Manfaat Kesehatan Dari Makan Telur
Photo by ROMAN ODINTSOV on Pexels.com
in

Manfaat Kesehatan Dari Makan Telur, Yuk Kepo in!

Kebaikan Sebutir Telur Untuk Kesehatan

Katalogue.id- Manfaat kesehatan dari makan telur yang harus Anda ketahui. Telur telah menjadi bagian dari makanan selama ribuan tahun. Betapa bermanfaatnya telur bagi kesehatan manusia. Sarat dengan nutrisi – beberapa di antaranya sulit didapat dari sumber makanan lain – telur sering dikatakan sebagai makanan super asli karena banyak manfaat kesehatannya.

Ketika Anda memikirkan telur, Anda akan memikirkan bagaimana cara untuk membuatnya dan menggunakannya agar terasa nikmat dan lezat. Namun bagi sebagian orang, telur identik dengan pikiran tentang kolesterol tinggi padahal sebenarnya hal itu tidak menjadi perhatian sama sekali.

Penjelasan dan Mitos Telur

Manfaat kesehatan dari makan telur yang harus Anda ketahui. Telur adalah makanan sehat dan kaya nutrisi yang menurut para ahli dapat Anda nikmati setiap hari sebagai bagian dari diet seimbang yang sehat. Tetapi jika Anda masih perlu diyakinkan, mari hilangkan beberapa mitos umum. Dikutip dari lama australianeggs.org.au seperti inilah mitosnya:

Telur Mengandung Kolesterol Tinggi

Banyak penelitian sekarang telah dilakukan pada orang sehat yang tidak menunjukkan pengaruh asupan telur harian terhadap kadar kolesterol darah. Pedoman Diet Australia dari National Health & Medical Research Council menyarankan bahwa konsumsi telur setiap hari tidak terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner. Jauh lebih penting untuk memastikan Anda mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh.

Putih Telur Lebih Baik Untuk Kesehatan

Kuning telur dan putih telur mengandung vitamin dan mineral yang berbeda . Putih telur adalah sumber protein, riboflavin, dan selenium yang bagus, tetapi sebagian besar nutrisi telur dan hampir setengah dari proteinnya ditemukan di kuning telur.

Telur tinggi lemak

Pedoman Diet Australia merekomendasikan untuk membatasi makanan tinggi lemak jenuh karena ini mungkin bermanfaat untuk kadar kolesterol darah. Telur relatif rendah lemak jenuhnya, mengandung rata-rata hanya 1,7 gram per telur (60g).

Telur Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Tidak ada penelitian yang mendukung keyakinan ini. Perkumpulan Imunologi dan Alergi Klinis Australia (ASCIA) tidak merekomendasikan wanita hamil untuk membatasi pola makan mereka untuk menghilangkan makanan yang menyebabkan alergi. Telur memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Manfaat Telur Untuk Kesehatan

Manfaat Kesehatan Dari Makan Telur
Manfaat Kesehatan Dari Makan Telur. Photo by Flora Westbrook on Pexels.com

Telur Kaya Gizi

Fakta bahwa telur mengandung banyak vitamin dan mineral . Satu telur rebus saja mengandung:

  • 40% dari kebutuhan vitamin D harian Anda
  • 25% dari kebutuhan folat harian Anda
  • 12% dari kebutuhan riboflavin (Vitamin B2) harian Anda
  • 20% dari kebutuhan selenium harian Anda
  • Telur juga mengandung vitamin A, E, B5, B12, serta zat besi, yodium, dan fosfor.

Telur Memiliki Protein Berkualitas Tinggi

Protein adalah bahan penyusun kehidupan dan satu telur mengandung sekitar 6,3 gram protein berkualitas tinggi. Fungsi utama protein dalam tubuh adalah membangun, memperkuat, dan memperbaiki atau mengganti benda, seperti jaringan.

Telur memberi protein berkualitas sangat tinggi yang mengandung kesembilan asam amino esensial dalam jumlah yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan pemeliharaan yang optimal. Beberapa makanan lain secara proporsional mengandung lebih banyak protein daripada telur, tetapi kualitas protein dalam telurlah yang sangat menonjol.

Telur Meningkatkan Tingkat Kolesterol “Baik”

Telur membantu meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL), atau kolesterol “baik” seperti yang biasa dikenal. Tingkat HDL yang lebih tinggi dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Itu low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol “jahat”, yang dapat membahayakan kesehatan jantung. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans seperti makanan takeaway yang digoreng akan meningkatkan kadar kolesterol LDL.

Telur adalah sumber Omega-3

Omega-3 adalah kependekan dari asam lemak tak jenuh ganda omega-3. Mereka adalah keluarga “lemak esensial” yang memainkan peran penting dalam cara kerja membran sel. Ikan berminyak adalah salah satu sumber yang paling terkenal dan telur mengandung jenis omega-3 yang serupa dengan yang ditemukan pada ikan.

Ini membuat telur sangat berguna bagi orang yang menghindari atau tidak bisa makan ikan. Lemak omega-3 baik untuk banyak hal, mulai dari kesehatan jantung dan otak hingga melindungi mata Anda.

Telur Mengisi dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Padat nutrisi dan sumber protein berkualitas tinggi, telur adalah salah satu makanan tersehat yang dapat Anda makan untuk manajemen berat badan.

Penelitian telah menemukan bahwa makan telur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dengan:

  • Meningkatkan kadar hormon yang membantu Anda merasa kenyang setelah makan
  • Menunda kecepatan makanan keluar dari perut

Makan telur juga dapat membantu mengurangi variasi kadar glukosa yang dapat bermanfaat untuk manajemen berat badan.

Telur dikemas penuh dengan protein berkualitas tinggi yang membuatnya ideal sebagai bagian dari banyak pola diet berbeda yang dapat membantu orang untuk mengatur berat badan mereka.

Tingkat kenyang yang tinggi dari telur menyebabkan perasaan puas yang lebih besar, rasa lapar yang lebih sedikit, dan keinginan yang lebih rendah untuk makan di kemudian hari, yang berarti Anda akan cenderung tidak meraih camilan sore itu.

Telur Adalah Salah Satu Sumber Makanan Kolin Terbaik

Telur adalah salah satu sumber makanan terbaik untuk kolin. Meski banyak orang belum pernah mendengar tentang kolin, nutrisi ini berperan penting dalam kesehatan.

Kolin penting untuk fungsi sel normal dan sangat penting selama kehamilan untuk mendukung perkembangan otak yang sehat pada bayi. 

Telur Mengandung Antioksidan Yang Bermanfaat Bagi Mata

Telur juga dapat membantu melawan penglihatan degeneratif seiring bertambahnya usia.

Telur kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang keduanya dipercaya berperan sebagai pelindung dalam mengurangi risiko penyakit mata tertentu, termasuk katarak dan degenerasi makula. Studi menunjukkan antioksidan ini lebih baik diserap oleh tubuh dari telur daripada dari sumber nabati.

Vitamin A dan asam lemak omega-3 dalam telur juga dapat melindungi mata dari kerusakan retina.

Telur Membantu Meningkatkan Asupan Nutrisi untuk Penuaan yang Sehat

Penting bagi lansia Australia untuk lebih memperhatikan apa yang mereka makan untuk memastikan mereka memperoleh jumlah nutrisi yang tepat dalam makanan.

Kebutuhan nutrisi yang meningkat dan nafsu makan yang berkurang dapat meningkatkan risiko kekurangan serat, kalsium, vitamin A, E, C, B6, B12, folat, zat besi, magnesium, dan seng. Orang tua yang kebanyakan tinggal di dalam ruangan juga berisiko lebih tinggi kekurangan vitamin D karena kurangnya paparan sinar matahari.

Mengandung 11 vitamin dan mineral yang berbeda, telur merupakan cara mudah untuk meningkatkan asupan nutrisi. Mereka juga salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D dan ekonomis, mudah disiapkan dan mudah dimakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0