Manfaat plank dan posisi gerakan yang benar.
Photo by Elina Fairytale on Pexels.com
in

Manfaat Plank dan Posisi Gerakan yang Benar

Ketahui Manfaat Gerakan Plank Sebelum Tidur

Katalogue.id – Begini manfaat plank dan posisi gerakan yang benar. Plank ialah gerakan olahraga yang mengharuskan seseorang menempatkan kedua sisi tangannya, termasuk siku, di permukaan lantai atau tanah, kemudian meletakkan bagian tubuh lainnya seperti ingin push-up. Pria atau wanita pun bisa melakukannya, dengan postur yang sama.

Gerakan plank hampir mirip dengan push-up, tapi menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan. Apabila dilihat oleh kasat mata, mungkin olahraga plank mudah dilakukan. Akan tetapi, ketika Anda mencobanya, perut akan terasa seperti tertekan.

Kondisi ini menandakan otot sedang bereaksi terhadap gerakan “papan” tersebut. Latihan ini sangat efektif untuk memperkuat otot yang berada di pusat tubuh Anda (otot inti tubuh), yaitu otot panggul, punggung bawah, pinggang, dan perut. Latihan plank juga efektif jika Anda ingin membentuk perut yang sixpack.

Jangan heran ketika banyak pelatih olahraga yang mengatakan, plank adalah salah satu postur sederhana, tapi fungsional dan praktis.

Posisi Gerakan Plank yang Benar

Perlu Anda ketahui, untuk mendapat manfaat yang maksimal, Anda harus melakukan gerakan plank dengan tepat. Sebelum memulai latihan plank, pastikan Anda memilih tempat latihan yang cukup luas untuk merentangkan tubuh.

Manfaat plank dan posisi gerakan yang benar.
Manfaat plank dan posisi gerakan yang benar. Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Selain itu, gunakan juga matras demi kenyamanan selama melakukan latihan plank. Diktuip dari laman alodokter.com berikut ini adalah panduan posisi gerakan plank yang benar, yuk simak!

  • Tengkurap dengan posisi siku di atas lantai.
  • Letakkan pergelangan tangan di depan tubuh, hingga bahu sejajar dengan siku.
  • Tarik bahu ke atas secara perlahan dan kencangkan bokong.
  • Kencangkan otot perut dengan menarik pusar Anda ke belakang dan pastikan punggung Anda lurus
  • Posisikan kepala menghadap ke lantai atau ke depan.
  • Atur napas agar tetap stabil dan teratur.
  • Usahakan untuk mempertahankan posisi ini selama 30 detik.

Apabila Anda belum kuat untuk melakukan plank dalam waktu yang lama, Anda bisa melakukannya dengan durasi yang lebih pendek terlebih dahulu, misalnya 10–15 detik.

Setelah otot-otot Anda mulai terbiasa, Anda bisa menambahkan durasi plank, hingga maksimal 2 menit. Perhatikan benar-benar cara melakukan plank yang benar.

Manfaat Gerakan Plank untuk Kesehatan

Sebenarnya, masih ada banyak lagi manfaat plank lainnya untuk kebugaran tubuh. Akan tetapi cukup banyak orang yang tidak kuat berlama-lama menahan posisi plank. Inilah manfaat gerakan plank untuk kesehatan.

Dapat Menghindari Nyeri Punggung

Latihan plank dapat mengurangi risiko Anda mengalami nyeri punggung bagian bawah. Seperti yang dikatakan sebelumnya, latihan plank bertujuan untuk melatih kekuatan otot inti tubuh. Otot ini berfungsi untuk menstabilkan tubuh saat melakukan gerakan apa pun.

Jika otot inti tubuh Anda lemah, otot-otot lain di sekitarnya harus bekerja lebih keras untuk menjaga postur tubuh. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, otot lain yang berada di sekitar otot inti tubuh dapat mengalami ketegangan sehingga timbul nyeri punggung bagian bawah.

Dapat Melatih Kekuatan Otot Tubuh

Tanpa banyak gerakan yang rumit, latihan plank sangatlah efisien karena dapat melatih seluruh otot tubuh. Meski fokusnya adalah otot inti tubuh, latihan plank juga melatih kekuatan lengan, bahu, punggung atas, dan kaki Anda.

Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Latihan plank juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh. Gerakan plank dapat memperkuat otot bahu, punggung atas, dan punggung bawah yang berperan besar terhadap postur tubuh. Jika otot-otot ini kuat, tubuh Anda akan terlihat tegak, meski sedang duduk atau berdiri dalam jangka waktu lama.

Dapat Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Kelenturan tubuh juga akan terasah saat Anda melakukan latihan plank. Ketika Anda melakukan latihan inipaha belakang dan telapak kaki akan meregang. Dengan begitu, plank juga bisa menjadi latihan peregangan yang membuat otot kaki Anda lebih lentur dan lincah untuk digunakan.

Dapat Membakar kalori

Latihan plank memang bukan seperti latihan kardio yang bisa membakar banyak kalori sekali dilakukan. Meski begitu, latihan plank yang merupakan latihan kekuatan otot juga dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh. Bahkan, efek ini bisa bertahan sampai setelah Anda selesai melakukann latihan plank.

Banyaknya kalori yang dibakar selama latihan tergantung pada berat badan Anda dan berapa lama Anda melakukan latihan plank. Biasanya, orang dengan berat badan sekitar 68 kg bisa membakar 3 kalori/menit saat melakukan latihan plank.

Apa Manfaat Gerakan Plank Sebelum Tidur?

Melakukan plank tentu dapat kamu lakukan sebelum tidur. Dengan gerakan ini, kamu kan mendapatkan manfaat yang mengesankan. Inilah manfaat plank sebelum tidur.

Mengencangkan Lengan dan Paha

Manfaat plank sebelum tidur adalah mengencangkan lengan dan paha. Bukan hanya mengencangkan otot perut sehingga perutmu rata, plank juga melatih kekuatan otot lengan dan paha sehingga lebih kencang dan bebas gelambir. Tubuhmu jadi lebih proporsional dan seksi.

Menurunkan Stres

Manfaat plank bukan hanya bisa membuat tubuhmu seksi, tapi ternyata juga bisa meningkatkan mood dan membuatmu bisa melepas stres setelah lelah bekerja, apalagi jika kamu bekerja dengan duduk berjam-jam.

Melatih Kekuatan Otot Inti

Saat kamu planking, maka kamu melibatkan semua otot inti tubuh. Memperkuat otot inti selain bermanfaat untuk mengecilkan lingkar pinggang juga akan mengecilkan perut.

Metabolisme Tubuh Semakin Meningkat

Planking setiap hari akan membakar kalori lebih banyak daripada latihan otot perut biasa seperti sit up. Plank sangat dibutuhkan untuk kamu yang setiap hari bekerja duduk di depan komputer.


Sampai disini dulu informasi tentang kesehatan, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0