Mengenal perbedaan susu evaporasi dan kondensasi ( susu kental manis)
Photo by GEORGE DESIPRIS on Pexels.com
in

Mengenal Perbedaan Susu Evaporasi dan Susu Kondensasi

Mengetahui Manfaat Dari Susu Evaporasi dan Susu Kondensasi

Katalogue.id- Mengenal perbedaan susu evaporasi dan kondensasi ( susu kental manis). Susu adalah minuman yang selain dapat dikonsumsi secara langsung juga banyak dijadikan sebagai bahan tambahan atau campuran dalam pembuatan berbagai jenis makanan.

Misalnya ketika susu tersebut di fermentasi nantinya akan menciptakan bahan lain, bukan lagi susu melainkan menjadi yogurt hingga keju yaitu makanan hasil olahan dari susu. Jenis susu ini sendiri cukup beragam, diantaranya adalah susu evaporasi yang mungkin banyak yang sudah sering mendengar ada pula susu kondensasi.

Perbedaan Susu Evaporasi dan Susu Kondensasi

Perbedaan utama antara susu evaporasi dan susu kental manis (juga dikenal sebagai susu kental manis) adalah gula tambahannya, tetapi susu kaleng memiliki sejarah yang membuat para pembuat roti frustasi selama beberapa dekade.

Mengenal perbedaan susu evaporasi dan kondensasi ( susu kental manis)
Mengenal perbedaan susu evaporasi dan kondensasi ( susu kental manis). Photo by Adonyi Gábor on Pexels.com

Berikut perbedaan susu evaporasi dan kondensasi yang dirangkum oleh chowhound.com ,Yuk Simak.

Bahan

Susu evaporasi adalah susu sapi dengan 60 persen dari kandungan airnya dibuang sementara manis susu kental telah dimodifikasi dalam proses yang sama dengan susu evaporasi, akan tetapi kemudian gula ditambahkan. Dalam kedua kasus tersebut, stabilisator dan pengawet ditambahkan untuk menjaga produk tetap aman selama masa simpan.

Sejarah

Hingga penemuan pasteurisasi pada tahun 1860-an, susu merupakan produk populer yang terbukti sulit disimpan di rumah untuk jangka waktu yang lama. Susu kental mulai populer pada paruh akhir abad ke-19 setelah ditemukan bahwa mendidihkan susu ke keadaan yang lebih kecil akan membunuh bakteri dan memperpanjang umur simpan.

Eagle Brand membawanya ke pasar sekitar puncak Perang Saudara Amerika, membawa produk yang padat nutrisi (dan aman) kepada tentara dan orang Amerika di rumah. Saat ini, produk susu kental manis digunakan dalam pembuatan kue dan sebagai pengganti susu segar.

Pembuatan

Susu diklarifikasi (dipanaskan hingga suhu terkontrol) untuk jangka waktu tertentu, membunuh bakteri dan organisme yang tidak diinginkan yang tumbuh secara alami di dalam susu. Air berlebih di dalam susu juga akan dibuang selama proses ini, hanya menyisakan produk susu pekat.

Untuk susu kental manis, gula ditambahkan ke susu evaporasi, dengan perbandingan hampir 50/50, lalu didinginkan dan dikalengkan.

Hasilnya, susu kental manis berwarna kental, kaya, dan berwarna putih pucat (hampir krem) sedangkan susu evaporasi memiliki tekstur yang mirip dengan susu skim, dan putih seperti susu segar juga.

Penggunaan

Susu kental manis digunakan dalam makanan penutup di seluruh dunia. Seperti contoh makanan Dulce de leche dibuat dengan merebus susu kental selama berjam-jam. Dan kemudian olesan kental digunakan dalam kue , roti panggang, atau makanan panggang lainnya. Di banyak negara Asia, susu kental manis juga dijadikan favorit untuk mempermanis minuman kopi .

Susu evaporasi (tanpa pemanis) adalah bahan populer untuk resep seperti makanan fudge , pai, dan roti, tetapi dapat menambah kekayaan makanan gurih seperti makaroni keju dan queso juga. Itu juga dapat dilarutkan dengan menambahkan air dan digunakan sebagai susu biasa.

Manfaat Susu Evaporasi dan Susu Kondensasi

Susu Evaporasi

Susu evaporasi merupakan susu tanpa pemanis. Susu ini berasal dari susu sapi dengan sekitar 60 persen kadar air yang dihilangkan dari susu segar. Evaporasi menjadi salah satu cara untuk membuat susu sapi tahan lama.

Susu ini dibuat dengan cara dididihkan perlahan di atas api kecil hingga 60 persen kadar air menguap. Hasilnya, susu akan menjadi lebih kental, tebal, dan berkrim.

Susu evaporasi dapat digunakan sebagai campuran untuk membuat mac & cheese atau mashed potatoes. Susu ini juga bisa dipakai sebagai pengganti krim dan memiliki keuntungan karena mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan krim.

Susu Kondensasi

Susu kondensasi dibuat dengan cara yang hampir sama dengan susu evaporasi. Hanya saja, susu kondensasi ditambahkan dengan gula sehingga disebut juga dengan susu kental manis.

Penambahan pemanis ini membuat nutrisi kesehatan susu kondensasi tidak sebaik susu evaporasi. Susu kental manis dapat digunakan untuk penambah rasa pada makanan penutup sehingga lebih menarik dan manis.

Selain berbeda, dua susu ini juga memiliki persamaan yakni sama-sama dapat disimpan di dapur hingga satu tahun. Setelah kaleng dibuka, simpan di dalam lemari pendingin agar tahan lama. Rekomendasi penggunaan setelah disimpan di kulkas adalah sekitar lima hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0