Tentukan menu sahur dengan praktis dan sehat.
Photo by Lisa on Pexels.com
in

Tentukan Menu Sahur Dengan Praktis dan Sehat

Cobalah Beberapa Menu Untuk Semangat Santap Sahur

Katalogue.id- Tentukan menu sahur dengan praktis dan sehat. Ramadhan adalah waktu di mana umat Islam berpuasa dan berdoa agar lebih dekat dengan Allah. Lebih dari 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia berpuasa secara bersamaan. Di dalam bulan ramadhan ada juga tantangan tahunan untuk bangun guna melakukan kegiatan santap atau makan sahur.

Makan sahur bermanfaat untuk penguat ketika melaksanakan puasa di siang hari. Anda memerlukan makanan sahur yang bergizi agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa. Sahur yang disebutkan sebagai akhir malam ini, menjadikan Anda perlu menyiapkan makanan yang praktis agar dapat dikonsumsi dengan mudah saat sedang sahur.

Pilihan Menu Sahur Praktis dan Sehat

Jam makan sahur bisa menjadi kunci kelancaran saat berpuasa. Menu makan sahur yang bergizi seimbang tentunya dapat memberi kekuatan dan energi bagi tubuh untuk terjaga, tidak cepat lelah dan tetap bugar meski berkegiatan dalam masa puasa. Namun, jam makan sahur yang terlalu sempit sering menjadi tantangan untuk dapat menyajikan berbagai macam menu yang mengandung gizi kompleks.

Tentukan menu sahur dengan praktis dan sehat. Maka, perlu juga mempertimbangkan untuk memasak menu-menu sahur yang sederhana, tetapi tetap sehat bagi tubuh sehingga mampu menunjang kelancaran menjalankan ibadah puasa. Dikutip dari blog.sayurbox.com berikut ini menu yang mudah dan praktis untuk dihidangkan.

Menu Sahur Dengan Bahan Daging

Tentukan menu sahur dengan praktis dan sehat.
Tentukan menu sahur dengan praktis dan sehat. Photo by Cristian Rojas on Pexels.com

Rendang Sapi

Menu sahur pertama yang praktis untuk sebulan adalah, rendang sapi. Rasanya yang kaya rempah dan gurih ini membuat rendang sapi sangat cocok Anda hidangkan sebagai menu sahur. Untuk melengkapi rasa nikmat rendang, jangan lupa hidangkan rendang bersama sambal ijo, dan nasi hangat.

Sebagai menu sahur, rendang sangat praktis karena daya tahan makanan asal Padang ini terbilang cukup kuat untuk disimpan di kulkas. Jadi, Anda tidak perlu takut makanannya bakal basi atau jamuran, saat ingin sahur Anda hanya perlu menghangatkannya saja.

Kikil Sapi

Menu sahur praktis untuk sebulan selanjutnya ada kikil sapi. Teksturnya yang kenyal dan lezat membuat menu ini patut disajikan paling tidak sekali dalam sebulan. Patut diwaspadai untuk jangan mengonsumsi menu ini terlalu sering karena kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi dalam kikil.

Udang Goreng Tepung

Hidangan laut menjadi referensi berikutnya yang bisa dicoba jadi menu sahur praktis untuk sebulan berpuasa. Sebelum tidur di malam hari, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan supaya ketika bangun pagi tinggal menggoreng udang tepungnya saja.

Ayam Bakar Madu

Kalau bosan dengan bahan dasar kecap, Anda bisa menambahkan madu di menu ayam bakar saat sahur. Rasa manis yang lebih alami bikin cita rasa ayam menjadi lebih kaya dari yang biasanya. Untuk menyeimbangkan rasa manisnya, Anda bisa menambahkan sambal dan lalapan di sampingnya.

Ayam Goreng Mentega

Ayam goreng mentega jadi menu sahur praktis keempat selama sebulan berpuasa. Tak perlu menyantap menu sahur ini setiap hari, cukup dua atau tiga kali selama sebulan. Pasalnya, kalau keseringan bisa bikin kantong jebol. Baiknya imbangi makanan ini dengan menu sayur seperti brokoli atau bayam sebagai penetralisir kandungan lemak dalam mentega.

Sate Ayam

Kombinasi antara sate ayam dan bumbu kacang yang lezat bikin menu sahur Anda jadi tidak membosankan lagi. Tinggal pilih mau dimakan bersama lontong atau nasi putih hangat. Agar rasanya semasih enak, usahakan membelinya semalam mungkin. Sehingga, ketika sahur tekstur daginya masih enak dan empuk untuk dimakan.

Sop Buntut

Kalau Anda pencinta daging sapi, bisa mencoba sop buntut sebagai menu sahur praktis untuk sebulan ke depan. Jangan suka mengonsumsinya bersama kerupuk emping sebaiknya batasi jumlahnya, karena kurang baik untuk kesehatan.

Telur Balado

Selama berpuasa Anda butuh asupan protein yang cukup untuk tubuh. Salah satu sumber protein yang paling mudah untuk Anda dapatkan adalah protein dari telur. Dimasak dengan cara balado membuat telur jadi lebih nikmat disantap bersama orek tempe dan nasi putih.

Menu Sahur Dengan Bahan Sayuran

Tentukan menu sahur dengan praktis dan sehat.
Menu Sahur Dengan Bahan Sayuran. Photo by Adonyi Gábor on Pexels.com

Sayur Bayam

Sayur bayam menjadi menu makanan paling umum ditemukan di mana pun di Indonesia. Anda dapat dengan mudah membuat sayur bayam, bahannya sederhana dan rasanya nikmat. Bayam mengandung vitamin C dan Beta-caroten yang berkhasiat dalam melindungi sel-sel usus dari efek radikal bebas. Kandungan folate pada bayam juga dapat membantu mencegah mutasi dan kerusakan DNA dalam sel usus.

Sayur Asem

Menu yang sering ditemukan di restoran Sunda atau warteg ini mengandung banyak sayur yang baik untuk menjalani puasa selama seharian penuh. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia.

Nutrisi yang ada pada kacang panjang, kacang tanah, labu siam dan jagung sangat baik memenuhi kebutuhan karbohidrat dan serat harian Anda.

Tumis Tauge

Untuk Anda para laki-laki, wajib makan tumis tauge sesering mungkin supaya tingkat kesuburan semakin meningkat. Selain baik untuk hormon, tauge juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, memelihara kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Tentu saja nutrisi di dalam tauge akan membantu menjaga tubuh tetap sehat. Tambahkan tahu agar tekstur makanannya menjadi lebih kaya.

Cah Kangkung

Untuk membuat menu sahur praktis yang satu ini tak perlu waktu berjam-jam cukup sekitar 15 menitan saja, untuk meracik cah kangkung. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup sederhana seperti bawang merah, bawang putih, penyedap rasa dan tentu sayur kangkungnya itu sendiri. Anda bisa berkreasi dengan menambahkan daging sapi atau ayam ke dalam cah kangkung.

Pecel

Bagi Anda yang tidak mengonsumsi daging, Anda bisa mencoba pecel sayur jadi menu sahur praktis untuk sebulan. Anda bisa membuatnya sendiri atau membelinya. Pastikan ketika membeli pisahkan antara sayur dengan bumbu kacangnya agar makanan bisa tahan lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0