in

Ini Manfaat Lumut Laut, Nutrisi, dan Cara Pemanfaatannya

Berbagai Manfaat dari Tumbuhan Lumut Laut dan Kandungan Nutrisinya

Meningkatkan Manajemen Gula Darah. 

Satu studi menemukan bahwa senyawa fucoxanthin dalam lumut laut mengurangi gula darah tinggi. Studi lain menemukan bahwa senyawa dalam lumut laut yang disebut alginat mencegah lonjakan gula darah pada babi..

Manfaat Anekdot untuk Kesuburan

Tidak ada bukti ilmiah bahwa lumut laut secara khusus meningkatkan kesuburan pada pria atau wanita. Namun, beberapa orang menggunakannya sebagai pengobatan kesuburan tradisional . Para ilmuwan perlu menyelidiki ini lebih lanjut.

Membantu Membangun Otot

Lumut laut kaya akan protein dengan 6 gram protein per 100 gram lumut laut. Secara khusus, mengandung asam amino yang disebut taurin, yang membantu tubuh membakar lemak dan membangun otot. 

Taurin memiliki kemampuan untuk membuat tubuh membakar lemak daripada karbohidrat selama kardio

Membantu Penyembuhan Luka

Manfaat lumut laut yang tak kalah penting adalah membantu luka agar cepat sembuh. Lumut laut yang kaya akan vitamin K ini bekerja sama dengan trombosit – jenis sel yang dapat membentuk gumpalan atau pembekuan darah.

Vitamin jenis ini ada pada jenis lumut laut mana pun, tetapi kandungan vitamin K pada lumut laut hijau lebih sedikit.

Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Rumput laut juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Apalagi, tubuh manusia tidak dapat memproduksi kalsium dengan sendirinya.

Tidak hanya itu saja, menjaga asupan kalsium juga dapat membantu menjaga fungsi jantung, otot, serta saraf.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit memang perlu dijaga agar kondisi kulit tersebut tidak iritasi ataupun terjadi akibat infeksi. Lumut irlandia ternyata mampu memberikan efek baik pada kesehatan kulit karena sifatnya antimikrobia dan antiinflamasi sehingga sangat cocok untuk menjaga kulit dari segala penyakit kulit.

Kandungan yang baik untuk kesehatan kulit pada lumut tersebut yaitu vitamin A dan magnesium. Kedua senyawa tersebut dapat membantu melembabkan dan menenangkan kulit sambil melawan kerusakan dan infkesi

Cara Menggunakan Lumut Laut

Lumut laut dapat diambil dalam bentuk cairan gel untuk ditambahkan ke smoothie, mangkuk acai Anda, atau bahkan dioleskan langsung ke kulit atau rambut Anda sebagai perawatan yang mencerahkan. 

Lumut laut juga dapat digunakan sebagai pengganti kue untuk telur, yang merupakan cara mudah untuk memasukkan mineral ke dalam makanan Anda melalui pemanggangan, jadi gunakan lumut laut saat Anda memanggang kue, kue, dan muffin. 

Anda juga dapat menggunakannya sebagai roux atau gel pengental dalam biji-bijian seperti beras atau quinoa, farro, atau saat membuat kacang.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0