Langkah Unik Mengawali Rutinitas Pagi Hari
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

Langkah Unik Mengawali Rutinitas Pagi Hari, Yuk Simak!

Bagaimana Mengawali Rutinitas Pagi Hari?

Katalgoue.id – Motivasi bisa jadi sulit didapat akhir-akhir ini. Dengan pekerjaan dan rumah yang menyatu menjadi satu di bawah bayang-bayang pandemi global dan perubahan iklim di antara penyebab stres pribadi sehari-hari depresi dan kecemasan sedang meningkat . Mungkin, karena itu semua, rutinitas pagi Anda telah runtuh, membuat Anda takut pada sisa hari Anda.

Rutinitas yang biasa Anda terapkan mungkin tidak berlaku dalam gaya hidup Anda saat ini dan itu dapat dengan mudah mengejutkan sistem Anda. Ini membuatnya semakin penting untuk menilai kembali prioritas Anda.

Pertimbangkan apa yang Anda lakukan sebelumnya yang mungkin tidak lagi bermanfaat bagi Anda. Mencobalah untuk memvisualisasikan apa yang akan membantu memotivasi Anda dan membantu memberi Anda energi dan optimisme paling banyak untuk hari Anda. Ini bisa apa saja mulai dari jalan-jalan pagi sampai berjalan-jalan sambil minum kopi.

Hal Unik Apa yang Harus Anda Lakukan?

Apa cara yang harus dilakukan? Metode rutinitas pagi harus unik dan realistis untuk kebutuhan Anda saat ini. Bahwa aktivitas pilihan Anda tidak boleh berfokus pada layar Gadget misalnya.

Cobalah untuk mendengarkan musik yang ber-genre keras sambil memasak sarapan yang lezat atau yang menjadi favorit Anda. Cara yang dilakukan orang lain mungkin dengan secangkir kopi atau melakukan meditasi di tempat tidur selama 10 menit.

Langkah Unik Mengawali Rutinitas Pagi Hari
Langkah Unik Mengawali Rutinitas Pagi Hari. Photo by Anete Lusina on Pexels.com

Pada hari-hari yang lebih berenergi, rutinitas pagi mencakup lari pendek, sementara pada pagi yang lebih tenang mungkin Anda bisa memulai dengan meditasi atau yoga selama 15 menit saja. Manfaatkan dukungan yang Anda miliki sebaik mungkin.

Inilah ide unik yang bisa membantu Anda membuat atau mengulang Rutinitas pagi

Biasakan untuk Bersyukur

  1. Cobalah berdoa setelah bangun pagi, bermeditasi, atau menulis apa yang Anda syukuri di pagi hari. Hal itu dapat membawa optimisme untuk hari ini dan yang akan datang.
  2. Cobalah untuk bersyukur atas pekerjaan Anda, persahabatan Anda, keluarga Anda dan apabila Anda mengalami kesulitan untuk mensyukuri hal tersebut.
  3. Cobalah Bersyukur atas mata untuk melihat dan telinga untuk mendengar dapat menjadi motivasi yang cukup untuk memberi diri Anda dorongan untuk memulai hari-hari indah Anda. 

Bangunkan Pikiran Anda

Cara ini mungkin sederhana, bertanya pada diri sendiri bagaimana keadaan Anda hari ini dengan menggunakan metode 5Why’s, teknik di mana Anda mengeksplorasi suatu masalah atau perasaan dengan menanyakan “why?” lima kali.

Mungkin Anda bisa menulis jadwal setiap pagi atau hanya memikirkannya atau hanya justru membayangkan dari atas tempat tidur. Hal ini merupakan petunjuk untuk mengatasi suatu masalah nantinya agar lebih aman dalam melangkah dan memutuskan suatu keputusan.

Cara Anda Berpakaian

Gejala depresi, atau suasana hati yang tertekan, termasuk hilangnya motivasi untuk menjaga kebersihan atau mengganti pakaian tidur menjadi pakaian yang bersih dan rapi.

Langkah Unik Mengawali Rutinitas Pagi Hari
Cara Anda Berpakaian. Photo by Sora Shimazaki on Pexels.com

Meskipun penampilan fisik bukanlah segalanya, melihat diri sendiri di cermin dan melihat wajah serta pakaian yang segar dapat meningkatkan kepercayaan diri secara instan. Tata rambut Anda, pakai lipstik. Anda mungkin terkejut dengan apa yang Anda lihat dan yang lebih penting, coba bagaimana perasaan Anda sekarang?

Hidangkan Menu Favorit Anda

Kita semua pernah mendengar bahwa sarapan adalah makanan terpenting setiap hari. Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi dengan pilihan Anda, tidak hanya baik untuk kesehatan fisik Anda tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Hidangan sarapan yang sehat dapat meningkatkan produktivitas dan bisa membantu pengendalian diri yang lebih baik. Makanan yang berkarbohidrat kaya protein atau serat tinggi seperti oatmeal, buah, telur, alpukat, biji rami, bayam, dan selai kacang.

Buatlah Pernyataan yang Positif

Sangat mudah untuk kita terkena pikiran negatif, terutama ketika kita tampak seolah-olah berada dalam lingkaran negatif. Cobalah membuat kata-kata yang lembut dan menyemangati untuk memulai hari Anda. 

Cara ini bisa Anda lakukan kepada diri Anda sendiri, menuliskannya di cermin, di catatan, atau di ponsel Anda. Pernyataan pendek namun sangat mujarab pada diri Anda.

Sedikit contoh pernyataan yang bisa Anda lakukan; Saya melakukan yang terbaik dengan apa yang saya milikiSaya menginginkan kedamaian, Saya akan menyambut kegembiraan hari ini, Saya cantik, luar biasa dan unik serta saya dapat mengatasi tantangan hidup saya.

Rutinitas Pagi yang Unik Membuat Anda Produktif

Dikutip kompas.com – Pagi hari adalah hari dimana kita merasa segar dan siap beraktivitas setelah beristirahat semalaman. Namun, tak sedikit di antara kita yang justru merasakan sebaliknya, yakni lesu dan kurang bersemangat. Pada akhirnya, kondisi itu memengaruhi produktivitas seharian penuh dan terulang kembali di hari esoknya.

Ubahlah rutinitas pagi hari Anda, Jika Anda menginginkan penuh semangat dan lebih segar. Berikut beberapa rutinitas yang bisa Anda coba.

Bangun Lebih Pagi

young woman stretching arms before workout in green park
Bangun Lebih Pagi. Photo by Vanessa Garcia on Pexels.com

Untuk bisa bangun lebih pagi, usahakan tidur lebih awal. Tubuh kita memiliki ritme atau jam internal tubuh yang merespons ketika matahari terbit. Jadi, cobalah bangun lebih awal agar tubuhmu merasa segar. Waktu terbaik untuk tidur adalah antara pukul 22.00-06.00.

Konsumsi Air Putih

Cara terbaik untuk “mengisi ulang” tubuh dan menghidrasinya adalah dengan minum air di pagi hari. Jika kopi adalah minuman pertama yang kamu konsumsi ketika bangun pagi, cobalah ganti kebiasaan itu dengan minum air putih.

Olahraga

Jika kamu terlalu malas untuk melakukan olahraga berat, peregangan cukup untuk menggerakkan tubuh di pagi hari. Cobalah lakukan di luar ruangan dan terpapar sinar matajari langsung. Ini akan membantu mendukung ritme sirkadian dan meningkatkan fungsi pernapasan tubuh.

Hindari Minuman Bergula

Cobalah untuk menghindari minuman bergula, setidaknya hingga waktu makan siang. Sebab, minuman bergula bisa meningkatkan tingkat gula darah dan membuat tubuh lebih cepat lemas.

Yuk, Kita Lakukan Rutinitas yang sehat dan penuh semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0