obat sakit gusi bengkak ampuh dan cepat kempes
Photo by Engin Akyurt on Pexels.com
in

Obat Sakit Gusi Bengkak Ampuh dan Cepat Kempes

Inilah Beberapa Pilihan Obat Gusi Bengkak yang Ada di Apotik

Katalogue.id – Ini obat sakit gusi bengkak ampuh dan cepat kempes. Ketika mengalami gusi bengkak tentu sangat mengganggu aktivitas. Masalahnya bukan hanya bikin mulut terasa nyeri, akan tetapi juga jadi sulit makan dan minum karenanya.

Bicara pun bahkan jadi sulit karena bengkak pada gusi bergesekan dengan pipi dalam. Gusi yang bengkak biasanya ditandai dengan adanya bagian yang mengalami pembesaran, menonjol, dan menggelembung.

Gusi bengkak biasanya dapat ditangani dengan memberikan perhatian pada kebersihan mulut. Jika Anda kerap mengalami masalah ini, mungkin saja jika sudah mengidap tahapan awal dari penyakit gusi atau gingivitis. Jika masalah ini dibiarkan, Anda dapat mengalami periodontitis.

Seseorang yang mengalami periodontitis dapat mengalami masalah pada jaringan yang menopang gigi dan menahannya. Jika gangguan ini tidak segera tidak diobati, tulang di rahang mungkin rusak dan ruang-ruang kecil dapat terbuka di antara gusi dan gigi, sehingga ditakuti bisa sebabkan kerontokan gigi.

Obat Gusi Bengkak Alami

Saat mengalami pembengkakan pada gusi, Anda mungkin akan menemukan darah yang keluar saat menyikat gigi. Untungnya gigi bengkak yang gejalanya masih ringan bisa diatasi dengan cara sederhana di rumah. Inilah obat gusi bengkak alami yang bisa Anda coba.

obat sakit gusi bengkak ampuh dan cepat kempes.
obat sakit gusi bengkak ampuh dan cepat kempes. Photo by Pavel Danilyuk on Pexels.com

Kumur Dengan Air Garam

Garam adalah obat gusi bengkak yang ampuh. Anda cukup menyiapkan segelas air hangat dan mencampurkan satu sendok garam. Aduk hingga rata dan gunakan untuk berkumur. Gunakan 3 kali dalam sehari agar gusi bengkak dapat sembuh dengan cepat.

Kompres Dengan Es atau Air Hangat

Mengkompres gusi dengan es batu dapat digunakan ketika gusi bengkak tidak disertai nyeri atau berdenyut. Sementara gusi yang disertai nyeri dan berdenyut bisa menggunakan air hangat.

Kumur Dengan Air Lemon

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh gigi yang berlubang. Dengan menggunakan lemon dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, kandungan asam pada lemon berfungsi untuk mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut. Anda dapat berkumur menggunakan perasan air hangat yang telah dicampur perasan lemon dan gunakan 3 kali sehari.

Kumur Dengan Daun Jambu Biji

Cara agar gusi bengkak cepat kempes dapat menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji mengandung anti bakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut. Anda dapat merebus daun jambu biji dan gunakan air tersebut untuk berkumur.

Oleskan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Gunakan belimbing wuluh yang belum matang dan tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian gusi yang bengkak.

Tempelkan Bawang Merah

Kuman penyebab gusi bengkak dapat diatasi dengan bawang merah. Bawang merah mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan satu sendok teh garam, kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak.

Tempelkan Bawang Putih

Bawang putih memiliki manfaat sebagai antiseptik alami untuk membantu mengobati gusi bengkak. Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam. Tumbuk kedua bahan tersebut, kemudian tempelkan pada gusi yang sakit.

Gunakan Minyak Cengkeh

Kandungan yang dimiliki minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan. Anda dapat mengoleskan minyak cengkeh langsung pada gusi bengkak. Selain itu, Anda juga bisa berkumur dengan air yang telah diteteskan minyak cengkeh.

Oleskan Madu Alami

Madu mengandung zat yang dapat meredakan pembengkakan. Cukup oleskan madu pada bagian gusi yang sakit dan lakukan 3 kali hingga bengkak mulai kempes. Pastikan Anda menggunakan madu yang alami.

Oleskan Merica

Merica mengandung anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak. Campur merica dengan garam dan tuang sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada gigi yang sakit penyebab gusi bengkak.

Obat Gusi Bengkak di Apotik

Bengkak kemungkinan besar diakibatkan oleh infeksi yang terjadi pada jaringan gusi. Gusi rentan mengalami pembengkakan yang dapat menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Mengutip dari laman hellosehat.com inilah obat gusi bengkak yang bisa Anda peroleh di apotik terdekat.

Hidrogen Peroksida

Pembengkakan pada gusi dapat ditangani dengan berkumur menggunakan larutan hidrogen peroksida. Larutan antiseptik ini tersedia di apotek atau toko obat terdekat dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

Hidrogen peroksida adalah antiseptik cair yang dapat melawan bakteri penyebab masalah gigi dan gusi, seperti radang gusi dan sariawan. Hidrogen peroksida bekerja mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan area kulit yang terluka.

Bentuk murni cairan ini dapat melukai gusi dan mulut. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengencerkannya terlebih dahulu dengan sedikit air sebelum dipakai untuk berkumur.

Paracetamol

Paracetamol sangat mudah ditemui di warung, toko obat, apotek, hingga swalayan tanpa resep dokter. Obat ini pun aman digunakan oleh segala kalangan, dari bayi di atas 2 bulan, ibu hamil dan menyusui, hingga lansia dalam mengatasi nyeri akibat gusi bengkak.

Meski begitu, perlu diingat juga takaran dosis dan frekuensi minum obat setiap orang mungkin berbeda. Obat ini dapat diminum setiap 4-6 jam sekali sehari.

Pada orang dewasa, dosis aman paracetamol berkisar dari 500 mg (miligram) hingga 1 gram. Sementara untuk bayi usia 2 bulan hingga 2 tahun, dosis aman paracetamol berkisar dari 60-120 mg.

Minum paracetamol sesuai anjuran yang tertera pada label kemasan. Bila Anda ragu tentang dosis paracetamol yang aman, konsultasikan langsung dengan dokter. Orang dengan riwayat penyakit hati dan ginjal serta alergi terhadap paracetamol tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini.

Ibuprofen

Ibuprofen sama efektifnya seperti paracetamol sebagai obat nyeri ketika gusi bengkak. Bedanya, ibuprofen sekaligus meredakan radang penyebab bengkak dan demam yang menyertainya.

Penting untuk dipahami bahwa efek ibuprofen lebih kuat dari paracetamol. Maka, gunakan obat ini dengan hati-hati.

Dosis aman ibuprofen pada orang dewasa berkisar dari 200-400 miligram (mg) diminum setiap 4-6 jam sekali sesuai kebutuhan. Pada anak-anak dosis ibuprofen berkisar dari 4-10 miligram (miligram). Dosis tersebut umumnya aman untuk anak usia 6 bulan hingga 12 tahun dan dapat diminum setiap 6-8 jam sekali.

Minum obat ini setelah makan, sesuai anjuran dan dosis yang ditentukan. Jika dikonsumsi saat perut kosong, ibuprofen dapat memperparah peradangan dan meningkatkan risiko perdarahan di perut.

Segera hentikan pengobatan dan cari bantuan medis jika Anda mengalami efek samping ibuprofen seperti nyeri dada, sesak napas, sakit kepala parah, hingga feses yang berwarna hitam.

Konsultasi ke dokter terlebih dahulu bila saat ini Anda sedang rutin minum obat jantung dan tekanan darah. Ibuprofen mungkin dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang sedang Anda gunakan.

Chlorhexidine

Chlorhexidine adalah obat antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab peradangan dan gusi bengkak. Obat ini harus ditebus dengan resep dokter.

Jenis obat ini memiliki banyak jenis mulai dari bentuk salep, larutan, dan obat kumur. Namun untuk obat gusi bengkak, gunakan varian obat kumur.

Kumur-kumurlah dengan obat ini setelah menyikat gigi. Segera buang larutan bekas berkumur. Hindari juga makan dan minum setelah berkumur agar obat dapat bekerja secara optimal.

Beri tahu dokter sebelum pakai obat ini bila Anda baru saja melakukan perawatan gigi seperti, veneer gigi, pasang gigi palsu, atau menambal gigi bolong. Begitu pula bagi Anda yang punya riwayat penyakit gusi periodontitis.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0