Ini cara tidur cepat dalam 30 detik untuk Anda yang susah tidur.
Photo by Tatiana Syrikova on Pexels.com
in

Ini Cara Tidur Cepat dalam 30 Detik untuk Anda yang Susah Tidur

Katalogue.id – Ini cara tidur cepat dalam 30 detik untuk Anda yang susah tidur. Insomnia adalah kondisi saat seseorang susah tidur atau tidurnya tak nyenyak. Insomnia menyebabkan pengidapnya mengalami kelelahan, tidak bertenaga, susah berkonsentrasi, murung, dan produtivitas menurun.

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur cukup. Bahkan, ada yang mengalami kurang tidur, tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, hingga mengalami gangguan tidur.

Biasanya, kondisi ini terjadi karena mengalami kesulitan untuk tertidur. Alhasil, Anda tidak bisa memperoleh sesuai kebutuhan.

Cara Tidur Cepat 30 Detik

Sebuah tinjauan ilmiah tahun 2018 menyebutkan bahwa 1 dari 5 orang mengeluhkan susah tidur alias insomnia. Padahal, tidur malam yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Ini cara tidur cepat dalam 30 detik untuk Anda yang susah tidur.
Ini cara tidur cepat dalam 30 detik untuk Anda yang susah tidur. Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

Dikutip dari sehatq.com inilah langkah menerapkan cara tidur cepat 30 detik, yuk simak!

Melakukan Berbaring Menyamping

Salah satu cara tidur cepat 30 detik bisa dengan berbaring menyamping. Memang, setiap orang mungkin memiliki posisi tidur favoritnya masing-masing. Ada yang suka tidur telentang, menyamping, atau tengkurap.

Pilihlah yang paling membuat Anda merasa nyaman. Namun, penelitian dari The Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice mengatakan bahwa posisi terbaik untuk tidur yang lebih cepat, sehat, dan berkualitas adalah menyamping.

Menggunakan Metode ‘militer’

Cara supaya cepat tidur dalam 30 detik selanjutnya adalah dengan metode ‘militer’. Metode ini dipopulerkan oleh Sharon Ackerman dalam bukunya yang berjudul “Relax and Win: Championship Performance”.

Ackerman mengamati para calon pilot Angkatan Laut Amerika Serikat.Berdasarkan pengamatan Ackerman, diketahui bahwa pilot-pilot tersebut dapat tidur pulas dalam kurun waktu kurang dari 2 menit.

Berikut ini langkah menerapkan metode ‘militer’ sebagai cara agar bisa tidur dalam 30 detik:

  • Pijat lembut otot-otot tubuh mulai dari kepala hingga kaki.
  • Berbaring telentang dan posisikan tangan di samping tubuh.
  • Tarik dan buang napas secara perlahan.
  • Kosongkan pikiran selama 10 detik.

Jika Anda melakukan cara agar cepat tidur di atas dengan benar, seharusnya Anda sudah bisa terlelap dalam waktu 30 detik atau bahkan kurang dari itu.

Menggunakan Metode “4-7-8”

Cara tidur cepat 30 detik berikutnya adalah metode “4-7-8”.Metode “4-7-8” adalah teknik pernapasan yang diklaim cukup efektif untuk membantu seseorang tidur lebih cepat. Bagaimana cara melakukan metode “4-7-8”? Berikut langkah-langkahnya:

  • Baringkan tubuh di atas tempat tidur.
  • Letakkan ujung lidah di langit-langit mulut, dan di belakang dua gigi depan. Jaga agar lidah tetap dalam posisi tersebut
  • Biarkan bibir sedikit terbuka dan mengeluarkan suara mendesing saat Anda mengeluarkan napas melalui mulut.
  • Tutup bibir Anda dan tarik napas tanpa suara melalui hidung, lalu hitung sampai 4.
  • Kemudian, tahan napas selama 7 detik.
  • Setelah itu, buang napas secara perlahan selama 8 detik.
  • Ulangi sebanyak 4 kali sampai tubuh terasa rileks dan rasa kantuk muncul.

Melakukan Progressive muscle relaxation (PMR)

Lakukan relaksasi otot progresif untuk membantu tidur cepat dalam waktu 30 detik. Progressive muscle relaxation (PMR) adalah teknik relaksasi otot yang juga menjadi cara efektif supaya cepat tidur dalam waktu 30 detik.

Metode PMR sangat direkomendasikan bagi Anda yang memang mengidap insomnia jangka panjang. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Angkat alis Anda selama 5 detik untuk mengencangkan otot dahi. Setelah itu, turunkan alis ke posisi semula.
  • Selanjutnya, tersenyumlah untuk mengencangkan otot-otot pipi. Tahan selama 5 detik, kemudian kembalikan ke posisi semula. 
  • Tutup kelopak mata, kemudian julingkan kedua bola mata selama 5 detik. Setelah itu, buka mata dan beri jeda 10 detik sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.
  • Tengadahkan kepala sedikit ke belakang agar Anda dapat melihat langit-langit kamar dengan nyaman. Tahan 5 detik, lalu turunkan kepala ke posisi awal.

Cara supaya cepat tidur tersebut seharusnya bisa membuat Anda mengantuk dan tidur dalam waktu 30 detik atau bahkan kurang dari itu.

Melakukan Cara Berhitung

Cara agar cepat tidur bagi yang susah tidur juga bisa dengan berhitung. Ada sejumlah alasan mengapa berhitung bisa dijadikan sebagai cara agar cepat tidur. Salah satunya, karena aktivitas ini dapat mengusir kecemasan dan pikiran negatif yang kerap menghinggapi pengidap insomnia saat hendak tidur.

Cara melakukan metode ini sangat mudah. Anda hanya perlu berhitung mundur pelan-pelan dari angka 100, dan biarkan rasa kantuk itu muncul dengan sendirinya.

Mendengarkan musik

Cara cepat tidur 30 detik juga bisa dilakukan dengan mendengarkan musik.Alunan irama musik yang menenangkan menurut sejumlah penelitian dapat membantu seseorang bisa tertidur dengan cepat.

Selain itu, penelitian di The Journal of Alternative and Complementery Medicine tahun 2014 mengatakan jika musik membuat seseorang tidur lebih nyenyak.Hampir semua komposisi musik memang memiliki durasi lebih dari 30 detik.

Namun, bukan tidak mungkin Anda akan langsung tertidur saat musik yang didengarkan baru memasuki detik ke-30.

Doa Susah Tidur dan Insomnia

Salah satu doa yang diamalkan oleh Zaid bin Tsabit ketika mengalami sulit tidur tertulis dalam Kitab Ibnu Sunni yang dikutip oleh Imam Nawawi dengan kalimat.

“Lalu saya membacanya, kemudian Allah menghilangkan apa yang saya alami”. Inilah doa susah tidur yang bisa Anda baca.

“Allahumma gharatin nujum wa dahaatil ‘uyun, wa anta hayyun qayyum, la takkhuzuka sinatun wala naumun. Ya hayyu ya qayyum, ahdi’ laili wa anim’aini”.

Artinya:
Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0