Manfaat niacinamide dan cara penggunaan hingga efek samping.
in

Manfaat Niacinamide dan Cara Penggunaan Hingga Efek Samping

Segudang Manfaat dari Niacinamide Bagi Kesehatan Wajah

Katalogue.id – Catat! manfaat niacinamide dan cara penggunaan hingga efek samping. Niacinamide merupakan salah satu bahan yang biasa ditemukan dalam produk perawatan wajah. Produk perawatan wajah dengan niacinamide banyak dicari karena dikenal ampuh mengatasi masalah kulit wajah.

Niacinamide adalah bentuk dari Niacin atau B3 yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit seperti keriput, mempromosikan kesehatan kulit, dan memberikan manfaat anti-inflamasi. Zat yang satu ini dapat ditemukan dalam kebanyakan jenis perawatan wajah mulai dari pembersih, serum, dan daily cream.

Niacinamide biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti rosacea, jerawat, kulit berminyak, dehidrasi, warna kulit tidak merata, dan hiperpigmentasi. Perlu Anda ketahui bahwa Niacinamide ini cocok bagi semua kulit, Makanya banyak sekali brand skincare yang menjadikan niacinamide sebagai kandungan pada produk yang dibuat.

Rekomendasi Produk yang Mengandung Niacinamide

Manfaat niacinamide dan cara penggunaan hingga efek samping.
Manfaat niacinamide dan cara penggunaan hingga efek samping.

Sebelum membeli produk kecantikan, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah membaca kandungan bahannya. Dari sinilah Anda bisa tahu apakah skin care tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Salah satu kandungan yang paling banyak dicari para remaja wanita adalah niacinamide (niacinamida) atau niasin. Inilah rekomendasi produk yang mengandung niacinamide, diantaranya:

  • The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% Serum
    • Serum ini cocok banget digunakan oleh pemilik kulit berminyak cenderung berjerawat karena mengandung zinc yang dapat mengeringkan jerawat serta mengontrol minyak berlebih.
  • COSRX GALACTOMYCES 95 TONE BALANCING ESSENCE
    • Essence yang mengandung 95% Galactomyces yang berfungsi untuk meratakan warna kulit, mengurangi garis-garis halus, dan membuat kulit menjadi lebih kencang dan halus.
  • Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum
    • Kandungan Niacinamide dalam produk ini diklaim dapat memperkuat lapisan pelindung kulit, sedangkan Beet membantu melawan radikal bebas sehingga serum ini sangat cocok digunakan di negara tropis.

Manfaat Niacinamide Bagi Kulit Wajah

Banyak manfaat niacinamide untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah yang bisa Anda dapatkan bila digunakan secara rutin. Niacinamide adalah kandungan yang mudah ditemukan pada berbagai jenis skincare. Dikutip dari laman sehatq.com inilah manfaat niacinamide bagi kulit wajah.

Dapat Mencegah melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang muncul pada sel penghasil melanin, yakni jenis pigmen pemberi warna kulit. Kanker kulit melanoma diyakini berkaitan erat kerusakan sel akibat paparan sinar UV. 

Selain dari penggunaan produk skincare, Anda bisa melakukan tips kesehatan kulit ini dengan konsumsi suplemen niacinamide. Suplemen niacinamide telah terbukti meningkatkan perbaikan DNA pada kulit yang rusak akibat paparan sinar UV.

Dapat Mengobati jerawat

Fungsi niacinamide adalah dapat membantu mengobati jerawat.Termasuk jerawat parah dan meradang sekalipun, seperti jenis jerawat papula dan pustula. Penggunaan skincare yang mengandung niacinamide secara rutin dapat membantu meredakan jerawat sehingga bekas dan tekstur kulitnya menjadi lebih baik. 

Dapat Mengatasi Peradangan Kulit

Mengatasi peradangan kulit juga menjadi manfaat niacinamide lainnya. Fungsi niacinamide ini dapat membantu mengatasi masalah kulit meradang, seperti eksim, rosacea, jerawat, hingga noda bekas jerawat kemerahan atau kecoklatan.

Dapat Melembabkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat niacinamide adalah melembapkan kulit wajah. Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology membuktikan bahwa niacinamide dapat membantu membangun ceramide (lapisan penghalang lemak) sehingga mempertahankan kelembapan kulit. 

Fungsi niacinamide untuk wajah ini dapat dirasakan oleh semua jenis kulit wajah.Terutama bagi Anda yang memiliki eksim atau kulit yang sudah menua. Niacinamide juga dapat membangun protein di kulit dan mengunci kelembapannya agar mencegah kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan. 

Dapat Mengendalikan Produksi Minyak

Bagi pemilik kulit berminyak, fungsi niacinamide adalah dapat mengendalikan produksi minyak berlebih yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Jenis vitamin B3 ini dapat mencegah cara kerja kelenjar sebasea agar tidak berlebihan dalam memproduksi minyak.Sebab, seperti yang diketahui kalau produksi minyak berlebih dapat menjadi salah satu penyebab jerawat muncul. 

Dapat Mengurangi Kerutan

Sebuah studi juga melaporkan bahwa manfaat niacinamide adalah mengurangi tanda-tanpa penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus. Penggunaan niacinamide dengan kadar 5% dapat membantu mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Dapat Melawan Stres Oksidatif

Fungsi niacinamide kandungan pada skincare dapat membantu membangun sel kulit serta melindunginya dari berbagai paparan stres lingkungan. Misalnya, sinar matahari, polusi udara, atau racun.

Dapat Mengatasi Bekas Jerawat

Berikutnya, manfaat niacinamide adalah mengatasi noda hitam bekas jerawat di wajah. Beberapa studi menemukan bahwa konsentrasi niacinamide 5% dalam produk perawatan kulit dapat digunakan sebagai obat penghilang bekas jerawat.

Manfaat niacinamide ini diyakini dapat terjadi karena adanya peningkatan produksi kolagen. Fungsi niacinamide adalah merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan.

Anda bisa menggunakan produk skincare mengandung niacinamide sebagai obat penghilang bekas jerawat secara rutin. Hasilnya, diyakini dapat dilihat setelah 4 minggu, tetapi tidak lebih dari dua bulan pemakaian.

Dapat Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Manfaat niacinamide yang tak kalah penting bagi kulit adalah melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari sekaligus membangun kembali sel-sel kulit sehat.

Dapat Mengecilkan Pori Kulit

Fungsi niacinamide mampu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tetap halus dengan cara mengecilkan pori-pori kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0