Hati-hati! Ini 5 Makanan dan Minuman Pemicu Migrain
Photo by Monica Silvestre on Pexels.com
in

Hati-hati! Ini 5 Makanan dan Minuman Pemicu Migrain

Ini deretan makanan dan minuman yang dapat memicu migrain

Katalogue.id – Migrain berupa sakit kepala yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Termasuk, dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Migrain adalah sakit kepala dalam berbagai intensitas, sering disertai mual dan kepekaan terhadap cahaya dan suara. Migrain terkadang didahului oleh gejala-gejala peringatan.

Pemicunya termasuk perubahan hormonal, makanan dan minuman tertentu, stres, dan olahraga.

Gejala sakit kepala migrain dapat menyebabkan sakit yang berdenyut di satu wilayah tertentu yang intensitasnya dapat bervariasi. Mual dan kepekaan terhadap cahaya serta suara juga merupakan gejala umum.

Obat pencegah dan pereda nyeri dapat membantu mengatasi sakit kepala migrain.

Nah, berikut ini deretan makanan dan minuman yang dapat memicu migrain, seperti: 

1. Kafein

Makanan dan Minuman Pemicu Migrain
Makanan dan Minuman Pemicu Migrain. Photo by Pixabay on Pexels.com

Dikutip dari Healthline, terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala. Makanan dan minuman yang mengandung kafein yaitu kopi, teh dan cokelat.

2. Alkohol

Makanan dan Minuman Pemicu Migrain
Makanan dan Minuman Pemicu Migrain. Photo by Valeria Boltneva on Pexels.com

Alkohol adalah salah satu produk umum yang dianggap memicu migrain. Menurut sebuah studi, lebih dari 35 persen partisipan dengan migrain melaporkan bahwa alkohol adalah salah satu pemicunya.

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang merupakan penyebab utama timbulnya sakit kepala.

3. Cokelat

chocolate beside raspberry
Photo by Lisa Fotios on Pexels.com

Menurut American Migraine Foundation, coklat dianggap sebagai pemicu paling umum kedua untuk serangan migrain setelah alkohol.

Mereka mengatakan itu mempengaruhi sekitar 22 persen orang yang mengalami migrain. Cokelat mengandung kafein dan beta-phenylethylamine, yang dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

4. Makanan yang Mengandung MSG

Monosodium glutamat (MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat, yang secara alami ada di tubuh kita. MSG ditemukan dalam makanan tertentu, dan ada di banyak makanan sebagai aditif makanan. Ini dianggap aman untuk dimakan, tetapi beberapa peneliti menghubungkannya dengan serangan migrain.

American Migraine Foundation mencatat bahwa hal itu dapat memicu episode migrain parah pada 10 hingga 15 persen penderita migrain. Pengawet lain mungkin juga menjadi pemicu pada beberapa orang.

5. Makanan Asin

Makanan asin terutama makanan olahan asin yang mungkin mengandung bahan pengawet berbahaya dapat memicu migrain pada beberapa orang.

Mengonsumsi natrium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan sakit kepala atau serangan migrain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0