenuhi kebutuhan energi, protein, mineral, dan vitamin untuk bayi. Dengan kata lain, berikan menu MPASI yang terdiri atas berbagai sumber makanan.

Pemberian MPASI Secara Aman dan higienis

Segala proses dalam menyimpanan makanan bayi, mengolah, hingga menyajikan makanan padat sebaiknya dilakukan secara aman dan higienis. Artinya, Anda sangat disarankan untuk menggunakan, cara, bahan, serta peralatan MPASI yang aman dan bersih.

Pemberian MPASI Secara Responsif

Sama halnya seperti pemberian ASI, makanan padat yang Anda sajikan untuk si kecil juga sebaiknya mengikuti tanda bayi lapar dan kenyang. Jadi, ada baiknya untuk memberikan makanan saat bayi sedang lapar dan hindari memaksanya makan ketika ia sudah kenyang.

Tanda Bayi Mulai Diberikan MPASI

Sebelum memberikan MPASI, Anda perlu tahu tanda-tanda bayi siap makan. Dikutip dari laman hellosehat.com, berikut ini tanda bayi mulai diberikan MPASI.

  1. Bayi dapat duduk dengan posisi leher tegak serta mengangkat kepalanya sendiri tanpa dibantu.
  2. Bayi memperlihatkan ketertarikan dengan makanan, seperti berusaha meraih makanan yang ada di depannya.
  3. Bayi menunjukkan kemampuan motorik yang baik, seperti mampu menggenggam dan memasukkan makanan atau mainan ke arah mulut.
  4. Bayi condong ke depan dan membuka mulut jika tertarik pada makanan, serta ke belakang dan menutup mulut jika tidak tertarik pada makanan atau tidak lapar.
  5. Bayi terlihat lebih lapar dan tetap menunjukkan tanda masih lapar walaupun sudah diberikan ASI.

Ketika si kecil sudah menunjukkan tanda-tanda ini Anda bisa mulai memberinya MPASI.

Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan Pertama

Setelah usia 6 bulan bayi yang mendapatkan ASI ekslusif semakin sulit memenuhi kebutuhan gizinya jika hanya mengandalkan dari ASI saja. Jadi, 6 bulan adalah usia yang tepat untuk memperkenalkan MPASI pertama untuk bayi. Inilah menu MPASI untuk bayi 6 bulan pertama, yuk simak!

Bubur Kacang Polong

Kacang polong adalah sumber nutrisi yang kecil namun kuat, mengandung vitamin A dan C, zat besi, protein, dan kalsium. Apabila kulit kacang polong membuat teksturnya kurang menarik bagi anak, pastikan untuk menyaringnya agar sehalus mungkin.

Puree Pisang

Sering disebut dengan superfood, pisang kaya akan potasium dan serat. Pisang juga dikenal sebagai salah satu antasida alami dan sangat lembut di perut. Meskipun pisang adalah salah satu MPASI pertama terbaik untuk bayi, berhati-hatilah agar tidak berlebihan. Terlalu banyak pisang bisa menyebabkan sembelit.

Sereal Nasi Merah

Sereal beras adalah salah satu makanan yang paling umum diperkenalkan karena tidak menimbulkan alergi dan mudah dicerna. Mencampurkannya agar mendapatkan tekstur yang agak cair dapat membantu bayi beralih dari makanan yang semuanya cair ke yang lebih padat. Proses yang sama ini dapat diterapkan pada oat yang dipotong kasar.

Puree Avokad

Camilan ini adalah makanan yang mengandung lemak baik dan luar biasa untuk otak bayi dan perkembangan fisiknya. Ditambah lagi, tekstur lembut dari alpukat yang matang sempurna adalah salah satu yang disukai bayi

Puree Ubi Panggang

Ubi jalar sarat dengan vitamin, antioksidan, dan serat, jadi masuk akal jika bayi juga akan mendapat manfaat dari umbi yang lezat ini. membuat pure yang sederhana dengan sedikit air, susu formula, atau ASI akan menjadi MPASI pertama yang enak dan bergizi.

Puree Wortel

Wortel adalah pengantar makanan padat yang bagus karena rasanya yang manis alami dan teksturnya yang menyenangkan. Selain itu, wortel juga menyediakan pasokan antioksidan beta karoten dan vitamin A.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0