Ini manfaat lumut laut, nutrisi, dan cara pemanfaatannya.
Photo by Lachlan Ross on Pexels.com
in

Ini Manfaat Lumut Laut, Nutrisi, dan Cara Pemanfaatannya

Berbagai Manfaat dari Tumbuhan Lumut Laut dan Kandungan Nutrisinya

Katalogue.id – Ini manfaat lumut laut, nutrisi, dan cara pemanfaatannya. Lumut laut adalah tumbuhan laut berduri yang mirip dengan rumput laut dan ganggang lainnya. Varietas yang paling umum dalam produk komersial adalah merah dan sering disebut lumut Irlandia.

Sayuran laut berduri ini dipanen untuk digunakan dalam suplemen kesehatan. Dan juga sebagai bahan pengental dalam makanan komersial. Jika Anda pernah mendengar tentang suplemen lumut laut, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menggunakannya dan apakah ada cara lain untuk mengonsumsi lumut laut.

Lumut laut, yang secara ilmiah dikenal sebagai Chondrus crispus , adalah sejenis alga atau rumput laut. Tumbuh di perairan di sepanjang pantai Atlantik yang berbatu, terutama antara Amerika Utara dan Eropa.

Ini adalah tanaman laut yang dapat dimakan yang mirip dengan rumput laut lainnya , ganggang, dan sayuran laut berdaun lain yang dikenal seperti rumput laut atau dulse. Lumut laut tumbuh dalam berbagai warna, seperti berbagai warna hijau, kuning, ungu, merah, coklat, dan hitam.

Nutrisi Lumut Laut

Ini manfaat lumut laut, nutrisi, dan cara pemanfaatannya.
Ini manfaat lumut laut, nutrisi, dan cara pemanfaatannya. Photo by Fernando Soares on Pexels.com

Rumput laut merah seperti lumut laut mengandung berbagai vitamin dan mineral. Mereka secara alami rendah kalori, lemak, dan gula, dan mengandung sedikit protein nabati.

Satu sendok makan (20 gram) porsi lumut laut Irlandia mentah mempunyai kandungan nutrisi lumut laut sebagai berikut:

  • Kalori: 10
  • Protein: 0,5 gram
  • Jumlah lemak: 0 gram
  • Jumlah karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 0,5 gram
  • Jumlah gula: 0 gram
  • Kalsium: 1% dari Nilai Harian (DV)
  • Besi: 10% dari DV
  • Magnesium: 7% dari DV
  • Fosfor: 2% dari DV
  • Seng: 4% dari DV
  • Tembaga: 3% dari DV

Seperti sayuran laut lainnya, lumut laut juga merupakan sumber yodium alami yang baik, zat gizi mikro yang diperlukan untuk kesehatan tiroid.

Selain itu, rumput laut merah seperti lumut laut penuh dengan antioksidan , yang merupakan senyawa yang membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan oksidatif penyebab penyakit.

Manfaat Lumut Laut Bagi Kesehatan

Ini manfaat lumut laut, nutrisi, dan cara pemanfaatannya. Ada lebih banyak penelitian tentang manfaat kesehatan lumut laut dan ganggang daripada lumut laut itu sendiri. Namun, beberapa manfaat ini mungkin juga berlaku untuk lumut laut karena mereka tumbuh di lingkungan yang serupa.

Simak manfaat lumut laut yang dikutip dari healthline.com sebagai berikut:

Mendukung Kesehatan Tiroid. 

Lumut laut kaya akan yodium, zat gizi mikro yang diperlukan untuk fungsi tiroid yang sehat. itulah manfaat lumut laut yang pertama.

Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat lumut laut yang selanjutnya, satu studi pada salmon menemukan bahwa lumut laut tambahan meningkatkan modulasi kekebalan dan respons kekebalan. Para ilmuwan perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah itu juga mendukung kekebalan pada manusia.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Lumut laut adalah sumber bakteri dan serat hidup yang baik, yang keduanya mendukung mikrobioma usus yang sehat.

Membantu Penurunan Berat Badan

Lumut laut dan mikroalga kaya akan serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam lumut laut yang disebut fucoxanthin meningkatkan metabolisme lemak pada tikus.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat lumut laut berikutnya, beberapa penelitian telah menemukan bahwa lumut laut mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan bertindak sebagai pengencer darah, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0