Segudang manfaat konsumsi kunyit untuk kesehatan
Photo by Karl Solano on Pexels.com
in

Segudang Manfaat Konsumsi Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit yang Bagus Untuk Kesehatan Anda

Katalogue.id- Segudang manfaat konsumsi kunyit untuk kesehatan. Kunyit atau dengan nama ilmiahnya adalah Curcuma longa, merupakan bumbu kuning cerah yang digunakan di seluruh Asia selama berabad-abad. Dalam beberapa dekade terakhir telah dianut oleh budaya barat.

Kunyit bisa dibilang salah satu rempah-rempah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, terbukti dari banyaknya nama yang diadopsi oleh penduduk setempat; yaitu ukon, kunyit india, kurkum, jahe kuning dan kunyit basah.

Bukan hanya karena kemampuannya untuk memuaskan nafsu makan, tetapi juga karena daftar manfaat kesehatannya yang mengesankan. Secara harfiah, kunyit adalah bahan yang panas. Tumbuh untuk akarnya, kunyit memiliki sejarah kuno dalam penggunaan dalam masakan, pewarnaan kain, kosmetik dan pengobatan tradisional di Cina dan India.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Segudang manfaat konsumsi kunyit untuk kesehatan. Kunyit dan ramuannya yang kuat, mnegandung kurkumin, memiliki berbagai manfaat kesehatan. Antioksidan berpotensi mencegah penyakit jantung, kondisi mata, dan Alzheimer. Dikutip dari laman nuffieldhealth.com berikut ini manfaat kunyit :

Segudang manfaat konsumsi kunyit untuk kesehatan
Segudang manfaat konsumsi kunyit untuk kesehatan. Photo by Ksenia Chernaya on Pexels.com

Manfaat Kunyit adalah anti inflamasi alami

Peradangan adalah proses yang diperlukan dalam tubuh, karena melawan penjajah berbahaya dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan cedera. Namun, peradangan jangka panjang telah berdampak pada sebagian besar kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker, sehingga harus dikontrol. 

Kurkumin dalam kunyit telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang menghalangi aksi molekul inflamasi dalam tubuh. Studi menunjukkan efek positif kurkumin pada orang yang menderita kondisi seperti rheumatoid arthritis dan penyakit radang usus, antara lain.

Manfaat Kunyit adalah antioksidan kuat

Kurkumin telah terbukti menjadi pemulung radikal bebas oksigen yang kuat , yang merupakan molekul aktif secara kimiawi yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. 

Kerusakan radikal bebas, bersama dengan peradangan, adalah pendorong utama penyakit kardiovaskular, sehingga kurkumin dapat berperan dalam mencegah dan mengelola penyakit jantung. Antioksidan dalam kunyit juga dapat menurunkan risiko katarak , glaukoma, dan degenerasi makula.

Manfaat Kunyit memiliki efek anti kanker

Sejumlah penelitian pada hewan telah menyelidiki pengaruh kunyit terhadap kanker, dan banyak yang menemukan bahwa kunyit dapat memengaruhi pembentukan, pertumbuhan, dan perkembangan kanker pada tingkat molekuler. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi penyebaran kanker dan dapat berkontribusi pada kematian sel kanker. Kunyit dan kurkumin juga dapat melawan efek beberapa karsinogen, seperti zat aditif tertentu yang digunakan dalam makanan olahan.

Manfaat Kunyit dapat membantu mengatasi kondisi kulit

Menurut sebuah penelitian , kunyit terbukti membantu mengurangi gejala kondisi kulit seperti psoriasis ( peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas ) dan eksim ( gangguan pada kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal, dan munculnya ruam merah).

Manfaat Kunyit bisa jadi makanan otak

Ada bukti yang berkembang bahwa kurkumin dapat melewati sawar darah-otak dan dapat membantu melindungi dari penyakit Alzheimer. Ia bekerja untuk mengurangi peradangan serta penumpukan plak protein di otak yang merupakan ciri khas penderita penyakit Alzheimer. 

Studi lain terhadap 60 pasien menunjukkan bahwa kurkumin sama efektifnya dengan antidepresan dalam mengobati depresi, dengan meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (penurunan kadar bahan kimia ini dikaitkan dengan depresi).

Sementara sebagian besar penelitian saat ini dilakukan di laboratorium atau pada hewan, hasilnya menggembirakan, dan rempah-rempah yang luar biasa ini akan terus diteliti sebagai alat yang ampuh dalam meningkatkan kesehatan.

Efek Samping Konsumsi Kunyit Berlebihan

Dalam satu laporan, seseorang yang mengonsumsi kunyit dalam jumlah yang sangat tinggi, lebih dari 1500 mg dua kali sehari, mengalami irama jantung abnormal yang berbahaya. 

Namun, tidak jelas apakah kunyit adalah penyebab sebenarnya dari efek samping ini. Sampai lebih banyak yang diketahui, hindari mengonsumsi kunyit dosis besar. Berikut efek samping apabila kunyit dikonsumsi berlebihan:

Kunyit Saat Diminum Berlebihan

Kunyit mungkin aman bila diminum dalam jangka pendek. Produk kunyit yang mengandung hingga 8 gram kurkumin setiap hari tampaknya aman digunakan hingga 2 bulan, dan hingga 3 gram kunyit tampaknya aman bila digunakan hingga 3 bulan. 

Kunyit biasanya tidak menimbulkan efek samping yang serius. Beberapa orang dapat mengalami efek samping ringan seperti sakit perut, mual, pusing, atau diare. Efek samping ini lebih sering terjadi pada dosis yang lebih tinggi.

Masalah Kandung Empedu

Kunyit dapat memperburuk masalah kandung empedu. Jangan gunakan kunyit jika Anda memiliki batu empedu atau saluran empedu yang tersumbat .

Masalah Pendarahan

Mengkonsumsi kunyit dapat memperlambat pembekuan darah . Ini dapat meningkatkan risiko memar dan pendarahan pada orang dengan gangguan perdarahan.

Masalah Diabetes

Kurkumin, bahan kimia dalam kunyit, dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Gunakan dengan hati-hati pada penderita diabetes karena bisa membuat gula darah terlalu rendah.

Kekurangan Zat Besi 

Mengambil jumlah tinggi kunyit dapat mencegah penyerapan dari besi . Kunyit harus digunakan dengan hati-hati pada orang dengan kekurangan zat besi.

Masalah Infertilitas

Kunyit dapat menurunkan kadar testosteron dan menurunkan pergerakan sperma saat diminum oleh pria. Ini mungkin mengurangi kesuburan . Kunyit harus digunakan dengan hati-hati oleh orang yang ingin memiliki bayi.

Masalah Gangguan Perut

Kunyit dapat menyebabkan sakit perut pada beberapa orang. Ini mungkin memperburuk masalah perut seperti GERD . Jangan mengonsumsi kunyit jika memperburuk gejala GERD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0