Ini cara meninggikan badan sebelum umur 18 tahun.
Photo by Mídia on Pexels.com
in

Sebelum Terlambat, Ini Cara Meninggikan Badan Sebelum Umur 18 Tahun

Tips Meninggikan Badan untuk Menunjang Penampilan Fisik Seseorang

Katalogue.id – Sebelum terlambat, ini cara meninggikan badan sebelum umur 18 tahun. Salah satu hal yang dianggap menunjang penampilan fisik seseorang adalah tinggi badan. Tidak heran, bila banyak orang ingin memiliki badan yang lebih tinggi karena dianggap lebih menarik.

Pada dasarnya, penambahan tinggi bisa terjadi jika lempeng pertumbuhan yang ada di tulang panjang masih terbuka. Lempeng itu terbuka pada usia pubertas, dan umumnya menutup di usia 20 – 21 tahun.

Selain itu, ada berbagai faktor yang juga memengaruhi pertumbuhan tinggi badan seseorang, yakni faktor genetik, asupan gizi, dan faktor eksternal dari lingkungan.

Faktor genetik adalah pengaruh tinggi badan kedua orang tua. Biasanya, dokter anak akan melakukan perhitungan ini dalam pemantauan tumbuh kembang anak.

Apakah Usia 17 Tahun Masih Bisa Tumbuh Tinggi?

Dikutip dari alodokter.com bahwa rata-rata tinggi badan orang berusia 17 tahun ialah berkisar 150 hingga 170 cm.

Ini cara meninggikan badan sebelum umur 18 tahun.
Ini cara meninggikan badan sebelum umur 18 tahun. Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Adapun pencapaian tinggi badan ini bisa saja berbeda-beda tergantung dari beragam faktor, seperti genetik (utamanya dipengaruhi oleh rerata tinggi badan ayah dan ibu), asupan gizi, aktifitas yang dilakukan, juga kondisi kesehatan secara umum.

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan pertumbuhan tinggi badan tidak optimal ialah rerata tinggi badan orang tua yang memang rendah, kurang gizi, kurang stimulasi (misalnya malas olahraga), riwayat cidera pada tulang panjang, mengalami gangguan hormonal, gangguan pencernaan, efek samping konsumsi obat tertentu, melakukan olahraga pembentukan massa otot berlebihan di usia dini, dan sebagainya.

Biasanya, pertumbuhan tinggi badan paling pesat terjadi saat pubertas, yakni sekitar usia 9 hingga 15 tahun. Selanjutnya, pertumbuhan tinggi badan ini akan melambat, namun terus meningkat hingga mencapai puncaknya di usia 19 hingga 21 tahun.

Cara Meninggikan Badan

Perlu Anda ketahui, terdapat banyak cara untuk menambah tinggi badan Anda dengan cepat dan mudah dilakukan sendiri. Namun, cara menambah tinggi badan ini hendaknya dilakukan secara rutin.

Karenanya, berkaitan dengan pertanyaan Anda, masih bisakah Anda tumbuh tinggi di usia Anda sekarang, jawabnya bisa saja. Inilah cara meninggikan badan yang bisa Anda lakukan.

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Cara menambah tinggi badan dengan cepat yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium. Kalsium akan diperlukan untuk membangun kepadatan tulang.

Manusia membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. 99% kalsium tubuh terdapat di tulang dan gigi.

Kalsium sangat penting untuk pengembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Kalsium tersedia secara alami di banyak makanan seperti susu dan produk olahannya, buah, sayur, daging, dan ikan.

Memperbanyak Minum Air Mineral

Air merupakan hal penting yang berikutnya dalam cara menambah tinggi badan dengan cepat. Air sangat penting bagi tubuh. Tubuh mengandung banyak racun yang perlu dikeluarkan, dan air membantu proses ini.

Saat tubuh bebas dari racun dan memiliki metabolisme yang baik, pertumbuhan tinggi badan dapat meningkat dengan cepat.

Kandungan air mineral yang tinggi dan mudah diserap oleh tubuh membuat air mineral sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang ingin menambah tinggi badan dengan cepat.

Melakukan Tidur yang Cukup

Pada saat tidur, tubuh akan melepaskan HGH saat tidur yaitu hormon yang mendukung pertumbuhan. Produksi hormon ini dan lainnya akan dapat menurun apabila Anda kurang tidur.

Oleh sebab itu, tidur yang cukup merupakan salah satu cara menambah tinggi badan dengan cepat. Ini karena hormon pertumbuhan melakukan tugasnya menebalkan dan memperpanjang tulang selama tidur nyenyak.

Mengkonsumsi Suplemen

Suplemen dapat digunakan sebagai solusi cara menambah tinggi badan dengan cepat. Namun, sebelum mengonsumsinya, penting untuk konsultasikan penggunaan suplemen tersebut pada dokter.

Misalnya, jika kamu memiliki kondisi yang memengaruhi produksi hormon pertumbuhan (HGH), dokter dapat merekomendasikan suplemen yang mengandung HGH sintetis.

Memperhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur yang benar juga akan mempengaruhi pertumbuhan badan Anda. Beberapa posisi tidur yang salah justru malah membuat badan bungkuk dan menghambat pertumbuhan tulang.

Posisi tidur yang baik untuk penambahan tinggi badan menghadap ke atas dengan posisi terlentang tanpa memeluk guling.

Melakukan Peregangan

Cara menambah tinggi badan yang selanjutnya adalah dengan rutin melakukan rutin peregangan. Peregangan atau stretching adalah salah satu cara mudah untuk menambah tinggi badan.

Olahraga akan sangat penting berperan untuk mendapatkan tinggi badan yang baik karena pertumbuhan dirangsang ketika tubuh diregangkan. Tujuan dari peregangan adalah agar otot-otot menjadi lemas dan nyaman.

Latihan ini biasanya dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga. Melakukan peregangan setelah bangun tidur juga merupakan salah satu cara menambah tinggi badan. Ada banyak gerakan peregangan sederhana yang bisa dilakukan setiap hari.

Melakukan Olahraga Renang

Pada saat berenang, hampir semua otot di bagian tubuh akan mengalami pergerakan. Hal itu juga akan memacu pertumbuhan tulang dengan cepat. Itulah sebabnya berenang merupakan cara menambah tinggi badan dengan cepat yang efektif dilakukan.

Berenang merangsang pelepasan hormon pertumbuhan oleh kelenjar hipofisis yang mempromosikan peningkatan tinggi badan.

Berenang secara rutin merangsang produksi laktat dan nitrat oksida dalam tubuh, dua komponen yang merangsang sekresi hormon pertumbuhan.

Melakukan Lompat Tali

Saat melakukan lompat tali, tubuh secara otomatis akan meregangkan tulang belakang dan otot-otot punggung. Tekukan lutut secara konstan saat melompat menyebabkan otot betis mengembang secara vertikal.

Lompat tali juga menambah massa tulang dengan membuatnya lebih panjang. Lakukan kegiatan lompat tali selama 15 menit setiap hari agar tinggi bertambah dengan cepat.

Melakukan Gerakan Menendang

Gerakan menendang akan mampu membuat otot dan tulang akan tertarik sehingga akan merangsang pertumbuhan tulang dan kaki dengan cepat. Sebaiknya, lakukan gerakan menendang ke depan secara bergantian dengan kaki kanan dan kiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0