Manfaat Kayu Manis Bagi Tubuh
Photo by Anna Tarazevich on Pexels.com
in

Manfaat Kayu Manis Bagi Tubuh, Yuk Simak!

Khasiat Ampuh Kayu Manis

Katalogue.id- Kayu manis atau cinnamon adalah jenis rempah alami, biasanya kayu manis sering ditemukan dalam bentuk batang atau bubuk. Salah satu manfaat kayu manis apabila Anda konsumsi setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

Sepertiga sendok teh kayu manis sehari dapat meningkatkan kadar gula darah yang didapatkan sebelum makan. Selain itu, juga dapat meningkatkan penyerapan glukosa setelah pasien mengonsumsi gula dalam kadar tertentu dari waktu ke waktu pada orang dengan pradiabetes.

Apa itu Pradiabetes? Pradiabetes adalah peningkatan kadar gula darah dari kadar normal tapi belum cukup tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes. Akan tetapi, apabila tidak segera dilakukan penanganan medis, dalam kurun waktu 8- 10 tahun akan berpotensi menjadi diabetes tipe-2.

Dengan definisi lain dari Alodokter bahwa diabetes tipe-2 ini juga bisa disebut kondisi di mana kadar gula dalam darah melebihi nilai normal. Tingginya kadar gula darah disebabkan tubuh tidak menggunakan hormon insulin secara normal. Hormon insulin itu sendiri adalah hormon yang membantu gula (glukosa) masuk ke dalam sel tubuh untuk diubah menjadi energi.

Berbagai ragam Manfaat Dari Kayu Manis

Orang yang mengalami diabetes biasanya lebih percaya dengan obat – obatan atau suntikan insulin. Padahal dari pengobatan herbal atau bahan alami juga bisa lebih manjur, misalnya dengan mengonsumsi kayu manis dengan baik dan benar. Yuk, simak manfaatnya

Manfaat Kayu Manis Bagi Tubuh
Berbagai ragam Manfaat Dari Kayu Manis. Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels.com

Meruntuhkan Gula Darah

Manfaat yang pertama adalah menurunkan gula darah setelah makan dengan memblokir enzim pencernaan yang memecah karbohidrat di usus kecil. Manfaat tersebut terjadi karena kayu manis dapat memperlambat pencernaan.

Tetapi tetap bergantung pada ukuran makanan dan berapa banyak karbohidrat yang dikandungnya, kadar gula darah dapat meningkat secara dramatis setelah kita makan.

Menaikkan Hormon Insulin

Karena kadar gula yang cukup tinggi, pankreas penderita diabates tidak dapat memproduksi cukup insulin atau sel tidak merespon insulin dengan baik. Manfaat kayu manis dapat membantu menurunkan gula darah dan melawan diabetes dengan meniru efek insulin. Hal ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Kayu manis mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi misalnya, polifenol. Kandungan ini dipercaya melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan juga dipercaya bermanfaat untuk penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara atau yang biasa disebut dengan Alzheimer.

Mencegah Risiko Penyakit Dalam

Kayu manis dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit kanker dan penyakit jantung. Kayu manis dengan kandungan senyawa yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dengan menghambat terbentuknya aliran darah pada tumor.

Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan rempah, seperti kayu manis dan kunyit, mampu mengurangi efek negatif dari makanan berlemak sehingga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Membasmi bakteri dan jamur

Di dalam kayu manis terdapat zat aktif yang bernama Cinnamaldehyde mampu membantu melawan berbagai jenis infeksi. Infeksi saluran pernapasan misalnya, bisa diobati dengan menggunakan minyak kayu manis yang terbukti efektif membasmi jamur. Efek antimikroba pada kayu manis juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

Memperbaiki Peredaran Darah

Dengan konsumsi kayu manis, Anda akan merasakan lebih energetik dan aktivitas olahraga terasa lebih mudah. Ini dikarenakan, sirkulasi pembuluh darah arteri berjalan dengan lancar dan kinerja otot dalam jantung telah meningkat.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Coba Anda minum kayu manis dengan madu, campurkan keduanya dengan masing- masing takaran 1 sdt. Cara tersebut dapat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol yang sangat tinggi yang berada dalam tubuh Anda.

Dikarenakan pembuluh darah yang tersumbat, masalah ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Pola hidup yang tidak sehat bisa juga menjadi salah satu faktor meningkatknya kolesterol.

Menyembuhkan Masalah Pencernaan

Minyak kayu manis terbukti ampuh digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti, perut kram, perut kembung dan perut penuh gas. Rasa hangat dan pedas dari kayu manis dipercaya berkhasiat menangkal berbagai virus dan kuman penyakit pada pencernaan.

Untuk manfaat kayu manis tersebut, bisa minum teh atau rebusan air kayu manis setelah makan. Anda akan merasakan perbedaan yang sangat istimewa pada saluran pencernaan.

Dibalik Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis Bagi Tubuh
Dibalik Manfaat Kayu Manis. Photo by Ngô Trọng An on Pexels.com

Tetap berhati – hati dengan penggunaan kayu manis dalam kehidupan sehari – hari, meskipun sangat banyak manfaatnya. Dikarenakan, kayu manis dalam bentuk suplemen herbal dapat menimbulkan efek samping tertentu, misalnya :

  1. Wajah memerah dan memanas.
  2. Peningkatan denyut jantung.
  3. Stomatitis ( radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan ).
  4. Glositis ( kondisi peradangan pada lidah ).
  5. Gingivitis ( suatu inflamasi atau peradangan yang mengenai jaringan lunak di sekitar gigi atau jaringan gingiva ).
  6. Peningkatan motilitas, ini disebabkan oleh kontraksi otot-otot polos di saluran pencernaan.
  7. Peningkatan anoreksia, gangguan makan yang disertai dengan ketakutan terhadap peningkatan berat badan dan distorsi persepsi berat atau bentuk badan pasien.
  8. Mengalami iritasi
  9. Dermatitis alergi.
  10. Sesak napas.
  11. Hipertensitivitas.
  12. Kram uterus, biasanya gejala ini terjadi dalam beberapa menit hingga satu jam setelah mengonsumsi kayu manis.

Tak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda – beda pada tiap orang. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi.

Yuk, rajin mengonsumsi rempah – rempah alami sesuai takaran dalam makanan dan minuman agar tubuh selalu siap melawan virus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0