Inilah 5 manfaat spirulina bagi kesehatan.
Photo by Darina Belonogova on Pexels.com
in

Inilah 5 Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan

Katalogue.id – Inilah 5 manfaat spirulina bagi kesehatan. Spirulina adalah ganggang biru-hijau, dan diyakini sebagai salah satu bentuk kehidupan tertua di Bumi. Setelah dipanen, tanaman ini akan diproses sedemikian rupa hingga menjadi tablet, bubuk, atau minuman, yang dapat Anda konsumsi.

Pertama kali digunakan oleh suku Aztec sebagai penambah daya tahan, spirulina dianggap sebagai makanan super sumber nutrisi lengkap termasuk kadar protein yang sebanding dengan telur. 

Suku Aztec juga menggunakan spirulina untuk mengobati berbagai penyakit, dan legenda mengatakan bahwa utusan kerajaan menggunakan ganggang untuk mempertahankan lari maraton mereka. Penelitian modern mendukung banyak dugaan manfaat mengonsumsi spirulina, dan terus mempelajari potensinya untuk mengobati masalah kesehatan. 

Spirulina memiliki rasa pahit, sehingga orang sering mencampurnya dengan yogurt, jus, dan smoothie untuk meningkatkan rasanya. Spirulina umumnya tersedia sebagai suplemen di toko makanan kesehatan. 

Kandungan Nutrisi Spirulina

Inilah 5 manfaat spirulina bagi kesehatan
Inilah 5 manfaat spirulina bagi kesehatan. Photo by id.pinterest.com

Satu sendok makan spirulina mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan. Yuk simak, kandungan nutrisi spirulina.

  • Kalori: 20
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Karbohidrat: 2 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 0 gram

Spirulina adalah sumber yang baik untuk: 

  •  Tiamin ( vitamin B1)
  •  Riboflavin ( vitamin B2)
  •  Niasin ( vitamin B3)
  •  Tembaga
  •  Besi

Spirulina juga mengandung magnesium . Mineral ini mendukung fungsi normal sehari-hari seperti penggunaan otot dan detak jantung Anda. Ini juga bertanggung jawab untuk memproduksi protein dan menciptakan energi, tetapi kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup makanan mereka.

Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan

Inilah 5 manfaat spirulina bagi kesehatan. Spirulina adalah sumber nutrisi yang kuat. Ini mengandung protein nabati yang kuat yang disebut phycocyanin . Penelitian menunjukkan bahwa ini mungkin memiliki sifat antioksidan , penghilang rasa sakit, anti-inflamasi , dan pelindung otak. 

Berikut ini manfaat spirulina bagi kesehatan yang dikutip dari laman webmd.com, yuk simak!

Mempunyai Sifat Anti-Kanker

Manfaat Spirulina yang pertama, banyaknya antioksidan dalam spirulina memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh. Peradangan kronis berkontribusi terhadap kanker dan penyakit lainnya. 

Phycocyanin – pigmen tanaman yang memberi spirulina warna biru-hijau – telah ditemukan tidak hanya mengurangi peradangan dalam tubuh, tetapi juga memblokir pertumbuhan tumor dan membunuh sel kanker. The kekebalan tubuh-meningkatkan protein sedang dipelajari untuk potensi dalam pengobatan kanker. 

Membantu Kesehatan Jantung

Penelitian telah menemukan bahwa protein dalam spirulina dapat mengurangi penyerapan kolesterol tubuh , menurunkan kadar kolesterol. Ini membantu menjaga arteri Anda membersihkan, mengurangi ketegangan pada jantung Anda yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke karena darah yang membeku. 

Proteinnya juga mengurangi kadar trigliserida . Ini adalah lemak dalam darah Anda yang dapat berkontribusi pada pengerasan arteri, meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes , dan pankreatitis . 

Spirulina meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh Anda juga, yang membantu pembuluh darah Anda rileks. Studi menunjukkan bahwa ini dapat mengurangi tekanan darah Anda , menurunkan risiko penyakit jantung Anda. 

Sebagai Pereda Alergi

Efek anti-inflamasi yang disebabkan oleh antioksidan spirulina dapat membantu penderita alergi yang disebabkan oleh serbuk sari, bulu hewan, dan debu. Satu studi menemukan bahwa gejala seperti hidung tersumbat , bersin, dan gatal berkurang secara signifikan pada peserta.

Hal tersebut menunjukkan bahwa spirulina dapat menjadi alternatif yang baik untuk obat alergi. 

Mendukung Imun Tubuh

Spirulina kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, seperti vitamin E , C , dan B6 . Penelitian menemukan bahwa spirulina juga meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi yang melawan virus dan bakteri dalam tubuh Anda. 

Studi laboratorium menunjukkan bahwa spirulina dapat melawan herpes , flu , dan HIV meskipun lebih banyak penelitian diperlukan untuk menguji efek ini pada manusia. 

Menjaga Kesehatan Mata dan Mulut

Spirulina terkonsentrasi dengan zeaxanthin , pigmen tumbuhan yang dapat mengurangi risiko katarak dan kehilangan penglihatan terkait usia . 

Sifat antibakterinya juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut yang baik. Satu studi menemukan bahwa obat kumur yang ditingkatkan spirulina mengurangi plak gigi dan risiko radang gusi pada peserta. Studi lain menunjukkan itu menurunkan risiko kanker mulut pada orang yang mengunyah tembakau. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0