Inilah 8 manfaat cuka sari apel bagi kesehatan
Photo by cottonbro on Pexels.com
in

Inilah 8 Manfaat Cuka Sari Apel Bagi Kesehatan

Mengetahui Beberapa Khasiat Ampuh dari Cuka Sari Apel

Katalogue.id – Inilah 8 manfaat cuka sari apel bagi kesehatan. Definisi cuka sari apel adalah obat rumahan yang populer. Orang-orang telah menggunakannya selama berabad-abad dalam memasak dan obat-obatan.

Banyak orang mengklaim itu dapat meredakan berbagai keluhan kesehatan, tetapi Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dikatakan penelitian itu. Cuka sari apel memiliki berbagai khasiat yang menyehatkan, termasuk efek antimikroba dan antioksidan.

Untuk membuat cuka sari apel, apel dihancurkan dan diberi ragi. Dengan melakukan ini, gula alami dari apel difermentasi dari waktu ke waktu dan diubah menjadi alkohol (seperti yang Anda lakukan dengan anggur) dikarenakan prosesnya mirip. 

Perbedaannya adalah cuka sari apel difermentasi dua kali – satu kali untuk membuat sari buah beralkohol dan yang kedua kali untuk membuatnya menjadi cuka.

Kandungan Nutrisi Cuka Sari Apel

Inilah 8 manfaat cuka sari apel bagi kesehatan
Inilah 8 manfaat cuka sari apel bagi kesehatan. Photo by Tijana Drndarski on Pexels.com

Cuka sari apel juga merupakan pembangkit tenaga nutrisi. Itu akan menjelaskan beberapa manfaat kesehatan! Mari kita lihat lebih dekat komposisi nutrisi cuka sari apel untuk melihat apa yang membuatnya begitu istimewa. Berikut ini kandungan nutrisi cuka sari apel.

  • magnesium.
  • besi.
  • fosfor.
  • mangan;
  • asam amino.
  • antioksidan.
  • hanya 3 kalori per sendok makan.

Manfaat Cuka Sari Apel

Inilah manfaat minum cuka sari apel bagi kesehatan. Berkat adanya kandungan senyawa yang sangat beragam. Dikutip dari healthline.com berikut ini adalah beberapa manfaat cuka apel bagi kesehatan Anda.

Mengandung Zat Menyehatkan

Cuka sari apel dibuat melalui proses dua langkah,seperti berikut ini:

  • Pabrik mengekspos apel yang dihancurkan ke ragi, yang memfermentasi gula dan mengubahnya menjadi alkohol.
  • Menambahkan bakteri lebih lanjut memfermentasi alkohol, mengubahnya menjadi asam asetat — senyawa aktif utama dalam cuka.

Asam asetat memberi cuka bau dan rasa asam yang kuat. Para peneliti percaya asam ini bertanggung jawab atas manfaat kesehatan cuka sari apel. Cuka sari adalah 5-6% asam asetat. Cuka sari apel organik tanpa filter juga mengandung zat yang disebut ibu, yang terdiri dari untaian protein, enzim, dan bakteri ramah yang membuat produk tampak keruh.

Beberapa orang percaya bahwa ibu bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatannya, meskipun saat ini tidak ada penelitian yang mendukung hal ini.

Sementara cuka sari apel tidak mengandung banyak vitamin atau mineral, ia menawarkan sejumlah kecil potasium . Merek berkualitas baik juga mengandung beberapa asam amino dan antioksidan.

Membantu Membunuh Bakteri Berbahaya

Cuka dapat membantu membunuh patogen, termasuk bakteri. Orang-orang secara tradisional menggunakan cuka untuk membersihkan dan mendisinfeksi, mengobati jamur kuku, kutu, kutil, dan infeksi telinga.

Hippocrates, bapak kedokteran modern, menggunakan cuka untuk membersihkan luka lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Cuka juga merupakan pengawet makanan. Studi menunjukkan bahwa itu menghambat bakteri seperti E. coli dari tumbuh dan merusak makanan.

Jika Anda mencari cara alami untuk mengawetkan makanan Anda, cuka sari apel bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0