Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata
Foto oleh Maksim Goncharenok dari Pexels
in

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Mengenal Makanan yang Sehat Untuk Mata

Katalogue.id- Makanan yang baik untuk kesehatan mata yang perlu Anda ketahui. Orang sering percaya bahwa penglihatan yang buruk adalah akibat dari penuaan atau ketegangan mata yang tak terhindarkan. Padahal, gaya hidup sehat bisa mengurangi risiko gangguan kesehatan mata secara signifikan.

Menjaga pola makan yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan mata Anda. Bahkan dapat membantu mengurangi risiko Anda mengembangkan kondisi mata. Kondisi mata yang serius dapat dihindari jika Anda memasukkan makanan yang mengandung berbagai vitamin, nutrisi, dan mineral, yang dikenal sebagai antioksidan.

Jenis Antioksidan Untuk Mata

  • lutein
  • zeaxanthin
  • vitamin A, C , E
  • beta karoten
  • asam lemak omega-3
  • seng

Ciri-Ciri Mata Sehat

Mata yang sehat dapat diartikan sebagai mata yang memiliki penglihatan yang jelas, kondisi mata yang jernih, dan tidak memiliki penyakit atau mengalami gejala penyakit tertentu. Selain itu, ada beberapa ciri mata sehat lainnya yang bisa Anda kenali.

  • Mata Memiliki visi yang jelas.
  • Mata Memiliki Sklera berwarna putih.
  • Mata memiliki kelembapan yang baik.
  • Mata bebas dari rasa sakit.

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Makanan yang baik untuk kesehatan mata yang perlu Anda ketahui. Seperti dikutip oleh irisvision.com mengapa sangat penting untuk menjaga mata dan penglihatan Anda dengan segala cara yang memungkinkan, termasuk apa yang Anda konsumsi sebagai makanan. Berikut makanan yang bisa Anda konsumsi:

Makanan Laut yang Baik Untuk Mata

Tuna dan Salmon

Pentingnya asam lemak omega-3 untuk kesehatan mata telah lama terbukti. Asupan ikan berkontribusi terhadap risiko yang lebih rendah untuk berkembang menjadi AMD yang terlambat. ( Institut Kesehatan Nasional 2020 ).

Tiram

Zinc dikenal sebagai mineral yang ditemukan berlimpah di mata yang sehat dan kerang seperti tiram berfungsi sebagai salah satu sumber alami terbaik dari mineral penting ini. Ini membantu dalam produksi alami melanin, pigmen yang dibutuhkan untuk pelindung mata. 

Kebutaan malam hari dan katarak adalah dua implikasi paling umum dari kekurangan seng. Suplementasi seng dilaporkan memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia (Pusat Informasi Bioteknologi Nasional 2020). Jika makanan laut tidak ada dalam daftar prioritas Anda, Anda juga bisa mendapatkan pasokan omega-3 yang cukup dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan atau suplemen vegetarian yang mengandung minyak biji rami atau minyak blackcurrant.

Daging dan Telur Berguna Untuk Mata

Daging Kalkun

Daging kalkun adalah sejenis ‘protein serba guna’, yang dapat Anda miliki dengan berbagai cara, seperti dalam sandwich, burger, taco, dan banyak lagi cara lainnya. Ini dianggap sebagai salah satu sumber alami terbaik untuk pencegahan katarak karena banyaknya seng dan vitamin B niasin.

Daging sapi

Daging sapi tanpa lemak yang ditambahkan dalam jumlah sedang dalam makanan Anda dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Seng adalah mineral penting yang ditemukan secara alami dalam daging sapi, yang dikenal membantu tubuh menyerap vitamin A dengan lebih baik, yang mungkin berperan dalam meminimalkan risiko AMD lanjut.

Telur

Dua dari antioksidan paling kuat untuk pelindung mata, lutein dan zeaxanthin, ditemukan dalam kuning telur, seperti pada sayuran berdaun hijau. Ketika Anda memasukkannya ke dalam telur dadar, Anda meningkatkan peluang penyerapan antioksidan karena kandungan lemak yang tinggi pada telur. Anda juga mendapatkan banyak vitamin D dalam kuning telur, yang dipercaya dapat membantu melawan degenerasi makula.

Sayuran dan Buah Sangat Bagus Untuk Mata

Hijau Daun

Bayam, bersama dengan sayuran berdaun gelap lainnya seperti collard greens dan kangkung, mengandung dua antioksidan terpenting untuk kesehatan mata, yaitu zeaxanthin dan lutein. Makula, bagian mata yang membantu melindungi mata dari cahaya yang merusak, menyimpan antioksidan ini. 

Lutein memainkan peran khusus dalam penyaringan cahaya biru (silau dari layar perangkat elektronik seperti ponsel dan layar komputer). Antioksidan ini juga memainkan peran penting dalam menjaga aliran darah yang kaya ke mata Anda.

Paprika

Paprika berwarna cerah bisa meminimalkan risiko degenerasi makula terkait usia, tapi ya, mereka diketahui melakukan itu. Anda hanya perlu secangkir penuh untuk mendapatkan 100% dari nilai harian vitamin A dan vitamin C yang direkomendasikan. Jadi, pastikan Anda memasukkannya ke dalam daftar menu Anda.

Kacang-kacangan

Baik itu kacang merah, lentil, atau kacang polong, semua ini menawarkan banyak bioflavonoid dan seng, menawarkan perlindungan pada retina dan menurunkan risiko pengembangan katarak dan degenerasi makula.

Wortel

Ada pepatah kuno mengatakan bahwa kelinci tidak pernah memakai kacamata? Dengan jumlah beta-karoten yang kaya – karotenoid antioksidan yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh Anda – sangat penting untuk penglihatan yang sehat, pentingnya wortel tampak lebih nyata daripada fiksi.

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata
Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata. Photo by Suzy Hazelwood on Pexels.com

Vitamin A memainkan peran penting dalam produksi sel batang dan kerucut, penting untuk penglihatan cahaya rendah dan penglihatan warna. Kerusakan radikal bebas juga diminimalkan oleh beta-karoten, yang membantu melindungi dari penyakit mata seperti degenerasi makula, katarak, serta glaukoma .

Blueberry

Sebuah permata kecil dari buah dalam hal kekayaan antosianin, antioksidan kuat yang mampu melewati penghalang retina darah dengan mudah sambil memberikan perlindungan penglihatan ekstra, blueberry luar biasa untuk kesehatan mata. Mereka juga membantu meningkatkan penglihatan orang yang menderita glaukoma ketegangan normal, jenis glaukoma di mana saraf optik rusak .

Jeruk

Beberapa menyarankan menyebut vitamin C sebagai “Vitamin See”, dan memang demikian. Ini membantu melawan risiko katarak dan degenerasi makula, karena seperti antioksidan lainnya, ini bagus untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Membangun kolagen adalah cara lain yang bermanfaat bagi mata Anda, membantu menyediakan struktur untuk kornea Anda.

Kacang dan Biji Disukai Oleh Mata

Kacang

Baik itu almond, pistachio atau walnut, kekayaan asam lemak omega-3 dan vitamin E membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda.

Biji Chia

Mereka tidak disebut sebagai “makanan super” tanpa alasan. Jika Anda berbicara tentang omega 3, biji chia mengandung lebih banyak daripada salmon atau biji rami. Jika Anda berbicara tentang kalsium, Anda akan mendapatkannya lebih banyak dalam biji chia daripada segelas susu. Sama halnya dengan antioksidan, lebih banyak daripada yang akan Anda temukan di blueberry.

Biji Bunga Matahari

Efek perlindungan dari suplemen Vitamin-E mengurangi risiko katarak sebesar 10%, sedangkan vitamin E dari makanan mengurangi kejadian penyakit hingga 80%. (Pusat Informasi Bioteknologi Nasional 2019). 15 miligram per hari adalah nilai harian yang direkomendasikan dari vitamin antioksidan kuat ini, yang dipenuhi dengan mudah oleh 2 ons biji bunga matahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0