close up photography of woman sleeping
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com
in

Tidur Sehat Tubuh Kuat! Ini Manfaatnya

Langkah dan Manfaat Tidur Sehat

Seperti pada artikel yang sebelumnya, menuliskan tentang dampak kurang tidur. Nah, saat ini kami akan membahas tentang langkah dan manfaat tidur sehat dalam kehidupan sehari – hari. Menurut KBBI, tidur adalah keadaan berhenti (mengaso) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata).

Bagi kita tidur bisa diartikan juga salah satu istirahat terbaik bagi tubuh yang dapat mengembalikan energi. Ketika kita tidur, daya tanggap pasti akan berkurang karena beberapa organ ada yang beristirahat.

Faktanya, manusia hampir menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur dan beristirahat. Tentu saja hal ini masuk akal mengingat setiap harinya kita butuh waktu tidur beberapa jam untuk kembali memulihkan stamina tubuh. Yuk, simak langkah tidur sehat.

Seperti ditulis zurich langkah Tidur Sehat dan Berkualitas adalah

1. Batasi Penggunaan Cahaya

Gunakanlah penutup mata, cahaya dapat mengganggu tidur dengan memengaruhi jumlah hormon tidur melatonin. Mematikan lampu atau menggunakan masker merupakan pilihan baik untuk mendorong relaksasi dan meredakan stres.

2. Cobalah Untuk Rilexs

Lakukanlah pemijatan kaki sebelum tidur yang bisa Anda lakukan sendiri. Lakukanlah kurang lebih selama tiga menit sambil mengulaskan lotion. Pijatan ini dipercaya dapat melancarkan peredaran darah serta membuat tubuh lebih rileks, sehingga membuat Anda tidur lebih pulas.

 3. Jauhkan Gadget Anda

Tidur Sehat Tubuh Kuat! Ini Manfaatnya
Tidur Sehat Tubuh Kuat! Ini Manfaatnya. Photo by Ketut Subiyanto on Pexels.com

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan ponsel dapat membuat Anda terjaga. Cahaya yang dihasilkan dari gadget Anda dapat menyebabkan perubahan zat kimia dalam otak, hingga akhirnya membuat Anda menjadi lebih waspada dan terjaga.

4. Hindari Stres

Selain itu, bagi Anda para pelaku yoga, mungkin tak asing dengan langkah berikut ini yang terdapat pada Yoga Nidra, yaitu tidur saat terjaga. Tekniknya dengan cara berbaring, menutup mata Anda dan fokus pada bagian tertentu dari tubuh untuk membantu Anda memasuki alam mimpi. Teknik yoga seperti bernapas dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, yang merupakan kunci untuk mendapatkan tidur sehat di malam hari. 

Jangan Meremehkan Manfaaat Tidur Sehat

Seperti dikatakan sehatq banyak orang yang suka begadang dan meremehkan manfaat tidur bagi kesehatan. Padahal selama tidur, tubuh Anda sedang memperbaiki dan meregenerasi diri. Yuk, simak manfaatnya :

1. Membakar kalori tubuh

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, orang yang cukup tidur bisa membakar hingga 300 kalori tubuh setiap hari. Tidur malam lebih awal akan membuat Anda menghindari camilan seperti kue atau keripik. Selain itu, jika Anda cukup tidur, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit ghrelin (hormon lapar) dan lebih banyak leptin, yaitu hormon yang memberikan sinyal ke otak jika Anda sudah kenyang.

2. Mencerdaskan otak dan meningkatkan daya ingat

Tidur Sehat Tubuh Kuat! Ini Manfaatnya
Tidur Sehat Tubuh Kuat! Ini Manfaatnya. Photo by Kathy Jones on Pexels.com

Selama beraktivitas, Anda mungkin mempelajari berbagai hal atau menyerap informasi baru. Ketika Anda tidur, otak akan memilah-milah semua informasi tersebut.Saat tidur, otak Anda juga akan aktif memperkuat daya ingat dan melatih kemampuan yang Anda pelajari sebelumnya saat Anda masih terbangun. Otak akan memutuskan apa yang harus disimpan ke memori, dan apa yang harus dibuang.Jadi, jika Anda sedang menghafalkan sesuatu atau mempelajari sesuatu, jangan lupa untuk tidur cukup. Kurang tidur juga dapat menimbulkan efek yang merugikan bagi kemampuan daya ingat Anda.

3. Meningkatkan mood

Tidur sehat memungkinkan pikiran dan tubuh untuk beristirahat. Hal ini akan menambah energi dan memberi sudut pandang yang lebih positif.Dalam jangka panjang, manfaat tidur sehat yang cukup akan melindungi kesehatan mental Anda. Penelitian yang dirilis dalam jurnal Sleep menunjukkan orang yang tidur 7-8 jam setiap malam memiliki tingkat depresi yang sangat rendah.

4. Mempercepat penyembuhan penyakit

Tidak salah jika orang sakit harus beristirahat dengan cukup. Salah satu manfaat tidur sehat yang berguna bagi orang sakit adalah menghasilkan hormon pertumbuhan jaringan untuk memulihkan sakit, luka atau nyeri otot.  Manfaat tidur sehat lainnya adalah meningkatkan sel darah putih untuk menangkal virus dan bakteri.

5. Tidur dapat menyehatkan jantung

Manfaat tidur sehat yang tak bisa diremehkan di antaranya adalah menurunkan tekanan darah sehingga membuat jantung lebih stabil. Selain itu, selama tidur tubuh akan mengurangi hormon kortisol pemicu stres.Hal ini juga meminimalisir peradangan yang sering dikaitkan dengan serangan jantung, diabetes, dan penyakit serius lainnya. Anda akan merasakan manfaat tidur untuk jantung apabila Anda tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malamnya.

6. Meningkatkan kualitas hubungan seksual

Bagi pasangan, menjaga hubungan pernikahan yang harmonis juga bisa diperoleh dari manfaat tidur sehat dan berkualitas. Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Sexual Medicine terhadap sejumlah wanita membuktikan bahwa adanya keterkaitan antara wanita yang tidur berkualitas dengan hasrat seksual yang sehat.

7. Membantu pengambilan keputusan

Sudah seharusnya orang dewasa memiliki kemampuan dalam memutuskan sesuatu. Manfaat tidur sehat dan berkualitas yang bisa Anda peroleh adalah mencegah otak mengambil keputusan secara impulsif atau terburu-buru.

Berapa lama waktu tidur yang ideal?

Tidur Sehat Tubuh Kuat! Ini Manfaatnya
Tidur Sehat Tubuh Kuat! Ini Manfaatnya. Photo by Pixabay on Pexels.com

Meskipun setiap golongan usia sudah dikelompokkan berdasarkan berapa lama rekomendasi waktu mereka untuk tidur, National Sleep Foundation dalam laporan utamanya di Sleep Health Journal, menyebutkan bahwa tidak ada jumlah waktu sempurna yang pas bagi setiap orang. Berikut ini rekomendasi jam tidurnya:

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari
  • Pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari
  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari
  • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam setiap hari
  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari
  • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari
  • Manula (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari

Dengan tidur yang cukup, kesehatan kita akan lebih baik dan maksimal. Semua organ yang lelah bekerja tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon. Pada saat tidur, informasi yang masuk ke otak akan disusun dengan rapi, sehingga saat bangun tidur kita sering kali menemukan solusi dari masalah di hari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0