Inilah rekomendasi obat sakit gigi anak alami yang ampuh
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels.com
in

Inilah Rekomendasi Obat Sakit Gigi Anak Alami yang Ampuh

Inilah Pilihan Obat Sakit Gigi untuk Anak Anda

Katalogue.id – Inilah rekomendasi obat sakit gigi anak alami yang ampuh. Anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang, karena enamel pada gigi susunya masih cukup lemah. Sakit gigi bisa sangat mengganggu dan membuat buah hati Anda menjadi lebih rewel.

Maka dari itu, orangtua biasanya akan mencari tahu apa saja obat sakit gigi anak yang bisa digunakan untuk meredakan gejala. Selain memperhatikan kandungan dan keefektivannya, ibu juga harus memperhatikan sisi keamanan dalam memilih obat sakit gigi untuk anak.

Sakit gigi pada anak sebenarnya umum dan bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari pembusukan gigi, penumpukan plak, gigi berlubang, gigi tumbuh, atau makanan yang terperangkap di antara gigi.

Selain mengeluhkan gejala, sakit gigi pada anak juga bisa diketahui dengan cara mengecek apakah ada tanda perubahan warna gigi atau melihat gigi yang patah ataupun longgar.

Obat Sakit Gigi Alami untuk Anak

Setelah mengetahui keluhan sakit gigi pada anak, ayah dan ibu bisa mencoba menemukan perawatan dan obat yang dibutuhkan. Ada beberapa jenis perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak, yuk simak!

Inilah rekomendasi obat sakit gigi anak alami yang ampuh.
Inilah rekomendasi obat sakit gigi anak alami yang ampuh. Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Membersihkan Gigi dengan Floss

Selain pengobatan secara medis, orangtua dapat memberikan obat sakit gigi secara alami. Cara ini juga dapat dilakukan beriringan dengan pengobatan medis. Salah satunya dengan membersihkan gigi dengan floss.

Bantu anak menghilangkan sisa makanan yang mungkin terperangkap di antara giginya. Lakukan dengan lembut dan hati-hati saat flossing, karena gusi anak mungkin sensitif.

Kumur dengan Air Garam Hangat

Campurkan sekitar satu sendok teh garam ke dalam secangkir kecil air hangat. Mintalah anak berkumur dengan larutan selama sekitar 30 detik kemudian buang. Ini dapat membunuh bakteri di sekitar area gigi yang sakit dan mendorong penyembuhan lebih cepat. 

Gunakan Kompres Dingin

Oleskan kompres dingin ke pipi luar anak di area yang sakit atau bengkak. Orangtua dapat membuatnya dengan membungkus es dengan handuk atau kain kecil. Cobalah kompres selama 15 menit.

Bawang Putih

Mengompres bagian luar gigi yang sakit dengan bawang putih juga bisa membantu meredakan gejala. Ibu bisa mencoba cara ini, tapi sebaiknya jangan dipaksakan jika Si Kecil merasa tidak nyaman.

Obat Sakit Gigi untuk Anak

Sebagai orangtua tentu merasa sangat sedih ketika melihat sang buah hati menderita sakit gigi. Pasalnya anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang, karena enamel pada gigi susunya masih cukup lemah daripada enamel pada gigi orang dewasa.

Inilah beberapa referensi obat sakit gigi anak yang dikutip dari laman halodoc.com yuk simak!

Parasetamol

Acetaminophen atau paracetamol merupakan salah satu obat sakit gigi yang paling populer. Paracetamol juga dapat meredakan nyeri gusi, sakit kepala, demam, dan meriang yang sering menyertai sakit gigi. Obat ini dapat dibeli tanpa harus menebus resep dokter. 

Meski begitu, pastikan untuk selalu membaca dan mengikuti saran penggunaan yang ada di kemasan obat atau tanyakan pada apoteker.

Obat ini dapat diberikan sebagai pereda sakit gigi pada anak usia 2 bulan ke atas yang lahir setelah usia 37 minggu, jika berat badannya lebih dari 4 kilogram. Dosis parasetamol untuk bayi usia 2-3 bulan berbeda dengan anak yang usianya lebih tua.

Ibuprofen

Selain parasetamol, sakit gigi pada anak juga bisa diatasi dengan mengonsumsi obat ibuprofen. Obat ini termasuk dalam golongan antinyeri NSAID yang bekerja untuk mencegah produksi zat penyebab peradangan dalam tubuh. 

Ibuprofen boleh diberikan sebagai obat sakit gigi pada anak mulai usia 3 bulan jika berat badannya 5 kilogram atau lebih. Hindari memberikan obat ini jika anak memiliki masalah asma, ginjal, dan hati serta gangguan pembekuan darah serta selalu tanyakan dosis obat yang tepat.

Naprex Sirup

Jika terdapat pembengkakan gusi kemungkinan ia mengalami rasa sakit yang cukup hebat, sehingga akan membuat mereka rewel dan sulit menelan makanan. Solusinya Anda dapat memberikan sang buah hati obat yaitu Naprex Sirup.

Di mana Naprex sirup (paracetamol) digunakan untuk menurunkan nyeri sakit gigi pada segala usia, termasuk anak-anak usia 2-12 tahun.

Naprex sirup mengandung paracetamol, yakni obat yang memiliki aktivitas sebagai antipyretic sekaligus analgetic. Sementara pemberian dosis pada anak 2-5 tahun hanya 3-4 x sehari sebanyak 0.5 sendok takar 5 ml.

Di apotek atau toko obat biasanya Naprex sirup tersedia dengan kemasan botol 60 ml syrup dan Naprex drops 15 ml.

Panadol Sirup

Gejala yang biasa dialami anak biasanya ia jadi mudah ngiler, gigi terasa nyeri dan pembengkakan gusi. Berbeda dengan orang dewasa, pemberian obat sakit gigi untuk anak balita lebih membutuhkan perhatian khusus dan tidak boleh sembarangan.

Oleh karenanya harus diberikan obat pereda nyeri sakit gigi yang diformulasikan khusus anak-anak. Anda dapat memberikannya Panadol sirup anak 1-6 tahun dengan kandungan paracetamol.

Panadol sirup bisa digunakan untuk meredakan demam dan nyeri sakit gigi secara efektif bagi anak-anak. Obat yang dalam kemasan berupa botol plastik dan menggunakan childresistantcap serta dilengkapi pipet tetes ini terdapat rasa yang disukai anak.

Pemberian dosis yang disarankan untuk balita usia 2-3 tahun yakni 1 sendok takar 1.5 ml. Sedangkan 4-5 tahun sebanyak 1.5 sendok takar 5 ml.

Asam Mefenamat

Biasanya, obat yang dianjurkan untuk sakit gigi adalah mengandung asam mefenamat untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada sakit gigi.

Asam mefenamat adalah obat golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang berfungsi mengurangi rasa nyeri tingkat ringan hingga sedang, serta peradangan yang ditimbulkan oleh penyakit tertentu.  

Obat jenis ini bekerja dengan cara menghambat kerja zat siklo-oksigenase yang terlibat dalam produksi berbagai bahan kimia tubuh, salah satunya adalah prostaglandin. Sehingga rasa nyeri yang ditimbulkan oleh prostaglandin pun akan berkurang secara perlahan.

Biasanya asam mefenamat untuk sakit gigi tersedia dalam bentuk tablet dan sirup khusus buat anak-anak yang boleh diminum setelah makan.

Cataflam Drops

Rekomendasi obat pereda sakit gigi untuk anak selanjutnya yaitu Cataflam drops.

Di mana Cataflam tergolong ke dalam kelas obat NSAID dan mengandung kalium diklofenac 15 mg di setiap 1 ml berfungsi untuk mengurangi zat dalam tubuh penyebab peradangan maupun pembengkakan karena sakit gigi.

Obat jenis ini termasuk ke dalam kategori obat anti inflamasi non steroid. Dosisnya diberikan berdasarkan kondisi medis dan sebaiknya menggunakan resep dokter. Cataflam punya 2 jenis, yaitu ada bentuk tablet yang khusus orang dewasa dan tetes (drops) untuk anak-anak.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0