Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan
Photo by Delphine Hourlay on Pexels.com
in

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan, Yuk Simak

Ketahui Fungsi Cokelat Bagi Kesehatan

Katalogue.id- Manfaat cokelat bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Cokelat terbuat dari biji pohon kakao Theobroma tropis. Penggunaan paling awal berasal dari peradaban Olmec di Mesoamerika. Setelah penemuan Eropa di Amerika, coklat menjadi sangat populer di dunia yang lebih luas.

Cokelat telah menjadi produk makanan populer yang dinikmati jutaan orang setiap hari, berkat rasanya yang unik, kaya, dan manis. Memang benar, menambahkan cokelat ke dalam makanan harian Anda bisa menjadi hal yang baik.

Perlu Anda ketahui bahwa cokelat mengandung kafein dan semakin tinggi persentase cokelat, semakin tinggi pula kandungan kafeinnya. Secangkir kopi mengandung antara  70-130 mg kafein , sementara lebih dari 3 ons cokelat hitam mengandung  43 mg kafein . Semakin gelap cokelatnya, semakin banyak kafein yang dikandungnya.

Bolehkah Konsumsi Cokelat Setiap Hari?

Anda bisa makan cokelat hitam setiap hari, dalam jumlah sedang, tentu saja. Tapi cokelat putih dan susu dilarang. Cokelat putih bahkan tidak mengandung padatan kakao di dalamnya – ini terbuat dari mentega kakao, susu, dan gula. Dan coklat susu juga tidak bergizi seperti coklat hitam. Ada lebih banyak lemak. Dan banyak gula juga. 

Cokelat hitam mengandung flavonoid, bahan kimia tanaman yang menawarkan semua bahan bagus. Studi menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam cokelat hitam bekerja memberikan manfaat yang dihasilkan dari satu atau dua dosis harian. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa  coklat kaya akan flavonoid , tepat di samping sayuran seperti brokoli dan bayam, serta buah-buahan seperti blueberry dan cranberry, yang juga mengandung flavonol. 

Hanya ada satu kemungkinan efek samping dari makan coklat hitam setiap hari. Konsumsi dapat menyebabkan mulas karena theobromine yang ditemukan dalam  coklat melemaskan otot sfingter esofagus , sehingga asam lambung berpotensi naik ke kerongkongan. 

Bentuk Cokelat Terbaik

Manfaat cokelat bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari. Di lain hal itu,bahwa manfaat coklat sangat dipengaruhi oleh katekin dan epikatekin yang  terkandung di dalamnya. Saya telah membuat daftar cokelat yang paling bermanfaat:

  • Bubuk kakao (bentuk cokelat terbaik)
  • Memanggang coklat
  • Coklat hitam
  • Chocolate chip yang agak manis
  • Susu coklat
  • Sirup cokelat (bentuk cokelat terburuk)

Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari cokelat, misalnya, panggang dengan biji kakao tanpa pemanis alih-alih keripik cokelat. Selain itu, gunakan bubuk kakao mentah di atas bubuk kakao tanpa pemanis.

Beberapa Manfaat Cokelat

Potensi antioksidan cokelat mungkin memiliki berbagai manfaat kesehatan. Semakin tinggi kandungan kakaonya, seperti pada cokelat hitam maka semakin banyak manfaat yang didapat. Adapun manfaat cokelat yang dikutip oleh asweetpeachef.com sebagai berikut:

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan
Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan. Photo by Nadi Lindsay on Pexels.com

Cokelat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Risiko penyakit jantung telah berkurang pada peserta penelitian yang mengonsumsi cokelat hitam. Pencegahan plak kalsifikasi di arteri dianggap bermanfaat. Kakao mungkin terbukti lebih bermanfaat, dan makan  makanan yang mengandung kakao  lebih ditekankan daripada cokelat hitam. Jadi, jika Anda bukan penggemar cokelat hitam, cobalah makanan yang mengandung flavanol, seperti apel dan teh hijau.

Cokelat Menurunkan Tekanan Darah

Disarankan bahwa menikmati  cokelat hitam yang kaya dikaitkan dengan penurunan tekanan darah . Itu adalah efek polifenol kakao yang ditentukan untuk memulai perubahan kadarnya. Studi ini melibatkan dosis rendah kakao – peserta menerima kurang dari satu ons per hari dan masih memiliki hasil yang positif.

Cokelat Meningkatkan Mood Anda

Cokelat memiliki  asam valerat , yang berfungsi sebagai peredam stres. Bersamaan dengan itu, cokelat meningkatkan produksi serotonin, yang merupakan neurotransmitter yang diketahui memiliki efek menenangkan.

Cokelat Mengandung Antioksidan Tinggi

Flavonoid tingkat maksimum dalam coklat adalah yang memiliki kekuatan antioksidan. Sedemikian rupa sehingga  mereka lebih efektif daripada flavonoid dalam teh dan anggur . Perhatikan, cokelat hitamlah yang memiliki kekuatan antioksidan dibandingkan cokelat susu. 

Cokelat Mengandung Gizi

Cokelat penuh dengan nutrisi, tetapi sekali lagi, semakin pekat cokelat, semakin sehat itu. Lihatlah beberapa nutrisinya:

  • Tembaga
  • Seng
  • Magnesium
  • Besi
  • Fosfor

Cokelat Dapat Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Ingin melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari? Tentunya, memakai tabir surya adalah cara terbaik untuk melindungi kulit Anda. Tetapi ada beberapa  bukti bahwa cokelat hitam menawarkan perlindungan terhadap sinar UV  matahari.

Cokelat Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian telah dilakukan yang menunjukkan fakta bahwa  polifenol kakao  dalam cokelat hitam dapat mengubah pola aktivasi otak. Bukti menunjukkan peningkatan aliran darah ke otak. Selain itu,  flavonoid kakao dapat menghasilkan efek antioksidan  yang dapat melindungi otak.

Cokelat Memiliki Efek Anti Inflamasi

Kita semua tahu bahwa diet memainkan peran besar dalam penyakit seperti penyakit kardiovaskular. Menariknya, flavonoid ( terutama epikatekin yang ditemukan dalam kakao ) memiliki sifat anti-inflamasi yang bekerja melawan peradangan kronis yang menyebabkan penyakit seperti penyakit kardiovaskular.

Cokelat Meningkatkan Kinerja Atletik

Sebuah studi menentukan bahwa konsumsi cokelat hitam oleh peserta meningkatkan kinerja atletik mereka. Itu karena flavanol (senyawa flavonoid) meningkatkan  oksida nitrat , yang pada akhirnya mengurangi biaya oksigen saat berolahraga.

Cokelat Mengurangi Risiko Diabetes

Efek anti-inflamasi dari kakao diyakini memiliki manfaat positif untuk diabetes. Kakao dapat  mempengaruhi tingkat dan resistensi insulin . Ini adalah epikatekin yang dapat meningkatkan kadar insulin dan mengontrol gula darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0