Khasiat ampuh kacang Almond bagi Kesehatan
Photo by alleksana on Pexels.com
in

Khasiat Ampuh Kacang Almond Bagi Kesehatan

Mengenal Fungsi Kacang Almond Untuk Tubuh

Katalogue.id- Khasiat ampuh kacang Almond bagi Kesehatan. Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang populer di seluruh dunia dan mempunyai banyak variasi bentuk, warna, dan ukuran. Di negara bagian California merupakan penghasil kacang almond terbanyak di seluruh dunia.

Anda bisa makan almond mentah atau dipanggang sebagai camilan atau menambahkannya ke hidangan manis atau gurih. Bisa juga sebagai pelengkap es krim, olahan coklat, kue, dan susu. Kacang almond bisa dipipihkan, diiris, sebagai tepung, minyak, mentega, atau susu almond. Kacang almond ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia, salah satunya bisa menurunkan kolesterol.

Karena bentuknya itu banyak orang lalu mengategorikannya sebagai kacang. Di Indonesia sendiri, almond dikenal dengan nama lain kacang badam. Jumlah per sajian yang disarankan per hari adalah sekitar 1 ons. Meskipun kaya akan nutrisi, tapi berhati-hatilah jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan.

Manfaat Kacang Almond

Khasiat ampuh kacang Almond bagi Kesehatan. Kacang almond telah dipelajari selama berabad-abad dan jumlah penelitian yang berfokus pada kacang kecil ini cukup mengesankan.

Khasiat ampuh kacang Almond bagi Kesehatan
Khasiat ampuh kacang Almond bagi Kesehatan. Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Seperti dikutip lifehack.org bahwa berikut adalah 8 alasan mengapa Anda perlu memasukkan almond ke dalam makanan Anda dan lima resep lezat untuk menginspirasi Anda.

1. Kacang Almond mencegah serangan jantung

Almond dikemas dengan asam lemak sehat, yang disebut asam tak jenuh tunggal atau MUFA, yang dipasangkan dengan antioksidan, juga ditemukan dalam jumlah tinggi dalam almond, untuk melindungi jantung dan seluruh sistem kardiovaskular. Kandungan zat bermanfaat yang tinggi pada almond, terutama antioksidan flavonoid, komponen tumbuhan yang terdapat pada kulit almond, mencegah risiko terkena penyakit kardiovaskular dan serangan jantung.

Bersama dengan vitamin E, flavonioda mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Almond juga mengandung banyak mineral, seperti magnesiun, kalsium, kalium, tembaga, mangan, dan arginin, yang semuanya penting untuk jantung Anda: zat ini mendukung fungsi kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan bahwa kacang almond dapat mengurangi jumlah kolesterol LDL , yang berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Hal ini mengarah pada peningkatan kesehatan yang penting baik pada orang dengan kadar kolesterol tinggi maupun mereka yang menderita diabetes.

Konsumsi almond secara teratur meningkatkan kesehatan dinding arteri, karena mencegah penumpukan plak, yang dapat menyumbat arteri dan mencegah aliran darah. Inilah sebabnya mengapa almond juga merupakan suplemen yang bagus bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi.

2. Kacang Almond menjaga kesehatan fungsi otak

Almond adalah salah satu makanan otak yang paling dihargai karena kandungan riboflavin dan L-karnitin yang tinggi. Kedua zat ini mencegah penurunan kognitif dan mendukung aktivitas neurologis yang sehat , mengurangi proses inflamasi di otak. 

Para lansia dan orang dewasa dengan risiko tinggi terkena penyakit kognitif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer, dianjurkan untuk membiasakan makan almond setiap hari atau setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

3. Kacang Almond meningkatkan kesehatan kulit

Ingin punya kulit yang sehat dan bercahaya? Makan almond! Almond adalah sumber vitamin E dan antioksidan yang hebat, yang melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan, menjaga kulit tetap sehat dan muda. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa almond mengandung banyak epicatechin, catechin, quescetin, isorhamnetin dan kaempferol; semua zat ini adalah antioksidan, yang dapat melawan kerusakan akibat sinar UV, polusi, dan pola makan yang buruk pada kulit Anda. 

Sebagai antioksidan kuat, zat ini melawan dan mencegah kanker kulit. Semua ini, bersama dengan kandungan MUFA dalam almond, menjadikannya sekutu yang hebat dalam memerangi kulit yang menua dan kekurangan gizi.

4. Kacang Almond mencegah diabetes

Seperti yang telah kita ketahui, almond kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, yang memiliki fungsi sangat penting dalam tubuh, karena menyeimbangkan jumlah glukosa dalam darah Anda dan mengontrol cara penyerapan dan penggunaan oleh tubuh. Ini berarti almond dapat membantu Anda mengontrol kadar gula darah dan diabetes Anda. 

Membiasakan makan almond dapat mencegah resistensi insulin, yang dapat muncul ketika tubuh berhenti bereaksi terhadap insulin, sehingga kadar glukosa meningkat terlalu banyak. Manfaat lain dari konsumsi almond adalah pengurangan berat badan yang tidak sehat dan stres oksidatif.

5. Kacang Almond mencegah penambahan berat badan

Almond mengandung banyak lemak dan serat, yang membantu menurunkan berat badan. Makan almond membantu Anda mengendalikan keinginan Anda dan mencegah makan berlebihan, karena almond membuat Anda merasa kenyang lebih cepat daripada makanan lain. 

Khasiat ampuh kacang Almond bagi Kesehatan
Kacang Almond mencegah penambahan berat badan. Photo by MART PRODUCTION on Pexels.com

Mengemil kacang almond akan membuat Anda tetap berenergi untuk hari itu, karena mengandung kalori yang tinggi. Almond juga membantu Anda mengontrol gula darah, seperti yang telah kita lihat, jadi Anda tidak akan berisiko mengalami kenaikan dan penurunan glukosa.

6. Kacang Almond meningkatkan penyerapan nutrisi

Dunia terobsesi untuk menghilangkan lemak, namun lemak sebenarnya memiliki sejumlah fungsi penting dalam tubuh kita. Salah satu fungsi ini membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak. Untungnya, almond mengandung cukup lemak untuk meningkatkan fungsi ini dan meningkatkan penyerapan vitamin A dan D, yang larut dalam lemak. 

Zat nutrisi yang ditemukan dalam almond terlibat dalam proses ekstraksi nutrisi dan sintesis kolesterol. Di antara manfaat almond adalah mengontrol enzim pencernaan dan produksi asam empedu, yang membawa kita ke fakta berikutnya…

7. Kacang Almond menjamin kesehatan pencernaan

Kulit almond mengandung senyawa probiotik yang menunjang kesehatan sistem pencernaan . Sistem pencernaan Anda memiliki sejumlah bakteri baik yang membantunya mencerna makanan dan mengubahnya menjadi elemen nutrisi. 

Tanpa bakteri, sistem pencernaan dapat tersandung pada sejumlah masalah dan Anda dapat mengembangkan beragam penyakit. Almond mencegah hal ini, karena mereka meningkatkan jumlah bakteri baik dalam sistem Anda, mencegah penyakit dan kekurangan nutrisi.

8. Kacang Almond mencegah peradangan dan melawan kanker

Kacang almond mengandung sejenis vitamin E yang merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas yang terkait dengan kanker. Ada banyak penelitian yang menemukan hubungan antara konsumsi almond dan kacang-kacangan lainnya dengan penurunan risiko terkena kanker di usus besar, prostat, dan payudara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0