Segudang manfaat tanaman fenugreek bagi kesehatan.
Photo by https://pixabay.com/images/id-1049596/
in

Segudang Manfaat Tanaman Fenugreek Bagi Kesehatan

Mengetahui Manfaat, Kandungan Nutrisi dan Efek Samping Tanaman Fenugreek

Katalogue.id – Segudang manfaat tanaman fenugreek bagi kesehatan. Fenugreek adalah ramuan lama digunakan dalam pengobatan alternatif. Ini adalah bahan umum dalam masakan India dan sering diambil sebagai suplemen. Ramuan ini mungkin memiliki banyak manfaat kesehatan.

Fenugreek ( Trigonella foenum-graecum ) adalah tanaman yang tingginya sekitar 2-3 kaki (60-90 cm). Memiliki daun hijau, bunga putih kecil , dan polong yang berisi biji kecil berwarna coklat keemasan. Selama ribuan tahun, fenugreek telah digunakan dalam pengobatan alternatif dan Cina untuk mengobati kondisi kulit dan banyak penyakit lainnya.

Baru-baru ini, telah menjadi bumbu rumah tangga biasa dan agen pengental. Ini juga dapat ditemukan dalam produk, seperti sabun dan sampo. Biji dan bubuk fenugreek juga digunakan di banyak masakan India karena profil nutrisinya dan rasanya yang sedikit manis dan pedas.

Kandungan Nutrisi Tanaman Herbal Fenugreek

Segudang manfaat tanaman fenugreek bagi kesehatan.
Segudang manfaat tanaman fenugreek bagi kesehatan. Photo by IngoNeumann dari Pixabay

Biji fenugreek memiliki profil nutrisi yang sehat, mengandung jumlah serat dan mineral yang baik, termasuk zat besi dan magnesium. Satu sendok makan (11,1 gram) biji fenugreek utuh mengandung 35 kalori dan beberapa nutrisi.

Berikut kandungan tanaman fenugreek :

  • Serat: 3 gram
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Besi: 20% dari Nilai Harian (DV)
  • Mangan: 7% dari DV
  • Magnesium: 5% dari DV

Cara Mengkonsumsi Tanaman Fenugreek

Fenugreek adalah bahan dalam banyak suplemen. Karena formulasi berbeda, dosis yang dianjurkan tergantung pada suplemen. Tidak ada dosis tunggal yang direkomendasikan. Selain itu, dosisnya dapat bervariasi tergantung pada manfaat yang Anda cari.

Sebagian besar penelitian berbasis testosteron hanya menggunakan sekitar 500 mg ekstrak fenugreek, sementara penelitian di daerah lain telah menggunakan sekitar 1.000-2.000 mg. Jika menggunakan biji utuh, dosis sekitar 2–5 gram tampaknya efektif, tetapi bervariasi dari penelitian ke penelitian.

Suplemen umumnya harus diambil sebelum atau dengan makan. Karena ramuan ini membantu mengontrol gula darah , mungkin yang terbaik adalah meminumnya dengan makanan berkarbohidrat tertinggi hari ini.

Selalu ikuti petunjuk dosis pada label . Jika tidak yakin, konsultasikan dengan praktisi kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0