Khasiat Jahe untuk Kesehatan, ini Faktanya!
Foto oleh Pixabay dari Pexels
in

Khasiat Jahe untuk Kesehatan, ini Faktanya!

Kebaikan Jahe Bagi Kesehatan

Katalogue.id – Jahe menurut ilmu sains adalah tanaman yang telah digunakan untuk mengobati penyakit selama ribuan tahun. Fungsi jahe tidak hanya menjadi tambahan yang enak untuk masakan karena rasanya yang pedas dan unik, tetapi jahe juga bisa menjadi obat herbal yang mempunyai khasiat bagus untuk kesehatan Anda. 

Dirangkum oleh Wikipedia bahwa Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Fungsi Ampuh dari Jahe

Mencegah kerusakan sel

Akar jahe memiliki salah satu tingkat antioksidan tertinggi dibandingkan makanan lain, Hanya buah delima dan buah beri kaya antioksidan lainnya yang melampaui itu. Fungsi antioksidan mencegah stres oksidatif , suatu proses yang dikaitkan dengan penyakit seperti kanker, diabetes , dan stroke . 

Stres oksidatif terjadi ketika terlalu banyak radikal bebas – molekul yang secara alami diproduksi oleh proses metabolisme di dalam tubuh. Antioksidan dapat menstabilkan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif, sehingga melindungi tubuh dari penyakit.

Mengurangi peradangan

Jahe juga bertindak sebagai anti-inflamasi berkat sifat antioksidannya. Radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan respons kekebalan alami tubuh Anda terhadap benda asing yang berbahaya. 

Biasanya, peradangan hilang begitu tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri. Tapi, saat Anda mengalami stres oksidatif, hal itu bisa menyebabkan peradangan kronis. Ini menyebabkan tubuh Anda merusak sel, jaringan, dan organ yang sehat. Peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit seperti serangan jantung atau nyeri kronis seperti artritis.  Mengonsumsi ekstrak jahe dua kali sehari selama enam minggu mengalami penurunan nyeri lutut karena peradangan, dibandingkan dengan 50% pada kelompok kontrol.

Mengobati mual 

Salah satu manfaat jahe yang paling mapan adalah membantu gejala mual dan muntah. Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol . Gingerol dikenal untuk meningkatkan motilitas lambung – perjalanan makanan ke seluruh tubuh – dan menekan kejang otot. Ini dapat membantu menenangkan perut dan mengurangi gejala mual dan muntah.

Khasiat Jahe untuk Kesehatan, ini Faktanya!
Khasiat Jahe untuk Kesehatan, ini Faktanya! Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Jahe juga merupakan obat herbal yang aman dan efektif untuk ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari . Wanita hamil yang mengonsumsi empat kapsul jahe 250mg setiap hari selama empat hari mengalami lebih sedikit rasa mual dan muntah dibandingkan wanita yang menerima plasebo. 

Meredakan nyeri haid 

Jahe juga bisa menjadi obat untuk kram menstruasi. Jahe, menekan produksi bahan kimia yang membuat rahim Anda berkontraksi, menyebabkan nyeri. Efek jahe pada nyeri haid dan menyimpulkan bahwa 750 hingga 2000 mg bubuk jahe dapat membantu meredakan nyeri selama tiga hingga empat hari pertama siklus menstruasi.

Dapat mengatur kadar gula darah

Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes dengan meningkatkan pengambilan glukosa dalam sel otot tanpa insulin . 

Efek jahe pada mereka yang menderita diabetes, ditemukan bahwa mengonsumsi 2g bubuk jahe per hari meningkatkan indikator gula darah. Manfaat mengonsumsi jahe juga bisa mengurangi kadar glukosa darah pada wanita dengan diabetes gestasional.

Dapat mengobati gangguan pencernaan 

Jahe merangsang enzim pencernaan yang dapat memindahkan makanan ke seluruh tubuh lebih cepat. Mengonsumsi jahe sebanyak 1.200 mg mempercepat pengosongan lambung. Proses di mana makanan meninggalkan lambung dan memasuki usus kecil – dan mendorong lebih banyak kontraksi antral yang diperlukan untuk memecah dan mencerna makanan.

Menghilangkan Bau Mulut

Air Jahe juga dapat menghilangkan bau mulut. Vitamin C yang terkandung dalam Jahe ini dapat membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut. Caranya adalah dengan mencampurkan satu senduk air jahe ke dalam air hangat dan kumur selama beberapa menit.

Obat rematik 

Anda penderita nyeri sendi alias rematik? Asal tahu saja, jahe kaya akan minyak asiri yang dipercaya mampu meredakan nyeri sendi. 

Cara pengobatan rematik dengan jahe cukup mudah. Anda bakar jahe kemudian tumbuk. Anda tempelkan tumbukan jahe yang masih panas di area tubuh yang terasa nyeri. 

Batuk kering 

Jahe mengandung senyawa aktif dan bersifat antiradang. Artinya, jahe bisa jadi obat batuk kering herbal. 

Cara mengonsumsi jahe sebagai obat batuk cukup mudah. Anda rebus jahe 20-40 gram ke dalam empat gelas air. Anda rebus jahe sampai mendidih kemudian minum selagi hangat.

Melawan Infeksi

Jahe bisa kamu gunakan untuk membantu melawan virus penyebab infeksi. Hal ini disebabkan oleh senyawa aktif gingerol yang dimilikinya.

Kandungan Jahe yang Menyehatkan

Khasiat Jahe untuk Kesehatan, ini Faktanya!
Kandungan Jahe yang Menyehatkan. Foto Oleh Foto oleh doTERRA International, LLC dari Pexels

Sehatq menulisakan, Jahe memang tidak mempunyai ukuran yang besar tapi jahe memiliki beraneka ragam kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, selain gingerol tentunya. Dalam satu sendok makan jahe segar saja sudah terdapat berbagai nutrisi, seperti:

  1. Karbohidrat: 1,07 gram
  2. Serat: 0,12 gram
  3. Protein: 0,11 gram
  4. Lemak: 0,05 gram
  5. Gula: 0,1 gram
  6. Kalori: 4,8 gram

Selain itu, jahe juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti:

  1. Zat besi
  2. Kalium
  3. Vitamin B3 dan B6
  4. Vitamin C
  5. Magnesium
  6. Fosfor
  7. Zinc
  8. Folat
  9. Riboflavin ( vitamin B2 )
  10. Niacin ( vitamin B3 )

Nilai dan kandungan jahe ini tentu saja bisa berubah-ubah, tergantung dari cara mengolah dan penambahan bahan-bahan lain yang dicampurkan selama pengolahan. Seperti pada jus jahe, misalnya. Ketika Anda mengolah jahe dan mencampurkannya dengan air tanpa bahan apapun, maka nilai gizi di dalamnya bisa berubah. Dalam sekitar 240 ml jus jahe, terdapat nutrisi berupa:

  1. Kalori: 32
  2. Lemak: 0,4 gram
  3. Karbohidrat: 6,9 gram
  4. Serat: 1,4 gram
  5. Gula: 13 gram
  6. Protein: 0,9 gram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0