Ketahui Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh
daun-sirih
in

Ketahui Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh

Kegunaan Daun Sirih Untuk Anda

Katalogue.id- Ketahui manfaat daun sirih bagi tubuh dan kehidupan sehari-hari. Sering disebut juga daun paan, berikut ini beberapa khasiat obat dari daun sirih. Dari kegunaannya dalam doa dan upacara keagamaan hingga memakannya dalam bentuk ‘paan’, daun sirih mengandung banyak manfaat penyembuhan.

Di India, berkas daun sirih dipersembahkan kepada Dewa, sesepuh dalam keluarga sebagai tanda penghormatan selama festival dan acara. Namun, daun mengkilap berbentuk hati ini sering diabaikan karena banyaknya manfaat kesehatan yang mereka tawarkan bagi umat manusia.

Daunnya penuh dengan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin dan karoten dan merupakan sumber kalsium yang bagus. Daun sirih adalah tanaman menjalar beraroma, Anda dapat dengan mudah menanamnya sebagai tanaman hias di rumah Anda dan memperoleh manfaat kesehatan maksimal dari hal tersebut.

Pentingnya Daun Sirih

Pentingnya daun sirih telah dijelaskan dalam buku-buku kuno Ayurveda. Penggunaan daun sirih dikenal selama berabad-abad karena sifat kuratifnya. Dalam pengobatan tradisional China daun sirih digunakan untuk pengobatan berbagai gangguan dan diklaim memiliki khasiat detoksifikasi, antioksidan, dan antimutasi. 

Ada sejumlah percobaan penelitian tentang daun sirih, di mana ekstrak daun, fraksi, dan senyawa yang dimurnikan diketahui berperan dalam kebersihan mulut, dan memiliki berbagai khasiat termasuk anti-diabetes, kardiovaskular, anti-inflamasi / imunomodulator, anti-ulkus. , hepato-pelindung, anti-infeksi, dll., Paten juga diberikan untuk beberapa aktivitas biologis seperti anti-inflamasi, anti-kanker, dan imunomodulator yang terkait dengan ekstrak daun dan senyawa yang dimurnikan.

Kebiasaan mengunyah daun sirih yang dilakukan sebagian orang telah berubah seiring berjalannya waktu. Daun sirih dikunyah bersama dalam kemasan yang dibungkus bersama pinang dan jeruk nipis mineral. Catechu (kattha) dan bahan penyedap serta bumbu lainnya juga ditambahkan kemudian. Selama beberapa dekade, tembakau juga telah ditambahkan ke dalam paket daun sirih. Praktik mengunyah daun sirih semakin berkurang dan kini praktiknya berupa Quid yang terdiri dari tembakau, pinang, dan jeruk nipis (gutkha).

Manfaat Daun Sirih

Ketahui manfaat daun sirih bagi tubuh. Sementara banyak yang melihatnya sebagai ‘Paan’ yang dikonsumsi setelah makan enak atau hanya sebagai kebiasaan, itu juga memiliki tempat yang signifikan selama ritual keagamaan di India. Adapun manfaat dari daun sirih yang dikutip oleh netmeds.com sebagai berikut:

Ketahui Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh
Ketahui Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh.

Duan Sirih Berfungsi Sebagai Analgesik

Daun sirih adalah analgesik yang sangat baik yang menawarkan bantuan instan dari rasa sakit. Dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat luka, memar, ruam. Buat pasta dengan daun sirih yang empuk dan oleskan ke area yang terkena. Jus daun sirih memberikan kelegaan dari rasa sakit di bagian dalam tubuh.

Duan Sirih Meringankan Sembelit

Daun sirih adalah sumber antioksidan yang membersihkan radikal dari tubuh. Ini mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh dan membantu sakit perut. Ayurveda secara luas merekomendasikan makan daun sirih untuk menghilangkan sembelit . Hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam air semalaman. Minumlah air di pagi hari dengan perut kosong untuk melancarkan buang air besar.

Duan Sirih Meningkatkan Pencernaan

Pernah bertanya-tanya mengapa mengunyah daun sirih setelah makan enak? Dianjurkan karena karminatif, usus, anti-perut kembung dan untuk sifat-sifat yang membantu melindungi usus. Daun sirih meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

Duan Sirih Mengurangi masalah pernapasan

Daun sirih sangat membantu dalam mengobati masalah yang berhubungan dengan batuk dan pilek. Ini adalah obat yang sangat baik bagi mereka yang menderita dada, paru-paru tersumbat, dan asma. Oleskan sedikit minyak mustard pada daunnya, hangatkan dan letakkan di dada untuk menyembuhkan hidung tersumbat. 

Anda juga bisa merebus beberapa daun dalam air, menambahkan kapulaga, cengkeh dan kayu manis dalam dua gelas air. Kurangi menjadi 1 cangkir dan konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk bantuan yang sangat baik dari masalah hidung tersumbat dan pernapasan.

Duan Sirih Mempunyai Sifat Antiseptik dan Anti jamur

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Ini juga digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

Sifat antijamurnya yang luar biasa memberikan kelegaan instan dari infeksi jamur. Menerapkan pasta daun sirih membunuh infeksi jamur di daerah yang terkena.

Daun Sirih Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sirih dianugerahi banyak agen antimikroba, yang secara efektif memerangi sejumlah bakteri yang tinggal di mulut yang memicu bau busuk, serta masalah gigi berlubang, plak dan kerusakan gigi. Mengunyah sedikit pasta daun paan setelah makan tidak hanya meningkatkan kesehatan usus, tetapi juga melawan bau mulut, bau mulut, serta meredakan sakit gigi, nyeri gusi, bengkak, dan infeksi mulut.

Daun Sirih Meredakan Nyeri Sendi

Harta karun senyawa anti-inflamasi ditemukan dalam daun sirih, yang sangat mengurangi ketidaknyamanan dan nyeri pada persendian – tanda-tanda menonjol dari banyak penyakit kronis yang melemahkan seperti rheumatoid arthritis, osteoporosis, dll.

Menghangatkan seikat daun sirih segar dan mengikatnya dengan erat di sekitar tulang dan persendian yang terkena secara signifikan mengurangi intensitas nyeri, peradangan di wilayah tersebut dan mengurangi gejala artritis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0