Insecure Adalah: kenali gejala, penyebab dan cara mengobati.
Photo by Anete Lusina on Pexels.com
in

Insecure Adalah: Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Mengenal dan Mengetahui Cara Mengobati Insecure

Katalogue.id – Insecure Adalah: kenali gejala, penyebab dan cara mengobati. Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya insecure dalam menjalani sebuah kehidupan.

Mungkin Anda yang sekarang masih duduk di bangku sekolah. Ataupun Anda yang sudah lulus bahkan sampai Anda yang sudah memiliki pekerjaan. Pasti setiap orang memiliki perasaan tersebut didalam dirinya masing-masing.

Entah itu perasaan tidak nyaman akan kegagalan, cemas akan kehidupan di masa depan, dan lainnya. Apabila Anda pernah mengalaminya, lalu apakah yang akan Anda lakukan untuk menghadapi rasa insecure tersebut, merespon dengan hal-hal positif atau malah sebaliknya.

Insecure Adalah

Arti kata insecure sering disangkutkan dengan perasaan yang muncul karena pengalaman tertentu dan biasanya kata ini juga sering disampaikan kepada orang yang keadaannya terlihat tidak percaya diri. Kata insecure dalam bahasa inggris artinya tidak aman.

Insecure Adalah: kenali gejala, penyebab dan cara mengobati.
Insecure Adalah: kenali gejala, penyebab dan cara mengobati. Photo by Liza Summer on Pexels.com

Dilansir dari laman Alodokter.com, arti insecure adalah menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Rasa insecure adalah hal yang normal terjadi pada siapapun. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, mulai yang berasal dari luar atau dari dalam diri sendiri.

Adapun contoh yang berasal dari luar adalah perlakuan dipandang sebelah mata oleh orang lain, bullying atau perlakuan overprotective dari orang tua dan pasangan. Sementara contoh penyebab yang dari dalam adalah perasaan kesepian dan sifat terlalu perfeksionis.

Apa Saja Gejala Insecure?

Sebenarnya, perasaan tidak aman ini normal terjadi dan bisa dialami oleh setiap orang. Namun, bagi sebagian orang lain, perasaan tersebut bisa terjadi terus-menerus dan bertahan lama. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari peristiwa traumatis hingga kondisi sosial atau lingkungan lokal, seperti sekolah, tempat kerja, atau rumah.

Inilah gejala insecure yang bisa terjadi pada seseorang.

Merasa Rendah Diri

Salah satu gejala insecure adalah merasa rendah diri atau memiliki citra diri yang negatif. Merasa rendah diri berarti Anda berpikir buruk tentang diri sendiri atau kemampuan Anda.

Hal tersebut dapat menimbulkan masalah lain, terutama yang menyangkut kesehatan mental. Bicaralah dengan dokter jika Anda merasa rendah diri.

Merasa Perfeksionis

Ketidakmampuan untuk merasa puas dan kebutuhan untuk mengontrol serta menyempurnakan sesuatu hal bisa menjadi tanda insecure. Hal ini bermula dari perasaan bahwa Anda atau penampilan Anda tidak pernah cukup.

Melakukan Isolasi Diri Sendiri

Rasa insecure juga dapat membuat orang menghindari interaksi sosial dengan orang lain dan mengisolasi diri mereka sendiri. Terkadang orang-orang ini lebih suka berinteraksi secara virtual melalui dunia maya yang mereka rasa dapat mereka kendalikan.

Memiliki Kepercayaan Tipis Terhadap Orang Lain

Orang yang merasa tidak nyaman seringkali memiliki kepercayaan yang tipis terhadap orang lain. Hal ini membuat mereka sulit memiliki hubungan yang baik dengan orang lain.

Mengalami Depresi

Rasa insecure dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental. Perilaku atau pemikiran depresif atau rasa cemas sering kali merupakan akibat dari rasa insecure, terutama jika rasa tidak aman itu menghasilkan atau disertai dengan keyakinan dan pola pikir yang salah.

Merasa Prestasi Kerja Buruk

Rasa insecure juga bisa berdampak pada pekerjaan yakni dapat menjadi motivasi bagi beberapa orang, tetapi lebih sering mengakibatkan kinerja yang buruk. 

Hal ini dapat menyebabkan kecenderungan untuk menghindari pekerjaan, niat keluar atau berganti pekerjaan segera setelah dimulai, dan sikap kerja yang buruk.

Apa Saja Penyebab Insecure?

Perasaan insecure bisa dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri seseorang maupun dari luar. Kondisi ini bisa dialami siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Berikut ini penyebab insecure yang terjadi pada seseorang.

  • Berasal dari peristiwa traumatis, krisis, atau kerugian.
  • Bisa terjadi akibat lingkungan seseorang, karena ketidakpastian atau gangguan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Cenderung muncul pada orang dewasa yang orang tuanya mendorong mereka secara berlebihan di masa kanak-kanak. Misalnya, bisa terjadi ketika keinginan orang tua akan kesuksesan anak lebih besar daripada keinginan anak sendiri.
  • Keterikatan, atau hubungan cinta pertama seorang anak juga memainkan peran besar dalam pengembangan insecure. Persaan tersebut bisa terjadi jika orang tua tidak menanggapi kebutuhan anak secara memadai. Bahkan seorang bayi mungkin mengembangkan rasa tidak nyaman karena pelecehan, isolasi atau kesepian sederhana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0