Ini posisi tidur untuk Ibu hamil, agar bayi tidak sungsang
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels.com
in

Ini Posisi Tidur untuk Ibu Hamil, Agar Bayi Tidak Sungsang

Mengetahui Cara Agar Bayi Tidak Sungsang

Katalogue.id – Ini posisi tidur untuk Ibu hamil, agar bayi tidak sungsang. Banyak juga para ibu hamil bertanya-tanya seperti apa posisi tidur agar bayi tidak sungsang. Pada usia delapan bulan, kebanyakan bayi menundukkan kepalanya sendiri untuk mempersiapkan diri hingga waktu kelahiran yang akan datang.

Sungsang adalah posisi di mana kaki atau bokong janin berada dekat jalan lahir, sementara kepalanya berada di atas rahim. Sekitar 3-4 persen kehamilan diperkirakan mengalami sungsang. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengenali gerakan bayi sungsang di dalam kandungan.

Namun, beberapa terdapat yang menunjukan presentasi sungsang atau berarti bayi belum berbalik ke posisi kepala di bawah (kepala menunduk), melainkan dalam posisi bokong atau kaki di bawah.

Menurut praktek kebidanan, melahirkan bayi sungsang dianggap berisiko bagi ibu dan anak. Akhirnya, metode persalinan yang paling disukai adalah operasi bedah caesar.

Tidak heran, banyak para ibu yang bertanya-tanya tentang posisi tidur agar bayi tidak sungsang untuk menghindari proses persalinan caesar.

Gerakan Bayi Sungsang

Posisi tidur untuk Ibu hamil agar bayi tidak sungsang.
Posisi tidur untuk Ibu hamil agar bayi tidak sungsang. Photo by Amina Filkins on Pexels.com

Ketika kandungan berusia 32–36 minggu, janin biasanya sudah berada dalam posisi siap dilahirkan, yaitu kepala di bagian bawah rahim menuju jalan lahir. Namun, terkadang posisi kepala janin masih berada di rahim atas walau sudah mendekati waktu persalinan.

Berdasarkan posisi janin di dalam kandungan, hamil sungsang terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Frank breech
    • posisi sunsang di mana kedua kaki janin lurus ke atas mendekati kepala dan tubuhnya terlipat menyerupai huruf V.
  • Footling breech
    • posisi sungsang dengan salah satu kaki bersila atau mendekati kepala, sedangkan kaki lainnya mengarah ke bawah dengan lutut tertekuk. Kaki inilah yang nantinya akan keluar terlebih dahulu jika melakukan persalinan normal.
  • Complete breech
    • kedua lutut janin tertekuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0