Cara mengetahui ciri-ciri mata minus.
Photo by YURI MANEI on Pexels.com
in

Sebelum Pakai Kacamata Ketahui Ciri-ciri Mata Minus

Mengatasi Mata Minus dengan Cara Alami

Katalogue.id – Inilah cara mengetahui ciri-ciri mata minus. Mata manusia merupakan organ sensorik utama yang memberi reaksi pada cahaya dan mengirimkan informasi visual ke otak. Berbeda dengan pandangan umum, mata tidak berbentuk bola yang sempurna, namun terdiri dari dua bagian utama yang menyatu.

Bagian depan mata yang transparan dan berbentuk cembung disebut kornea. Kornea terhubung langsung ke bagian mata yang lebih besar, yaitu skelera, bagian mata yang berwarna putih. Kedua bagian ini disambungkan oleh lingkaran jaringan yang disebut limbus.

Iris atau selaput pelangi terletak di bagian tengah mata, bagian ini yang paling mudah dikenali dari mata. Iris adalah struktur sirkular yang berwarna. Oleh karena itu, warna selaput pelangi biasanya berbeda-beda, coklat, abu-abu, biru, atau hijau.

Apa Saja Gejala Mata Minus ?

Pada mata dengan penglihatan normal, kedua bagian mata yang berfungsi memfokuskan cahaya tersebut memiliki lengkung yang halus seperti permukaan kelereng. Dengan bentuk ini, semua cahaya yang masuk akan dibiaskan (direfraksikan) secara tajam untuk jatuh tepat di retina yang terletak di bagian belakang mata.

Cara mengetahui ciri-ciri mata minus.
Cara mengetahui ciri-ciri mata minus. Photo by Noelle Otto on Pexels.com

Apabila kornea atau lensa mata mengalami perubahan bentuk lengkungan, cahaya yang masuk ke mata tidak akan bisa dibiaskan dengan tepat. Kondisi ini disebut gangguan refraksi. 

Mata minus atau rabun jauh diakibatkan oleh bentuk bola mata yang lebih panjang dari normal atau lengkungan kornea mata yang terlalu cembung. Inilah gejala mata minus yang harus Anda pahami.

  • Sering mengedipkan mata ataupun memicingkan mata sembari mendekati objek demi mendapatkan pandangan yang lebih jelas dan fokus, seperti pada saat menonton TV, membaca, dan semacamnya.
  • Mata menjadi tegang atau lelah ketika dipaksa untuk fokus melihat objek berjarak agak jauh.
  • Mata terlihat memerah dan pedih jika sedang mengalami kelelahan.
  • Penderita mata minus cenderung merasakan pusing atau sakit kepala jika memaksa mata untuk terus – menerus berfokus pada objek.
  • Pandangan menjadi buram atau kabur saat Anda berusaha melihat objek atau benda – benda yang berjarak jauh serta menyipitkan mata terus menerus.
  • Kadangkala kondisi pandangan mata masih cenderung normal pada siang hari, namun ketika malam hari, seringkali Anda tidak bisa melihat dengan jelas, contohnya pada saat mengemudi. Hal ini dapat disebut juga night myopia.
  • Penglihatan kabur saat melihat objek yang jauh Dorongan untuk menyipitkan mata atau menutup sebagian kelopak mata untuk melihat dengan jelas Sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan mata Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan, terutama pada malam hari (rabun senja).
  • Mata terasa perih dan lelah ketika memandang sesuatu terlalu lama
  • Sering tidak sadar terhadap benda yang jauh.

Ciri-ciri Mata Minus

Mata manusia adalah organ yang sangat sensitif, namun dilindungi oleh kelopak dan bulu mata. Pada umumnya, cahaya dari luar harusnya jatuh tepat di retina agar Anda bisa melihat dengan jelas. Namun, kelainan refraksi pada mata minus menyebabkan cahaya jatuh di depan retina mata sehingga benda yang posisinya jauh akan terlihat buram atau tampak kabur.

Beginilah ciri-ciri mata minus yang dikutip dari laman sehatq.com, yuk simak!

Ciri-ciri Mata Minus Pada Orang Dewasa

  • Pandangan jadi kabur atau tidak fokus saat melihat benda atau objek yang jaraknya jauh.
  • Terpaksa memicingkan mata untuk bisa melihat objek yang jauh agar lebih jelas.
  • Sering sakit kepala akibat mata yang terus berkontraksi.
  • Pandangan menjadi kabur saat mengemudikan kendaraan di malam hari.
  • Mata terasa sakit atau sering lelah.

Ciri-ciri Mata Minus Pada Anak-anak

  • Sering memicingkan mata.
  • Saat menonton televisi, selalu duduk mendekat ke layar dengan alasan supaya lebih jelas melihat.
  • Harus duduk di bangku paling depan saat belajar di kelas supaya bisa melihat papan tulis dengan jelas.
  • Kerap tidak jelas melihat keberadaan objek yang letaknya jauh dari pandangannya.
  • Mengedip-ngedipkan mata secara berlebihan.
  • Sering mengusap-usap mata.

Langkah Mengobati Mata Minus yang Alami

Adapun cara untuk mengatasi mata minus, Namun tindakan ini hanya bersifat sebagai pencegahan saja. Bila ditinjau dari segi medis, cara mengobati mata minus atau rabun jauh adalah dengan melakukan operasi lasik. Karena itu, penting untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan mata.

Bagi Anda yang mempunyai mata minus, berikut ini langkah mengobati mata minus yang alami.

Mengonsumsi Makanan Bervitamin

Mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang tinggi vitamin A merupakan salah satu cara menyembuhkan mata minus atau rabun jauh dengan alami. Anda bisa mengonsumsi wortel, minyak hati ikan kod, ubi jalar, ikan salmon, tomat, dan hati sapi.

Melakukan Relaksasi Mata

Melakukan relaksasi mata bisa menjadi satu dari banyak cara untuk mengurangi mata minus secara alami. Anda bisa mencoba menggosokan kedua telapak tangan, lalu meletakkannya langsung pada mata agar mata menjadi lebih rileks.

Mengurangi Intensistas Terhadap Layar

Terlalu lama ada di depan layar monitor dapat meningkatkan miopi, sehingga salah satu cara paling mudah untuk mengurangi mata minus adalah dengan mengistirahatkan mata. Gunakan aturan 20-20-20:

  • Alihkan pandangan pada suatu objek dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter dari posisi mata) selama 20 detik.
  • Lakukan setiap 20 menit sekali.

Melakukan Senam Mata

Untuk menstimulasi otot mata, Anda bisa mencoba melakukan senam mata. Cara paling sederhana melakukan senam mata adalah dengan mengedipkan secara cepat.

  • Cari tempat duduk yang nyaman.
  • Kedipkan mata 10 kali dengan cepat.
  • Setelah itu, tutup mata selama 20 detik.
  • Ulangi hingga 5 sampai 10 kali setiap kali merasa mata sudah lelah.

Memeriksa Kesehatan Mata Secara Berkala

Memeriksa mata dapat mengurangi atau membantu seseorang tahu bagaimana kondisi ataupun kelainan mata yang diderita. Bila mata mulai sensitif terhadap cahaya dan pandangan tidak fokus, segera konsultasi ke dokter. Dengan begitu, tindakan medis bisa dilakukan dengan akurat.

Melakukan Terapi Mentimun di Daerah Mata

Mentimun ini ternyata memiliki kemampuan menyegarkan dan relaksasi. Apabila Anda langsung makan buah ini, Anda akan memiliki 95% kandungan air. Sedangkan, untuk mata bisa memberi efek menenangkan dan digunakan sebagai terapi mata.

Untuk penggunaannya sebagai terapi, cukup potongan timun kecil-kecil dan tempelkan langsung ke mata selama 5-10 menit.

Melakukan Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup bisa menjadi salah satu cara alami mengurangi mata minus. Kekurangan tidur mempunyai efek negatif terhadap kesehatan mata. Oleh karena itu, dengan tidur 8 jam sehari dan tidak memaksakan menatap layar terlalu lama merupakan cara yang tepat agar mata tetap sehat.


Sampai disini dulu informasi tentang kategori kesehatan, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0