Mengungkap manfaat daun keji beling, bantu atasi diabetes.
Photo by Min An on Pexels.com
in

Mengungkap Manfaat Daun Keji Beling, Bantu Atasi Diabetes

Daun Pecah Beling dengan Segudang Manfaatnya

Katalogue.id – Mengungkap manfaat daun keji beling, bantu atasi diabetes. Indonesia memang kaya akan obat herbal. Bahkan, banyak obat herbal yang sebenarnya merupakan tanaman liar dan sangat mudah ditemukan. Salah satunya, daun keji beling. Manfaatnya yang paling populer adalah sebagai obat alami penyakit diabetes.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat daun keji beling untuk mengatasi diabetes, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa tanaman ini sebenarnya masih satu keluarga dengan tanaman sambiloto.

Daun keji beling adalah salah satu jenis tumbuhan yang mudah ditemui di Indonesia. Daun yang memiliki nama ilmiah Strobikanthes ini merupakan tanaman yang biasa dijadikan pagar atau pembatas kebun.

Biasanya, tanaman ini akan tumbuh berumpun, karena memiliki cabang ranting dan daun yang banyak.

Kandungan Daun Keji Beling

Melansir dari BMC Complemental Tern Med, keji beli memiliki kandungan senyawa kimia aktif yang bisa dijadikan obat herbal. Inilah kandungan daun keji beling yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengungkap manfaat daun keji beling, bantu atasi diabetes.
Mengungkap manfaat daun keji beling, bantu atasi diabetes. Photo by Miguel Á. Padriñán on Pexels.com
  • Asam galat
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Kafein

Manfaat Daun Keji Beling

Banyaknya kandungan manfaat keji beling, membuat ekstrak tanaman ini kerap dijadikan pengobatan alternatif. Daun keji beling berasal dari Madagaskar, tetapi penyebarannya sudah sampai ke Indonesia. Kini, tanaman liar ini sudah sering dijadikan obat herbal dalam bentuk puyer atau kapsul.

Dikutip dari merdeka.com berikut beberapa manfaat daun keji beling untuk kesehatan.

Mengatasi Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Biasanya, kondisi ini menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderita.

Melansir dari Healthline, diabetes melitus terjadi karena tingginya kadar gula darah yang disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi lain.

Selain itu, glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat memicu terjadinya berbagai gangguan organ tubuh. Salah satu cara mengatasi penyakit diabetes secara alami adalah dengan daun keji beling.

Kandungan senyawa pada daun keji beling berfungsi efektif untuk menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, daun ini juga berperan penting untuk mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

Mencegah Radikal Bebas

Salah satu manfaat daun keji beling untuk kesehatan, yaitu mencegah radikal bebas. Kandungan flavonoid, alkaloid, polifenol, dan tanin berfungsi efektif untuk mencegah radikal bebas yang biasa menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, penurunan penglihatan, hingga kanker.

Mengobati Batu Ginjal

Ginjal merupakan sepasang organ ekskresi dalam vibreta yang memiliki bentuk seperti kacang di area punggung bagian bawah. Ginjal sendiri memiliki beberapa fungsi, seperti menyaring kotoran serta membuangnya bersama air dalam bentuk urin.

Apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik maka dapat menyebabkan gangguan yang disebut penyakit ginjal.

Dilansir dari laman Healthline, beberapa gangguan pada ginjal ini menimbulkan beberapa penyakit komplikasi dalam tubuh, seperti anemia dan gangguan elektrolit. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung harus terus dilakukan upaya pencegahan sejak dini. Salah satunya dengan menjaga pola makan sehat.

Salah satu faktor penyebab penyakit ginjal ialah terjadinya penumpukan zat mineral yang kemudian menjadi batu ginjal. Salah satu cara mengobati batu ginjal yang efektif yaitu dengan mengonsumsi ekstrak daun keji beling.

Sebab, daun keji beling mampu meluruhkan batu ginjal dan meningkatkan kesehatan kandung kemih.

Mencegah Kanker

Manfaat keji beling untuk kesehatan selanjutnya, yaitu mencegah kanker. Sebagaimana kita tahu, kanker merupakan salah satu jenis penyakit paling mematikan di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh.

Daun keji beling memiliki kandungan antioksidan yang berperan penting untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, kandungan senyawa aktif pada daun keji juga mampu menurunkan risiko tumor.

Menurunkan Risiko Depresi

Stres adalah reaksi tubuh saat seseorang menghadapi ancaman. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami tekanan atau suatu perubahan pikiran yang membuat gugup, marah, tidak bersemangat, dan putus asa.

Selain itu, situasi tersebut juga dapat memicu reaksi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Gangguan stres jika tidak segera bisa mengakibatkan depresi, yang bisa membuat suasana hati terus mengalami tekanan dan kehilangan semangat hidup.

Kondisi traumatis ini dapat bersifat objektif maupun subjektif, baik itu karena kekerasan fisik, emosional, hingga kejadian yang bisa mengancam nyawa.

Jika sering mengalami depresi, Anda bisa mengatasinya dengan daun keji beling. Pasalnya, daun keji beling mengandung senyawa yang mampu memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh.

Anda bisa merebus daun keji beling menjadi teh untuk memberikan efek tenang dan nyaman, terutama bagi orang tua atau dewasa yang memiliki banyak masalah dan stres hingga depresi.

Efek Samping Daun Keji Beling

Kandungan kumis kucing di dalam Kejibeling diduga bisa memicu hipotensi. Penggunaan daun kumis kucing juga diduga dapat memperbesar risiko terjadinya peningkatan atau penurunan tekanan darah pada pasien yang sedang menjalani operasi.

Untuk mencegahnya, selalu beri tahu dokter tentang suplemen, obat, atau produk herbal yang sedang Anda gunakan sebelum menjalani operasi. Sebaiknya hentikan konsumsi obat yang mengandung kumis kucing sejak 2 minggu sebelum operasi. Itulah efek samping daun keji beling yang perlu Anda ketahui.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0