Manfaat Dari Segarnya Air Lemon
Foto oleh Lukas dari Pexels
in

Manfaat Dari Segarnya Air Lemon, Yuk Kepo in!

Kegunaan Air Lemon Bagi Kesehatan

Katalogue.id- Lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam dunia makanan. Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin.

Rasa asam dari jeruk lemon memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah air lemon bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, lemon juga mengandung serat, karbohidrat, protein, dan mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Dengan kandungan nutrisi tersebut, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh.

Khasiat Jeruk Lemon Bagi Tubuh

Kontan.id menuliskan bahwa Anda bisa mendapatkan manfaat air lemon untuk kesehatan dengan langsung mengonsumsinya atau dengan menambahkan beberapa bahan lainnya. Yuk, simak beberapa manfaat dari si kecil ini :

Manfaat Dari Segarnya Air Lemon
Khasiat Jeruk Lemon Bagi Tubuh. Photo by Kelly Lacy on Pexels.com

Daya Tahan Tubuh 

Vitamin C pada lemon bisa memberikan antibodi tambahan, ternyata ada manfaat lain dari air lemon yakni membantu mencegah infeksi. Rasa asam di perut berfungsi sebagai penghalang patogen penyebab penyakit.

Zat kimia dalam lemon yang dikenal sebagai fitonutrien memiliki sifat antioksidan yang juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit. 

Pencernaan Menjadi Sehat

Selain sebagai antibodi, rasa asam dari air lemon dapat membantu mencerna makanan. Flavonoid ( kelompok senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan) dalam lemon membantu asam di perut memecah makanan, sehingga memperbaiki pencernaan secara keseluruhan.

Membantu pencernaan sangat penting seiring bertambahnya usia karena jumlah asam di perut menurun seiring bertambahnya usia. Bagi pria dan perempuan di atas usia 60 tahun menderita gastritis atrofi, suatu kondisi yang ditandai sedikit atau tidak adanya asam lambung.  

Memperbanyak Tambahan Vitamin C 

Kandungan vitamin C dalam jeruk sangatlah banyak, seperempat gelas air lemon bisa menghasilkan 23,6 mg vitamin C, sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan seperempat untuk pria. 

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel melawan radikal bebas, dan melindungi tubuh dari penyakit kanker, dan mempercepat penyembuhan luka. Agar kadar vitamin C dalam jeruk tak berkurang, campurkan perasan air jeruk dengan air hangat suam-suam kuku, bukan dengan air panas. 

Terhindar dari Dehidrasi

Air lemon tidak secara langsung bermanfaat untuk menyegarkan tenggorokan disaat Anda merasa kehausan. Namun, minum air yang memiliki rasa dapat mendorong lebih banyak untuk mengonsumsi cairan. 

Nah, menambahkan lemon ke air dapat meningkatkan rasa, sehingga membuatnya lebih menarik bagi beberapa orang. Dengan begitu, maka dapat membantu minum lebih banyak dan menghilangkan rasa dehidrasi yang Anda alami. 

Terlihat Awet Muda 

Manfaat Dari Segarnya Air Lemon
Terlihat Awet Muda. Photo by Moose Photos on Pexels.com

Asupan vitamin C yang tinggi dapat membuat keriput lebih sedikit, karena vitamin C merupakan nutrisi yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas serta bisa melindungi kulit. 

Tentu, ini karena efek vitamin C pada kolagen, yang membantu membentuk jaringan ikat di bawah kulit. “Selain itu, keseimbangan konsumsi air dapat membantu kulit tetap lebih halus dan memberikan penampilan lebih awet muda.

Membantu Fungsi Hati 

Hati adalah mekanisme alami tubuh untuk membuang racun. Meskipun detoksifikasi ( lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh) dari air lemon tidak terbukti benar, namun dapat membantu hati agar bekerja lebih baik untuk memberi manfaat bagi tubuh. 

Selain itu, jeruk dalam lemon dapat melindungi hati dari racun dan mengurangi lemak di hati, serta melindungi dari penyakit hati berlemak. Itulah manfaat lain dari lemon yang jarang diketahui adalah membantu fungsi hati sebagai penyaring di tubuh agar bekerja lebih baik.

Meningkatkan Fungsi Sel Saraf dan Otot

Pada umumnya yang dapat membantu meningkatkan fungsi sel saraf dan otot adalah buah pisang. Tetapi ternyata lemon juga merupakan unsur yang penting untuk fungsi sel dan metabolisme serta transmisi sinyal saraf.

Melancarkan BAB 

Selain membantu fungsi usus dan hati, air lemon bisa menjadi bagian dari cara sehat melancarkan buang air besar (BAB) Peningkatan asupan cairan dapat melancarkan BAB secara teratur.

Meskipun air lemon tidak memberi banyak serat, mengonsumsi daging dan parutan lemon dapat meningkatkan kandungan serat.

Menangkal Terjadinya Batu Ginjal 

Salah satu penyebab dari batu ginjal adalah dehidrasi. Tidak perlu khawatir, air lemon membantu menghaluskan ginjal dan mencegah endapan ini.

Asam dari lemon bisa membantu menjaga agar batu tidak bersatu. Meski air rasa lemon dianggap sebagai diuretik, namun hal ini belum terbukti secara keseluruhan 

Mengurangi Bau Mulut

Air lemon juga dikenal mampu membantu menyegarkan nafas.  Air lemon dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga membantu nafas lebih segar.

Tapi, asam lemon dapat mengikis enamel gigi. Minum lemon melalui sedotan untuk mengurangi risiko tersebut dan tidak perlu setiap hari untuk Anda konsumsi 

Meningkatkan metabolisme 

Air lemon salah satu tambahan yang baik untuk rutinitas pagi, sebab bisa meningkatkan metabolisme sehingga menjaga berat badan tetap sehat dan aktif. 
Tetap terhidrasi dan minum air dingin terbukti memberikan dorongan metabolisme.  

Nah, minum tiga kali sehari dapat membantu mempercepat metabolisme serta memberikan rasa kenyang. Manfaat ini akan lebih besar lagi jika Anda meminum air lemon dingin.

Jeruk lemon yang terasa asam menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Asalkan, Anda meminum air perasan jeruk lemon ini secara rutin. Dengan mengonsumsi lemon secara teratur dan tidak berlebihan, Anda bisa menuai manfaat lemon secara maksimal tanpa menimbulkan gangguan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0